Covid-19

Wajib Tahu, Ini Tips Aman Menginap di Hotel Selama Pandemi COVID-19

August 30, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Demi menghilangkan rasa bosan, banyak orang memilih untuk menginap di hotel. Namun perlu kamu waspadai ada beberapa protokol kesehatan yang wajib kamu lakukan saat menginap di hotel selama pandemi COVID-19.

Protokol dasar kesehatan saat menginap di hotel

Akibat belum memungkinkan melakukan perjalanan jauh untuk liburan, banyak orang memilih untuk menginap di hotel. Hal itu dilakukan demi mengusir rasa bosan, dan bisa juga menjadi cara efektif bagi kamu yang ingin mengisolasi diri secara mandiri. 

Berikut ini beberapa tips aman menginap di hotel selama pandemi COVID-19 seperti dilansir dari Travel Leisure:

1. Ketahui protokol kesehatan di hotel 

Walaupun tidak dapat mengontrol tindakan orang lain, setidaknya kamu bisa mengetahui protokol kesehatan yang diterapkan pihak hotel untuk melindungi para tamu dan stafnya.

Sangat disarankan untuk lebih teliti dalam memilih hotel, oleh sebab itu ketahui dahulu protokol dasar kesehatannya. 

Kamu bisa membaca melalui situs webnya, atau melihat langsung seperti apa penerapan protokol kesehatan di hotel tersebut. Perhatikan pemakaian masker, jenis tindakan social distancing yang dilakukan seperti apa, pengecekan suhu, dan seberapa sering area publik dibersihkan. 

Jika kamu tidak dapat menemukan info seputar hotel secara online, cara lainnya bisa langsung datang atau telepon ke hotel bersangkutan. 

2. Kebijakan hotel jika ada tamu sakit

Pastikan kamu juga menanyakan kepada pihak hotel terkait apa saja kebijakan yang dilakukan jika mendadak ada salah satu tamu hotel sakit dan memiliki gejala seperti COVID-19. 

3. Jaga kebersihan diri

Selama menginap di hotel, pastikan selalu melakukan pengecekan suhu badan secara teratur dan memakai masker saat berada di dalam lingkungan hotel. 

Hal itu untuk menghindari ketika tiba-tiba ada yang batuk atau bersin, segera tutup pakai tissue kemudian buang ke tempat sampah. 

Tak hanya itu saja, selalu mencuci tangan selama minimal 20 detik pakai sabun dan air setelah menyentuh bermacam benda. Lalu sebisa mungkin hindari menyentuh bagian wajah sebelum tangan kamu bersih ya.

4. Cara aman pesan makanan 

Hingga saat ini memang banyak restoran di hotel tetap beroperasi seperti biasa saat kondisi normal. Namun terdapat protokol dasar kesehatan selama pandemi seperti pengecekan suhu dan cuci tangan.

Tetapi sangat disarankan bagi kamu untuk pesan makanan dari kamar saja atau takeaway.

5. Wajib pakai masker dan social distancing 

Ketika berada di area publik sebaiknya wajib kenakan masker dan menerapkan social distancing. Hal itu juga perlu kamu lakukan ketika berada di dalam lift. 

6. Minta kamar yang sudah beberapa hari tidak ditempati

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, virus corona dapat hidup di beberapa permukaan, termasuk plastik dan baja tahan karat, hingga 72 jam.

Artinya, ada risiko lebih tinggi terkena virus corona jika tamu sebelumnya menginap di kamar tepat sebelum kamu check-in. Demi menghindari penularan virus, mintalah untuk menginap di kamar yang sudah kosong selama tiga hari.

Meskipun demikian, jika kamar telah disterilkan dengan baik oleh staf hotel di antara masa inap, risiko tertular virus dari tamu sebelumnya cukup kecil. 

7. Bersihkan kamar saat pertama kali check-in

Meskipun staf hotel harus membersihkan kamar dengan baik, tidak ada salahnya untuk melakukan kembali untuk membersihkan di area yang banyak dipegang orang seperti gagang pintu, saklar lampu, remote TV, kamar mandi, dan permukaan datar seperti meja.

Baca juga: Terpaksa Travelling saat Pandemi Covid-19? Catat Tips Amannya

8. Hindari layanan housekeeping

Jika staf housekeeping memasuki kamar dengan mengenakan masker, mereka kemungkinan besar tidak akan menyebarkan virus ke udara atau permukaan. 

Namun, selalu ada sedikit risiko bahwa penggunaan masker yang tidak tepat atau tanpa penggunaan masker sama sekali dapat menyebabkan virus memasuki kamar melalui layanan kebersihan. 

Jika kamu khawatir hal itu terjadi apalagi para orang tua yang membawa anak-anak untuk menginap bersama, sebaiknya hindari layanan kebersihan dari hotel.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Travelandleisure.com (2020) diakses 28 Agustus 2020. 10 Tips for Staying Safe in a Hotel This Summer
  2. Nejm.org (2020) diakses 28 Agustus 2020. Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1
  3. Healthline.com (2020) diakses 28 Agustus 2020. Is a Hotel a Safe Place During COVID-19? Here’s What to Look For
  4. Bustle.com (2020) diakses 28 Agustus 2020. What You Need To Know Before Staying In A Hotel During The Coronavirus Pandemic 
    register-docotr