Info Sehat

Masalah Kesehatan Ini akan Mengintamu jika Masih Malas Menyikat Gigi

October 1, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, adalah kebiasaan hidup sehat yang harus dilakukan setiap hari. Bukan hanya untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, aktivitas ini juga bisa mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit.

Jadi, jika saat ini kamu masih suka bermalas-malasan menyikat gigi, hentikan kebiasaan buruk ini sesegera mungkin. Ini agar kamu tidak terserang 5 jenis gangguan kesehatan berikut.

Baca juga: Sering Disepelekan, Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Wajib Kamu Ketahui

Halitosis

Halitosis atau bau mulut, dapat terjadi akibat kamu malas menyikat gigi. Ini karena saat sisa makanan dan minuman pada mulut dipecah oleh bakteri, akan timbul semacam gas yang menjadi penyebab terjadinya bau mulut.

Untuk menghindari hal ini, cara paling mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan tentunya adalah dengan rutin menyikat gigi.

Menyikat gigi tidak hanya akan mengeluarkan makanan yang tersisa di dalam mulut, namun juga membantu menjaga napas agar tetap segar dan wangi.

Plak pada gusi dan gigi

Dilansir dari Auburn, jika kamu tidak berkomitmen meluangkan waktu untuk menyikat gigi sebelum tidur atau setelah sarapan, itu sama saja dengan membiarkan bakteri berkembang biak di mulut kamu.

Bukan hanya mengundang terjadinya bau mulut, hal ini juga bisa menyebabkan penumpukan plak di sepanjang gusi dan di antara gigi.

Agar hal ini tidak terjadi, maka kamu wajib menyikat gigi secara teratur sebagai upaya melawan bakteri dan mencegah terjadinya penumpukan plak.

Timbul karang gigi

Apabila dibiarkan terlalu lama, plak akan berubah menjadi karang gigi atau juga dikenal dengan istilah tartar. Tartar adalah akumulasi plak dan mineral dari air liur yang mengeras, tebal, dan berwarna kuning.

Jika dibiarkan, tartar bisa menyebabkan perdarahan dan pembengkakan pada gusi. Saat ini terjadi, kebiasaan menyikat gigi tidak akan cukup mengatasinya. Kamu akan memerlukan bantuan dokter membersihkan karang gigi.

Oh ya, selain tidak sedap dipandang dan sulit dihilangkan, karang gigi biasanya juga merupakan gerbang pembuka menuju masalah kesehatan mulut yang lebih serius.

Baca juga: Hati-hati, Kenali Baik-baik Perbedaan Kawat Gigi Palsu dan Asli

Kerusakan gigi

Karang gigi yang tidak terkendali dan tidak segera diatasi dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius pada mulut kamu.

Kombinasi antara plak dan karang gigi sangat bisa menggerogoti gigi dan gusi, serta memungkinkan bakteri lain yang lebih jahat masuk ke dalam bagian gusi yang lebih dalam.

Pada akhirnya gigi akan semakin lemah dan membusuk seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini akan berpotensi menyebabkan gigi berlubang, atau bahkan menjadi tanggal.

Baca juga: Jenis-Jenis Diabetes dan Gejalanya

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr