Info Sehat

7 Makanan yang Bisa Bantu Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi

September 17, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pembedahan atau operasi terkadang menjadi trauma bagi seseorang sehingga banyak cara dilakukan, termasuk mengonsumsi makanan untuk mempercepat pemulihan. Ya, perlu diketahui jika salah satu hal terpenting yang harus difokuskan saat penyembuhan dari operasi adalah nutrisi.

Baca juga: 12 Manfaat Buah Bit, Salah Satunya Bisa Turunkan Risiko Anemia!

Makanan yang bisa mempercepat pemulihan setelah operasi

Jika kamu pernah menjalani operasi, maka ada beberapa makanan yang akan memberi dampak besar pada pemulihan. Dilansir dari Very Well Health, mengonsumsi makanan yang tepat dapat mencegah komplikasi, seperti sembelit dan glukosa darah tinggi.

Beberapa makanan perlu dikonsumsi setelah menjalani operasi karena dapat membantu menyediakan protein yang dibutuhkan kulit untuk sembuh lebih cepat. Nah, berikut makanan yang bisa membantu mempercepat proses pemulihan pasca operasi.

Buah beri

Beri diketahui mengandung antioksidan yang menjadi sumber nutrisi tepat untuk membantu tubuh memperbaiki kerusakan. Beberapa jenis buah yang kaya akan antioksidan, di antaranya anggur, buah delima, bluberi, raspberry, stroberi, dan juga blackberry.

Buah beri juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Nah, vitamin C ini diketahui mampu membantu dalam membangun kembali kolagen dan jaringan lunak sehingga tempat sayatan akan sembuh lebih cepat.

Sayuran

Vitamin dan mineral bisa kamu dapatkan dengan mudah dalam sayuran dimana menjadi nutrisi terpenting untuk membantu mempercepat pemulihan setelah operasi. Beberapa macam sayuran yang bisa dikonsumsi adalah wortel, paprika manis, brokoli, kubis, ubi jalar, dan kentang.

Memasukkan sayuran ke dalam makanan harian juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang sehat dan dapat membantu melawan rasa lelah setelah pulang dari rumah sakit. Manfaat besar dari mengonsumsi sayuran adalah mengurangi sembelit yang merupakan efek samping dari obat pereda nyeri.

Daging

Setelah operasi, tubuh akan membutuhkan protein dan zat besi dalam jumlah tinggi sehingga mengonsumsi daging sangat disarankan.

Asam amino dalam protein yang ditemukan pada daging bisa membantu memperbaiki kerusakan otot dengan meregenerasi jaringan dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, kandungan zat besi dalam daging juga dapat membantu mendapatkan kembali energi dengan menciptakan sel darah baru.

Biasanya, seseorang akan kesulitan untuk mengunyah daging setelah menjalani operasi. Karena itu, cobalah untuk memasak daging hingga lembut atau mengolahnya menjadi daging giling. 

Telur

Telur merupakan makanan pertama yang disajikan pada orang dalam masa pemulihan karena memiliki berbagai manfaat. Satu telur dapat memberikan 6 gram protein, vitamin A, E, K, B12, riboflavin, asam folat, kalsium, seng, dan zat besi.

Semua nutrisi yang terkandung dalam telur ini sangat penting karena bisa mempercepat pemulihan pasca operasi. Telur sangat mudah disajikan sehingga cocok untuk dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan kesembuhan lebih cepat. 

Buah berwarna cerah

Mengonsumsi buah yang berwarna cerah dapat membantu mempercepat pemulihan setelah operasi. Hal ini dikarenakan, buah-buahan tersebut mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, C, serat, antioksidan, dan kalori bergizi.

Serat sangat berguna dalam mengurangi ketidaknyamanan akibat sembelit setelah menjalani operasi. Beberapa jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi, meliputi jeruk, apel, berries, melon, aprikot, persik, jeruk bali, mangga, pepaya, dan tomat.

Biji-bijian utuh

Mengonsumsi banyak biji-bijian setelah operasi dapat memberi tubuh karbohidrat yang dibutuhkan otak untuk energi dan menghentikan otot agar tidak rusak. Biji-bijian utuh juga bisa memberikan dosis serat yang tepat sehingga efek samping sembelit bisa dicegah.

Beberapa biji-bijian utuh yang bisa kamu konsumsi adalah roti gandum utuh atau roti gandum hitam, potongan oat biji gandum, dan beras liar. Konsumsilah biji-bijian ini secara rutin setelah operasi untuk membantu mempercepat proses pemulihan setelah operasi. 

Produk susu rendah lemak

Produk susu merupakan sumber protein yang sangat penting dan baik untuk membantu penyembuhan setelah operasi. Namun, banyak orang menemukan bahwa mengonsumsi produk susu dapat menyebabkan sembelit sehingga harus dihindari.

Jika kamu bisa mengonsumsi produk susu tanpa sembelit, maka fokuslah pada makanan rendah lemak seperti susu skim, keju cottage, dan yoghurt. Perlu diketahui, keju rendah lemak harus dikonsumsi dalam jumlah sedang untuk mencegah munculnya masalah sembelit.

Nah, itu dia beberapa makanan yang bisa membantu mempercepat pemulihan pasca operasi. Konsumsi makanan tersebut juga harus dibatasi karena mungkin menyebabkan efek samping lain.

Konsultasikan segera bersama dokter jika mengalami efek samping untuk menemukan penanganan lebih tepat.

Baca juga: Moms Wajib Tahu! Ini Dia Berat Badan Janin Normal Selama Kehamilan

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Verywellhealth.com (2019), diakses 16 September 2020. What to Eat After Surgery and What to Avoid
  2. Homecareassistance.com, diakses 16 September 2020. Which Foods Speed Up Recovery After Surgery?
    register-docotr