Info Sehat

5 Cara Mengolah Daun Kelor agar Manfaatnya Optimal untuk Kesehatan

September 27, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Sejak dulu, daun kelor telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Salah satu yang paling sering dilakukan, adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Tanaman yang berasal dari India ini, juga bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Sehingga untuk mendapatkan kandungan anti jamur, anti depresan, dan anti peradangannya, kamu tak perlu merasa kesulitan.

Namun, karena jika dimakan mentah, tidak semua orang bisa melakukannya. Maka tak ada salahnya mencoba beberapa cara lain yang lebih kreatif untuk mengolah daun yang satu ini.

Dibuat menjadi bubuk daun kelor

Cara ini bisa dibilang sangat efektif, karena selain nantinya bisa dipakai dengan mudah, kamu juga bisa menyimpannya lebih lama. Kamu bisa membuat bubuk daun kelor dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Saring air daun kelor, lalu letakkan daunnya di atas nampan dan biarkan mengering selama 15 menit. Sebarkan daun kelor tipis-tipis pada jaring, di ruangan yang berventilasi baik atau di bawah sinar matahari.

Kamu juga boleh menggunakan kipas angin, namun anginnya tidak boleh langsung mengarah ke daun kelor. Soalnya ini dapat membuat daun terkontaminasi kuman di udara.

Upayakan untuk membalik daun kelor secara berkala, agar seluruh bagian daun kering merata. Untuk benar-benar kering, biasanya daun perlu waktu maksimal 4 hari. Setelah itu kamu dapat menumbuk atau menggilingnya sampai halus seperti bubuk.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Segudang Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Direbus bersama air

Ini adalah cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berbagai manfaat daun kelor untuk tubuh.

Kamu hanya perlu memasak air sampai mendidih, masukkan sejumlah daun kelor yang telah dipetik, rebus selama beberapa menit, dan sajikan dengan sedikit perasan air lemon ataupun madu.

Diolah menjadi smoothies

Dilansir dari Wellandgood, jika kamu ingin mencicipi rasa yang berbeda dari daun ini, kamu juga bisa mengolahnya menjadi smoothies.

Dengan menambahkan sejumlah tepung protein, pisang, dan biji-bijian, tubuh dijamin akan mendapat manfaat kesehatan yang semakin optimal dari smoothies yang kamu makan. Caranya ikuti panduan dari Tasty di bawah ini, ya:

Bahan untuk 1 porsi

  1. ¼ cangkir stroberi beku
  2. ¼ cangkir pisang diiris
  3. 1 cangkir bayam
  4. 1 cangkir susu
  5. 1 sendok teh bubuk daun kelor

Cara membuat

  1. Masukkan stroberi, pisang, bayam, susu, dan bubuk kelor ke dalam blender dan blender hingga halus.
  2. Tuang ke dalam gelas atau mangkuk dan tambahkan topping yang diinginkan, seperti beri segar, kelapa parut, atau madu.

Dipanggang menjadi kue

Jika kamu punya bubuk daun kelor, kamu juga bisa mengolahnya ke dalam kue, atau roti agar lebih mudah disajikan di meja makan.

Resep kue-kuean yang memakai bubuk daun kelor terbukti tidak hanya enak dan bergizi. Namun, juga memiliki tampilan kehijauan yang estetik. Sebagai contohnya kamu bisa membuat kue dengan resep berikut ini.

Bahan-bahan:

  1. 1/2 cangkir kelapa parut
  2. 1 sendok makan bubuk daun kelor
  3. 1 sendok makan teh hijau
  4. 3 sendok makan biji wijen
  5. Sejumput garam laut
  6. 5 sendok makan sirup maple
  7. 4 sendok makan minyak kelapa
  8. 2 sendok makan mentega
  9. 1 biji vanili atau 1 sendok teh ekstrak vanili

Cara membuat

  1. Campur semua bahan kering dalam mangkuk
  2. Tambahkan bahan basah, aduk rata hingga teksturnya rata
  3. Tekan adonan ke dalam cetakan es batu (pilih yang bentuknya lucu seperti bintang, atau hewan), bekukan selama 2 jam, dan sajikan.

Baca juga: Resep Smoothies Bowl untuk Sahur, Makanan Mudah Nan Sehat!

Campurkan ke dalam saus salad

Daun kelor juga dapat dengan mudah diaduk menjadi saus salad yang dibeli di toko atau buatan sendiri.

Selain membuat tampilan salad menjadi lebih segar, kamu juga bisa mendapat manfaat kesehatan yang lebih lengkap dari semangkuk salad kesukaanmu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Moringa Is Still the It Plant of 2018, but WTF Do You Do With It? https://www.wellandgood.com/how-to-use-moringa/

Magical Cacao & Matcha Moringaroons, https://www.breakfastcriminals.com/magical-cacao-matcha-moringaroons/

Moringa Smoothie, https://tasty.co/recipe/moringa-smoothie

How to Make Moringa Powder, https://miracletrees.org/how-to-make-moringa-powder/

What makes moringa good for you? https://www.medicalnewstoday.com/articles/319916

 

    register-docotr