Info Sehat

5 Cara Ini Ampuh Tingkatkan Konsentrasi Kamu Lho

October 1, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memang akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari jika kamu kesulitan untuk berkonsentrasi. Jika kamu mengalami hal serupa berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi.

Cara meningkatkan konsentrasi

Jangan sampai sulit konsentrasi mengganggu kinerja sehari-hari. Agar aktivitas bisa berjalan dengan baik, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi:

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi seperti dikutip Healthline

1. Rutin melatih otak 

Memainkan jenis permainan tertentu dapat membantu kamu menjadi lebih baik dalam berkonsentrasi. Agar otakmu terlatih untuk berkonsentrasi, kamu bisa melakukan beberapa permainan ini:

  • Sudoku
  • Teka teki silang
  • Catur
  • Teka-teki jigsaw
  • Pencarian kata atau pengacakan
  • Permainan memori

Melansir penjelasan Healthline, hasil studi 2015 dari 4.715 orang dewasa disarankan menghabiskan 15 menit sehari, 5 hari seminggu, untuk aktivitas pelatihan otak agar berdampak besar pada konsentrasi.

Permainan pelatihan otak juga dapat membantu kamu mengembangkan kerja dan memori jangka pendek, serta keterampilan pemrosesan dan pemecahan masalah pada kehidupan sehari-hari.

2. Fokus pada satu tugas dan batasi bermain gadget

Coba lakukan untuk lebih teliti dalam memilih tugas. Hindari mengerjakan sesuatu yang sulit secara bersamaan hal itu akan memecah konsentrasi. 

Tak hanya itu, kamu juga perlu untuk menetapkan waktu mengakses internet atau menyentuh gadget. Bila merasa perlu, pindah ke lokasi kerja yang tidak memiliki akses internet selama beberapa saat.

Baca juga: Begini Lho, Waktu Tidur Siang yang Baik untuk Tingkatkan Produktvitas Kamu

3. Tidur cukup dan teratur

Kurang tidur dapat dengan mudah mengganggu konsentrasi, belum lagi fungsi kognitif lainnya, seperti daya ingat dan perhatian.

Kurang tidur sesekali mungkin tidak menyebabkan terlalu banyak masalah. Namun kurangnya tidur secara teratur dapat memengaruhi suasana hati dan kinerja di tempat kerja.

Menjadi terlalu lelah dapat memperlambat refleks dan memengaruhi kemampuan kamu untuk mengemudi atau melakukan tugas harian lainnya.

Jadwal yang padat, masalah kesehatan, dan faktor lain terkadang membuat kamu sulit tidur. Melansir penjelasan dari Healthline, banyak ahli merekomendasikan orang dewasa untuk tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Memperbaiki tidur agar lebih berkualitas juga bisa bermanfaat.

Jika kamu ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik, bisa mencoba beberapa hal berikut ini: 

  • Matikan TV dan singkirkan layar satu jam sebelum tidur.
  • Pastikan kamarmu memiliki suhu yang nyaman namun sejuk. 
  • Tenangkan diri sebelum tidur dengan alunan musik lembut, mandi air hangat, atau membaca buku.
  • Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.
  • Olahraga secara teratur, namun usahakan untuk menghindari olahraga berat sebelum tidur.

3. Luangkan waktu untuk berisitirahat

Jangan terlalu memaksakan untuk berkonsentrasi secara terus-menerus. Sebaiknya selingi kesibukan kamu dengan berjalan ke luar ruangan sekitar 10 menit, atau mengonsumsi makanan dan minuman favorit.

Cara itu cukup ampuh untuk mengusir rasa bosan, sehingga konsentrasi kembali meningkat.

4. Konsumsi makanan sehat

Cara yang satu ini juga sangat menunjang kamu untuk memiliki konsentrasi yakni asupan makan dengan nutrisi seimbang. Rasa lapar atau diet ketat akan mengganggu konsentrasi.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi, antara lain jeruk, wortel, bayam, dan sayuran hijau.

5. Meditasi 

Latihan meditasi dan kesadaran dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Konsentrasi yang meningkat hanyalah salah satunya.

Melansir penjelasan Healthline, sebuah tinjauan tahun 2011 dari 23 studi, menemukan bukti bahwa pelatihan meditasi yang menekankan fokus perhatian dapat membantu meningkatkan perhatian dan fokus. Perhatian juga dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya.

Meditasi tidak hanya berarti duduk diam dengan mata tertutup. Yoga, pernapasan dalam, dan banyak aktivitas lainnya dapat membantu kamu bermeditasi.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 30 September 2020. 12 Tips to Improve Your Concentration
  2. Artofmanliness.com (2014) diakses pada 30 September 2020. Your Concentration Training Program: 11 Exercises That Will Strengthen Your Attention
  3. Forbes.com (2016) diakses pada 30 September 2020. 7 Brain Hacks to Improve Your Focus at Work 
    register-docotr