Info Sehat

10 Dampak Cuaca Panas terhadap Tubuh dan Kesehatan, Jangan Anggap Sepele!

November 17, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Belakangan, cuaca di beberapa wilayah di Indonesia terasa lebih panas dari biasanya. Apakah kamu merasakannya juga? 

Banyak kabar beredar yang menyebutkan bahwa ini adalah fenomena gelombang panas. Namun berdasarkan pemantauan BMKG, Indonesia tidak mengalami gelombang panas. Meski begitu memang ada peningkatan cuaca panas di beberapa daerah. 

Perubahan cuaca ke arah yang lebih panas ini ternyata memberikan dampak bagi tubuh lho. Mulai dari mudah pusing, mudah lelah, hingga pada kasus yang ekstrim menyebabkan kejang dan membahayakan nyawa. Yuk pelajari lebih lanjut seputar dampak cuaca panas pada tubuh!

Dampak cuaca panas pada tubuh dan kesehatan 

Cuaca panas nyatanya sangat memengaruhi kondisi fisik maupun mental manusia. Seseorang akan lebih sensitif, mudah marah dan kehilangan konsentrasi untuk bekerja saat ada peningkatan suhu di sekitarnya. 

Tingginya suhu dan panasnya cuaca juga akan membuat tubuh manusia mengeluarkan berbagai reaksi. Berikut adalah sederet dampak dari cuaca panas bagi tubuh dan kesehatan

1. Berkeringat 

Hal pertama yang terjadi pada tubuh ketika cuaca panas adalah berkeringat. Tubuh mengeluarkan keringat sebagai cara alami untuk mendinginkan suhu tubuh. Namun pada cuaca yang sangat panas, produksi keringat mungkin akan lebih banyak dari biasanya. 

2. Dehidrasi 

Tubuh akan mengeluarkan banyak cairan ketika dihadapkan dengan suhu yang panas. Cairan yang keluar biasanya juga mengandung mineral penting seperti natrium dan kalium sehingga tubuh rentan mengalami dehidrasi. 

Kamu mungkin akan merasa lebih haus, kekeringan pada bibir dan lidah dan buang air kecil lebih sedikit dari biasanya. Untuk mengatasi dehidrasi, cobalah untuk beralih ke tempat sejuk dan minum minuman yang dapat mengganti cairan tubuh. 

3. Kelelahan

Saat kamu menghabiskan waktu di bawah cuaca yang sangat panas, tubuh mungkin mengeluarkan terlalu banyak cairan yang enyebabkan kamu merasa lelah.

Kelelahan akibat cuaca panas sering ditandai dengan  lemah, pusing, mual, dan sakit kepala. Bila ini terjadi, beristirahatlah di tempat sejuk dan berikan asupan minum yang cukup. 

Baca juga: Wajib Tahu! Cara Mencegah Anak Dehidrasi Saat Cuaca Panas  

4. Ruam kulit

Ketika cuaca dan suhu udara lebih panas, tubuh akan berkeringat lebih banyak. Kondisi ini mengakibatkan keringat lebih mudah tersumbat. Terutama di bagian lipatan tubuh seperti ketiak, selangkangan, leher, siku, dan di bawah payudara.

Keringat yang tersumbat di pori-pori biasanya akan menimbulkan benjolan kecil berwarna merah. Kondisi ini juga rentan terjadi pada bayi, terutama di bagian bawah dagu serta selangkangan. 

Untuk mencegah ruam kulit, pastikan kamu mengenakan pakaian longgar dengan bahan yang menyerap seperti katun. Kemudian, cobalah untuk mencari tempat sejuk agar tubuh tetap kering.  

5. Terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit yang tanpa perlindungan akan membuat kulit terbakar. 

Luka bakar akibat sinar matahari akan membuat kulit kemerahan, gatal, nyeri, dan terasa hangat saat disentuh. Pada kasus yang lebih parah, kamu juga bisa lecet, sakit kepala, demam, hingga mual. Dalam jangka panjang, paparan matahari juga meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Bila kamu mengalaminya, oleskanlah gel aloe vera serta tempelkan kain dingin. Kemudian minum banyak air dan jangan menyentuh-nyentuh luka bakar. 

6. Denyut jantung lebih cepat

Cuaca yang panas juga akan jantung berdetak lebih cepat. Jantung juga akan memompa darah lebih banyak ke area kulit karena ini merupakan cara tubuh melepaskan sebagian panas. Akibatnya, bagian tubuh lain tidak mendapat pasokan darah yang cukup.

Kondisi inilah yang kemudian membuat kamu merasa lelah. Terutama bila sedang melakukan pekerjaan dengan beban fisik maupun mental yang berat. 

7. Tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah juga bisa kamu alami ketika cuaca sedang panas-panasnya. 

Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kehilangan cairan dan elektrolit. Pembuluh darah juga akan membesar sehingga produksi keringat lebih tinggi. 

Ketika kedua hal tersebut terjadi, tekanan darah akan menurun dan dapat membuatmu merasa pusing bahkan pingsan. 

8. Pusing

Perasaan pusing serta kesulitan berkonsentrasi juga umum dirasakan ketika cuaca sedang memanas. Kondisi ini normal dan dapat diatasi dengan beristirahat di tempat sejuk. 

9. Pingsan

Panas dapat membuat dehidrasi dan membuat otak sulit mendapatkan pasokan darah sehingga kamu akan merasa pusing hingga pingsan.

10. Heat stroke

Heat stroke adalah dampak yang paling bahaya dari cuaca panas bagi kesehatan tubuh. Kondisi ini terjadi akibat tubuh tidak mampu mengontrol suhu. Kemudian suhu tubuh meningkat drastis hingga 41° C dalam hitungan menit.

Biasanya tubuh tidak dapat mengeluarkan keringat, kulit mengering dan terasa panas. Gejala lain juga mungkin timbul seperti pusing, detak jantung cepat, mual, dan sakit kepala.

Jika tidak diobati, heat stroke dapat menyebabkan kejang, koma, hingga kematian. 

Baca juga: Mengenal Penyebab Munculnya Keringat dan Artinya bagi Kesehatan

Tips menghadapi cuaca panas

Perubahan cuaca adalah hal yang tidak bisa dihindari. Supaya tidak mengalami dampak buruk akibat cuaca yang terlalu panas di wilayahmu, berikut ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Minum banyak cairan
  • Minimalisir kegiatan di luar ruangan
  • Gunakan pakaian yang longgar, berbahan ringan serta berwarna cerah
  • Jangan lupa gunakan tabir surya
  • Hindari aktivitas fisik yang berat saat siang hari
  • Mandi
  • Jangan tinggalkan anak atau hewan peliharaan di dalam mobil 
  • Pastikan berkegiatan di tempat yang sejuk

Itu dia dampak dari cuaca panas pada tubuh dan kesehatan. Penting untuk kamu memerhatikan perubahan cuaca di wilayahmu agar bisa beradaptasi dengan baik. Jadi, jangan lagi anggap sepele masalah perubahan cuaca ya. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

   

Reference
    register-docotr