Info Sehat

6 Manfaat Rajin Menempelkan Kaki ke Dinding untuk Kesehatan

July 24, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Rutinitas harian seringkali membuat seseorang tak sempat meluangkan waktu untuk berolahraga. Akibatnya, otot akan mudah kaku dan peredaran darah bisa saja terganggu.

Jangan khawatir, ada satu kegiatan yang bisa kamu lakukan sebelum tidur, yaitu menempelkan kaki di dinding.

Di dalam olahraga yoga, teknik ini disebut dengan viparita karani. Gerakan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, lho. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Manfaat menempelkan kaki di dinding

Ada banyak manfaat dari mengangkat dan menempelkan kaki di dinding. Selain menghilangkan rasa capek, hal tersebut juga bisa menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh. Ini dia ragam manfaatnya yang perlu kamu tahu:

1. Mengatasi insomnia

Jika sering sulit tidur di malam hari, menempelkan kaki di dinding selama beberapa menit mungkin bisa membantumu.

Mengutip dari WebMD, ada banyak alasan mengapa rasa kantuk tak kunjung muncul. Salah satunya adalah karena kelelahan. Aktivitas sehari-hari memaksa kaki, terutama betis, untuk ikut menopang beban tubuh dalam waktu yang tidak sebentar.

Mengangkat kaki dan menempelkannya di dinding sebelum dapat menghilangkan beban dan ketegangan otot secara perlahan. Tubuh akan rileks dan kamu bisa segera terlelap.

Baca juga: Mengatasi Insomnia, Yuk, Simak 7 Tips Sehat Tanpa Gangguan Tidur!

2. Melancarkan peredaran darah

Pada kondisi normal, misalnya saat berdiri, darah di kaki akan melawan gravitasi untuk naik menuju jantung. Darah yang baru dipompa dari jantung akan mendorongnya untuk bergerak ke atas.  

Dengan mengangkat dan menempelkan kaki di dinding, pembuluh vena akan mudah untuk menjaga sirkulasinya. Hal ini bisa meminimalkan risiko penggumpalan darah di kaki yang dapat menimbulkan sejumlah masalah serius.

3. Mencegah varises

Rutin mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding ternyata bisa mencegah terjadinya varises, lho. Varises adalah pembengkakan yang ditandai dengan melebarnya pembuluh vena, dipicu oleh berkumpulnya darah di satu titik.

Darah tersebut bisa membuat vena terlihat seperti guratan-guratan cacing di permukaan kulit. Biasanya, rasa nyeri yang dirasakan bisa memburuk jika tidak segera ditangani.

Dengan mengangkat kaki, darah bisa mengalir menuju jantung dengan mudah. Hal ini dapat mencegah terjadinya pelebaran vena yang bisa memunculkan guratan di kulit atau varises.

4. Mencegah pengentalan darah

Pengentalan darah merupakan kondisi saat cairan pengangkut oksigen tersebut mulai menebal. Saat ini terjadi, keping darah akan saling mengikat, yang lama-kelamaan bisa menyebabkan penggumpalan.

Jika gumpalan itu terus membesar, bukan tidak mungkin rongga pembuluh vena akan tersumbat. Akibatnya, sirkulasinya juga menjadi tidak lancar. Kondisi ini bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Salah satu penyakit yang dapat muncul adalam emboli paru.

5. Meredakan stres

Stres bisa diredakan dengan banyak hal, yang paling utama adalah rileksasi. Sebelum tidur, luangkan beberapa menit untuk mengangkat kedua kaki dan menempelkannya ke dinding.

Ilmuwan di University of Rochester Medical Center, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa saat sedang stres, tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon kortisol. Pelepasan kortisol dalam waktu yang lama bisa meningkatkan tekanan darah dan memperburuk sirkulasinya.

Posisi kaki terangkat bisa melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Ini akan membuat jantung menjadi lebih tenang. Pelepasan hormon kortisol akan berkurang dan kamu mulai merasakan rileks.

6. Mengatasi migrain

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah kaku otot, peredaran darah tidak lancar, ketidakseimbangan hormon, kekurangan cairan, dan masih banyak lagi.

Salah satu jenis sakit kepala yang paling sering dialami banyak orang adalah migrain. Mengutip dari Johns Hopkins Medicine, faktor utama penyebab migrain adalah perubahan kimia di sekitar otak yang biasanya dipengaruhi oleh fluktuasi aliran darah.

Dengan mengangkat kaki dan menempelkannya ke dinding, darah bisa semakin mudah untuk menjangkau kepala. Dengan begitu, kadar oksigen pada otak juga akan meningkat. Sehingga, migrain dan denyutannya bisa mereda secara perlahan.

Tips tepat mengangkat kaki ke dinding

Meski memiliki banyak manfaat, teknik yang salah justru bisa mengakibatkan cedera. Oleh karena itu, sangat penting untuk memerhatikan posisi tubuh saat melakukannya, yaitu dengan:

1. Perhatikan fleksibilitas tubuh

Jika kamu belum terbiasa, jangan tempelkan seluruh bagian kakimu ke dinding, karena ini akan terasa menyakitkan. Buat jarak antara dinding dengan pinggulmu, lalu tempelkan tumit ke tembok. Jika perlu, tambahkan bantal di bawah panggul.

Tapi jika sudah terbiasa melakukannya, kamu bisa menempelkan seluruh punggung kaki ke permukaan dinding. Sehingga, badan dan kaki akan membentuk sudut siku-siku sempurna.

2. Lakukan secara perlahan

Jangan langsung menempelkan seluruh punggung kaki ke dinding. Lakukan secara bertahap dengan memberi jarak antara dinding dan pinggul. Gerakkan pinggul sedikit demi sedikit mendekati dinding hingga kaki membentuk garis vertikal.

Cara ini agar otot di kaki tidak langsung tertarik, yang pada akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit atau bahkan cedera.

Baca juga: 5 Gerakan Yoga untuk Cedera Lutut, Terbukti Redakan Rasa Sakit Juga

3. Lakukan selama 15 menit

Sebenarnya, tidak ada batasan khusus seberapa lama kamu harus mengangkat kaki dan menempelkannya di dinding. Hanya saja, menurut Yoga Journal, 15 menit adalah waktu yang ideal untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Saat kakimu terangkat sempurna, aliran darah akan benar-benar terasa, terutama di kepala. Kombinasikan dengan mengatur pernapasan, sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks.

Nah, itulah 6 manfaat mengangkat dan menempelkan kaki di dinding yang perlu kamu tahu. Melakukannya setiap sebelum tidur bisa membuatmu terlelap, sehingga siap untuk menjalani aktivitas keesokan harinya. Selamat mencoba!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Vein Clinics of America, diakses 22 Juli 2020, What Are the Health Benefits of Elevating Your Legs?
  2. Cultivate Calm Yoga, diakses 22 Juli 2020, 9 reasons to put your feet up now.
  3. Yoga Journal, diakses 22 Juli 2020, Legs-Up-the-Wall Pose.
  4. Johns Hopkins Medicine, diakses 22 Juli 2020, How a Migraine Happens.
  5. University of Rochester Medical Center, diakses 22 Juli 2020, Stress Can Increase Your Risk for Heart Disease.
  6. FootHealthFacts.org, diakses 22 Juli 2020, Keep Deadly Blood Clots at Bay.
  7. WebMD, diakses 22 Juli 2020, Daytime Fatigue: The Cost of Insomnia.

    register-docotr