Info Sehat

10 Bahan Alami Pengusir Nyamuk, Sudah Pernah Menggunakan Belum?

June 24, 2020 | Nanda Hadiyanti
feature image

Tak mau gatal-gatal karena gigitan nyamuk? Cara mudahnya tentu saja menggunakan pembasmi nyamuk yang sudah banyak dijual. Tapi jika ingin menggunakan bahan alami, bisa juga lho!

Ada berbagai pilihan untuk kamu yang ingin menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengusir nyamuk. Bahannya pun mudah didapat dan juga dengan harga terjangkau.

Daftar pilihan bahan alami pengusir nyamuk

Nah, apa saja ya pilihan bahan alami pengusir nyamuk yang bisa dimanfaatkan? Berikut daftarnya:

Sereh

Bukan cuma dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, sereh juga seringkali dijadikan bahan obat-obatan herbal dan juga dapat digunakan untuk menangkal gigitan nyamuk.

Sereh yang telah diekstrak menjadi minyak memiliki kandungan citronella. Kandungan inilah yang mampu memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk.

Biasanya minyak sereh akan diolah lagi menjadi berbagai bentuk, salah satunya lilin aromaterapi. Dalam penggunaanya, ia dapat menangkal gigitan nyamuk selama sekitar dua jam. Sayangnya aroma sereh mudah menguap dan tidak bisa melindungi dalam waktu lama.

Minyak daun thyme

Minyak daun thyme terkenal sebagai pengusir nyamuk malaria. Selain itu, membakar daun thyme juga bisa memberikan perlindungan yang cukup maksimal dari nyamuk.

Jika kamu membakarnya pada api unggun, maka daun thyme dapat memberikan perlindungan hingga 85 persen selama 60-90 menit.

Kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Kayu manis juga digunakan sebagai pemanis beberapa menu makanan ringan atau minuman.

Di luar itu, salah satu penelitian mengungkapkan jika kayu manis dapat melindungi dari gigitan nyamuk serta membunuh jentik nyamuk.

Tapi gunakan sesuai keperluan, ya. Menggunakan kayu manis secara berlebihan dengan mengoleskannya pada kulit dapat menyebabkan iritasi.

Lavender

Bunga berwarna ungu ini sering sekali digunakan sebagai campuran berbagai jenis pengharum. Pasalnya lavender dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan stres.

Selain itu, lavender yang telah diekstraksi juga bisa dimanfaatkan menjadi pengusir nyamuk. Selain mengusir nyamuk, minyaknya yang dioleskan pada tubuh dapat memberi efek menenangkan kulit.

Lemon eukaliptus

Di Amerika minyak lemon eukaliptus atau corymbia citriodora sudah terkenal menjadi penangkal gigitan nyamuk sejak 1940-an. Kini racikannya juga telah disetujui oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sebagai bahan alami pengusir nyamuk.

Penelitian mengungkapkan bahwa bahan alami ini dapat memberikan perlindungan lebih dari 95 persen terhadap nyamuk selama tiga jam. Karena keampuhannya ini, kini sudah banyak dijual minyak ekstraksi lemon eukaliptus yang dapat digunakan sehari-hari.

Daun intaran atau daun mimba

Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama neem. Kemampuannya menangkal nyamuk sudah banyak diketahui, sehingga dimanfaatkan menjadi minyak esensial.

Minyak daun intaran dapat memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk selama tiga jam. Meskipun harus digarisbawahi bahwa minyak ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika ingin mencobanya, pastikan kulitmu tidak bermasalah dengan tumbuhan ini, ya.

Tumbuhan catnip atau nepeta cataria

Catnip masih termasuk dalam keluarga tumbuhan mint. Kemampuannya mengusir nyamuk bertahan selama dua hingga tiga jam. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa catnip 10 kali lebih efektif mengusir nyamuk dari obat penangkal serangga.

Geraniol

Geraniol adalah kandungan alami yang bisa kamu temui dari tumbuh-tumbuhan seperti mawar dan sereh. Geraniol bisa didapat dari minyak esensial tumbuhan tersebut.

Keampuhan geraniol bertahan selama dua hingga empat jam. Tergantung dari jenis nyamuknya sendiri. Namun perlu hati-hati karena geraniol dapat menyebabkan iritasi kulit dan juga mata.

Tea tree oil

Tea tree oil adalah salah satu bahan alami pengusir nyamuk terkenal yang berasal dari Australia. Tak cuma nyamuk, tea tree oil juga ampuh mengatasi lalat dan hama.

Tea tree oil juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang serba guna. Bagi kesehatan tubuh manusia, ia bisa diandalkan sebagai antiseptik, antimikroba dan anti peradangan.

Daun basil

Basil merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki kemiripan dengan daun kemangi yang ada di Indonesia. Sama seperti kemangi, umumnya basil juga digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

Selain itu basil juga memiliki manfaat sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Basil dapat bekerja maksimal pada jenis tertentu. Seperti pada nyamuk demam kuning, serta dapat memberikan sekitar 40 persen perlindungan dari nyamuk malaria.

Nah, itu tadi 10 bahan alami pengusir nyamuk yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mencoba salah satunya jika ingin menghindari pembasmi serangga dengan kandungan kimia. Selamat mencoba!

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 19 Juni 2020 10 Natural Ingredients That Repel Mosquitos 
  2. Webmd diakses 19 Juni 2020 Natural & Alternative Mosquito Repellents
  3. Medicalnewstoday diakses 19 Juni 2020 What are the best natural mosquito repellents? 
    register-docotr