Info Sehat

Daftar 5 Jenis Kanker Paling Mudah Disembuhkan, Apa Saja?

November 5, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mendengar kata kanker, sebagian orang mungkin akan langsung mendefinisikannya sebagai penyakit mematikan. Faktanya, anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Kanker testis dan prostat misalnya, merupakan dua jenis kanker paling mudah disembuhkan.

Tak hanya itu, masih ada beberapa jenis kanker lain yang juga bisa diobati. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Benarkah kanker bisa disembuhkan?

Tak seluruh kanker adalah penyakit yang berujung pada kematian. Ada banyak pasien yang bisa hidup lama, bahkan dapat menjalani aktivitas keseharian layaknya orang sehat. Lalu, apakah itu artinya penyakit kanker bisa disembuhkan?

Menurut penjelasan Prof. Dr. dr. Ari F. Syam, SpPD, seorang akademisi dan praktisi kesehatan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, di dalam dunia medis, pasien kanker tidak bisa dikatakan sembuh total, meski gejalanya telah hilang.

Istilah yang digunakan adalah remisi atau relaps, yaitu pasien kanker yang telah melakukan terapi dan mendapat hasil bahwa tidak ada lagi sel kanker yang bersarang di dalam tubuhnya. Pada masa remisi, pasien tetap harus kontrol secara teratur dan menjaga pola hidup sehat.

Istilah remisi berbeda dengan sembuh total, karena kanker bukan seperti suatu penyakit infeksi yang benar-benar bisa hilang secara seluruhnya. Penyintas kanker yang bisa relaps biasanya baru memasuki stadium awal. Jika sudah memasuki stadium 4 atau akhir, survival rate-nya cukup rendah.

Daftar penyakit kanker paling mudah disembuhkan

Daftar penyakit kanker paling mudah disembuhkan mengacu pada data tingkat pemulihan dan rendahnya angka kematian, di antaranya adalah:

1. Kanker prostat

Kanker paling mudah disembuhan yang pertama adalah kanker prostat. Kanker ini terjadi pada prostat, kelenjar kecil berbentuk seperti buah kenari pada pria yang terletak di bawah kandung kemih. Organ ini berfungsi menghasilkan cairan semen yang dapat membawa sperma.

Dilansir dari Medical Daily, kanker prostat pada umumnya berkembang sangat lambat, bahkan pasien bisa bertahan hidup bertahun-tahun secara normal tanpa pengobatan.

Kanker prostat memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih dari lima tahun (5-year survival rate) hingga 99 persen, pada stadium 1 dan 2. Di Indonesia sendiri, angka kematiannya sekitar 2,6 persen dari seluruh kasus yang ada.

Baca juga: Rajin Ejakulasi Bikin Kamu Terhindar dari Kanker Prostat

2. Melanoma

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit, berkembang pada sel pigmen bernama melanosit.

Melanoma dianggap memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi, karena biasanya mudah dideteksi pada tahap awal. Kanker ini ditandai dengan bercak aneh, besar, gelap, dan menonjol di kulit.

Menurut American Cancer Society, angka 5-year relative survival rate dari melamona adalah 92 hingga 97 persen. Di Indonesia sendiri, angka kematiannya sekitar 0,38 persen dari total seluruh kasus.

3. Kanker testis

Kanker testis adalah salah satu jenis kanker paling mudah disembuhkan. Ini karena dokter bisa langsung melakukan pengobatan di stadium awal begitu sel kanker terdeteksi dan belum menyebar. Kebanyakan pria yang mengalami kanker ini akan menjalani pengangkatan satu testis terdampak.

Sebuah studi yang terbit pada Journal of Clinical Oncology memaparkan, 95 persen kasus kanker testis bisa diobati, sehingga dapat meningkatkan kelangsungan hidup para penyintasnya. Di Indonesia, angka kematian dari kanker testis sekitar 0,14 persen dari seluruh kasus yang ada.

4. Kanker serviks

Kanker paling mudah disembuhkan berikutnya adalah kanker serviks. Ini tak lepas dari metode deteksi yang cukup efektif dalam mencegah sel kanker berubah menjadi ganas. Pap smear misalnya, dapat mendeteksi adanya sel-sel abnormal pada leher rahim.

Mengutip dari Medical News Today, kanker serviks memiliki 5-year relative survival rate mencapai 93 persen pada stadium 0 dan 1A.

Baca juga: Deteksi Kanker Serviks Sejak Dini Itu Penting, Ini Ragam Manfaat Pap Smear!

5. Kanker tiroid

Kanker paling mudah disembuhkan yang terakhir adalah kanker tiroid. Jenis kanker ini terjadi di kelenjar tiroid yang berada di sekitar leher, ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan tidak biasa.

Sebagian besar kasus kanker jenis ini berkembang sangat lambat, sehingga memungkinkan untuk disembuhkan lebih cepat.

Menurut American Cancer Society, tingkat kesembuhan kanker tiroid bisa mencapai 90 hingga 100 persen. Di Indonesia, angka kematiannya sekitar satu persen dari seluruh kasus yang ada.

Nah, itulah daftar penyakit kanker paling mudah disembuhkan berdasarkan angka relaps dan rendahnya tingkat kematian yang dimiliki. Deteksi dini sangat penting dilakukan agar proses penyembuhannya bisa cepat dilakukan. Tetap jaga kesehatan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. FKUI, diakses 26 Oktober 2020, Penderita Kanker Tak Bisa Sembuh Total, tapi Bisa Dapat Remisi.
  2. Globocan, diakses 26 Oktober 2020, Indonesia Factsheet.
  3. Medical News Today, diakses 26 Oktober 2020, What are the most curable cancers?
  4. Medical Daily, diakses 26 Oktober 2020, Testicular Cancer And 6 Other Curable Cancers With The Best 5-Year Survival Rate.
  5. American Cancer Society, diakses 26 Oktober 2020, Thyroid Cancer Survival Rates, by Type and Stage.
  6. American Cancer Society, diakses 26 Oktober 2020, Survival Rates for Melanoma Skin Cancer.
  7. Journal of Clinical Oncology, diakses 26 Oktober 2020, Testicular Cancer: A Reflection on 50 Years of Discovery.

    register-docotr