Info Sehat

6 Faktor Penyebab Mual saat Bangun Tidur Selain Kehamilan

December 9, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Saat kamu merasa mual di pagi hari dan mencari tahu apa penyebabnya di internet, kemungkinan besar jawaban yang akan kamu dapatkan adalah tanda-tanda kehamilan. Padahal ada banyak penyebab lainnya, seperti gula darah rendah atau dehidrasi.

Mual saat bangun tidur sendiri cukup sering terjadi, dan umumnya hanya berlangsung sebentar. Akan tetapi jika ini terjadi terus-menerus, bisa jadi kamu memerlukan penanganan khusus dari tenaga medis.

Baca juga: Takut Mual Saat di Perjalanan? Berikut 5 Tips yang Patut Dicoba

Apa itu mual?

Menurut Harvard Medical School, mual dapat diartikan sebagai “istilah umum yang menggambarkan perut bergejolak, dengan atau tanpa perasaan bahwa kamu akan muntah”.

Ada kalanya mual juga disertai gejala lain seperti sakit kepala. Meski rasanya tidak nyaman, namun sebenarnya mual sangat berguna bagi tubuh. Salah satunya adalah sebagai pengingat agar tubuh melindungi diri, dan tidak makan terlalu banyak.

Penyebab mual di pagi hari

Dilansir dari NCBI, sensasi mual di pagi hari bisa disebabkan oleh berbagai hal. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa faktor penyebab mual saat bangun pagi di bawah ini.

Rasa cemas berlebihan

Pagi hari bisa menjadi saat yang menegangkan. Apalagi bagi orang yang menderita gangguan kecemasan, di mana otak mereka sangat mudah merasa kewalahan jika memikirkan berbagai hal dalam waktu yang bersamaan.

Berbagai jenis emosi yang terlalu intens seperti ini, akan sangat mudah berdampak pada usus, dan akhirnya membuat kamu merasa mual, bahkan muntah.

Gula darah rendah dan rasa lapar

Jika terakhir kali kamu makan adalah saat makan malam, atau sekitar 12 jam sebelum bangun di pagi hari, kemungkinan besar kamu akan bangun dengan sensasi mual yang tidak menyenangkan di perut.

Hal ini disebabkan tingkat glukosa yang rendah dalam darah selama kamu tidur, dapat membuat kamu merasa mual.

Refluks asam

Kondisi ini terjadi ketika katup masuk ke lambung tidak menutup dengan benar setelah kamu makan atau minum.

Sehingga asam lambung keluar ke kerongkongan dan tenggorokan. Pada saat itu, rasa asam yang disertai gejala lain seperti bersendawa atau batuk bisa membuat kamu merasa mual.

Refluks asam bisa menjadi lebih buruk di pagi hari, biasanya ini terjadi karena kamu terlalu banyak berada dalam posisi berbaring dan lebih sedikit menelan di saat tidur.

Sinus tersumbat

Sinus tersumbat dapat memberi tekanan pada telinga bagian dalam, yang pada akhirnya menyebabkan sakit perut dan mual.

Ini dikarenakan lendir yang mengalir dari sinus ke bagian belakang tenggorokan dan ke perut dapat menyebabkan mual.

Baca juga: Moms, Ini 9 Penyebab Anak Sakit Perut dan Muntah-muntah

Sakit kepala

Mual adalah gejala umum dari sakit kepala migrain. Beberapa sakit kepala lainnya, terutama sakit kepala cluster, juga bisa menyebabkan mual.

Bagi sebagian orang, sakit kepala muncul di pagi hari. Ini mungkin karena ketegangan otot, stres, atau paparan cahaya atau suara.

Kekurangan cairan

Dehidrasi bisa membuat sebagian orang merasa mual. Gejala lain yang umum menyertainya adalah pusing, kulit tampak sangat kering, mata cekung, urine berwarna gelap, sangat jarang buang air kecil, dan kelelahan.

Dehidrasi dapat terjadi di pagi hari setelah seseorang tidak minum air selama berjam-jam. Orang yang minum alkohol atau kafein sebelum tidur juga mungkin lebih rentan mengalami dehidrasi pagi.

Perawatan dan pencegahan mual pagi hari

Pengobatan mual di pagi hari harus dilakukan dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Apabila ini disebabkan oleh pola makan atau gaya hidup, berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengatasinya:

  1. Berhenti mengonsumsi alkohol
  2. Segera makan dalam porsi sedikit setelah bangun di pagi hari
  3. Tidur dengan teratur
  4. Hindari makan terlalu banyak sebelum tidur
  5. Jangan makan makanan berlemak sebelum tidur
  6. Gunakan teknik relaksasi untuk mengatasi stres.

Jika mual di pagi hari disebabkan oleh masalah gastrointestinal atau infeksi telinga, mencari pengobatan untuk masalah tersebut biasanya akan membantu meredakan mual dan gejala terkait.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Causes of morning nausea, aside from pregnancy, https://www.medicalnewstoday.com/articles/324955#dehydration diakses pada 8 Desember 2020

Other Than Pregnancy, What Causes Morning Nausea?, https://www.healthline.com/health/nausea-in-the-morning#seeking-medical-help diakses pada 8 Desember 2020

Constant nausea, not pregnant: Causes of morning sickness, https://www.bhg.com.au/morning-sickness-when-not-pregnant diakses pada 8 Desember 2020

    register-docotr