Covid-19

Perlukah Mengenakan Masker Saat Berada di dalam Mobil? Apa Risiko jika Tidak Memakainya?

September 30, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Penggunaan masker di masa pandemi COVID-19 ini sangatlah disarankan, terutama jika bepergian dengan kendaraan pribadi. Anjuran untuk mengenakan masker sudah diberitahukan pada pengendara mobil pribadi yang membawa penumpang.

Namun, terkadang penggunaan masker saat mengemudikan mobil pribadi bisa mengganggu penglihatan sehingga pastikan untuk memakainya dengan benar. Nah, untuk mengetahui perlukah penggunaan masker di dalam mobil pribadi yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Nyeri Tak Tertahan di Dada? Ini Dia Gejala Angina yang Perlu Diwaspadai!

Perlukah penggunaan masker di dalam mobil pribadi?

Dilansir dari Cleveland Clinic, mengenakan masker di dalam mobil memang masuk akal karena dapat membantu melindungi orang lain selama pandemi virus corona. Cara ini sangat efektif terutama jika kamu melakukan carpooling dengan seseorang yang tidak tinggal bersama.

Jika kamu berada di dalam mobil bersama orang yang tidak tinggal bersama, maka sebaiknya mengenakan masker selama perjalanan. Namun, jika hanya seorang diri di dalam mobil biasanya tidak dianjurkan untuk menggunakan masker.

Ketika kamu tidak bisa menjaga jarak fisik yang aman, maka kenakanlah masker meski berada dalam mobil seorang diri. Nah, beberapa kondisi yang mengharuskan penggunaan masker dalam mobil pribadi, antara lain:

Memesan lewat drive-thru

Seseorang yang melakukan perjalanan singkat seorang diri biasanya tidak perlu mengenakan masker di dalam mobil.

Namun, jika kamu ingin memesan makanan lewat drive-thru dan harus menurunkan kaca mobil untuk berinteraksi dengan seseorang di lokasi maka dianjurkan untuk mengenakan masker.

Seorang pekerja pengiriman

Jika kamu adalah seorang pekerja pengiriman dan diharuskan untuk berhenti beberapa kali dalam satu perjalanan, maka sebaiknya gunakanlah masker di dalam mobil. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kamu dalam menyentuh masker berulang kali.

Perlu diketahui, cara melepaskan masker tidak boleh sembarangan karena bagian depannya sudah terpapar oleh kuman. Cara terbaik untuk melepaskan masker yakni dari bagian tali dan hindari menyentuh bagian depannya.

Bepergian jarak jauh

Saat bepergian jauh dan membawa lebih dari satu orang penumpang, maka disarankan untuk menggunakan masker selama perjalanan. Kapanpun kamu berada di luar dan memakai masker, ingatlah untuk tidak menyentuh bagian depannya dengan tangan karena dianggap sudah terkontaminasi.

Adakah risiko akibat tidak mengenakan masker?

Ketika mengenakan masker di dalam mobil dan mengendarai seorang diri, pastikan masker terpasang dengan benar. Masker harus menutupi hidung dan mulut namun hindari bagian mata karena bisa mengganggu penglihatan saat mengendarai.

Masker yang tidak terpasang dengan benar bisa membahayakan diri sendiri karena memudahkan masuknya bakteri ataupun virus ke dalam tubuh. Penyebaran virus sangat mudah terjadi, terutama jika kamu berada di dalam satu mobil dengan beberapa orang.

Virus bisa menyebar dengan mudah jika berada di dalam ruangan yang tidak bersirkulasi dengan baik, termasuk penggunaan AC.

Untuk itu, jika ingin bepergian dengan lebih dari satu orang di dalam mobil maka diwajibkan untuk mengenakan masker dan duduk dengan posisi yang berjauhan.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan masker

Tidak menggunakan masker saat bepergian sendiri memang tidak diperlukan, namun jika membawa penumpang maka sangat dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus.

Karena itu, kenakanlah masker yang nyaman, seperti masker kain atau masker kaos agar tidak menyebabkan kesulitan bernapas. 

Menggunakan masker merupakan langkah pencegahan penting dalam melawan COVID-19 karena dapat membantu mengurangi risiko tertular infeksi dan mengekang penyebarannya.

Jangan lupakan juga untuk selalu membawa hand sanitizer setiap bepergian agar tangan selalu dalam keadaan bersih.

Jika kamu tidak sengaja menyentuh bagian luar masker, segera cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Nah, apabila air dan sabun tidak tersedia maka gunakan pembersih berbasis alkohol atau antiseptik untuk membunuh kuman atau virus yang menempel.

Baca juga: Pilihan Obat Penurun Panas yang Bisa Didapatkan di Apotek

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd (2020), diakses 29 September 2020. Do I Need to Wear a Mask in My Car?
  2. Cleveland Clinic (2020), diakses 29 September 2020. Should I Wear a Face Mask in the Car?
  3. Doctor.ndtv.com, diakses 29 September 2020. Should You Wear A Mask Inside A Car? Know The Answer From Our Expert
    register-docotr