Covid-19

Tetap Bekerja saat COVID-19? Jangan Khawatir, Ini Tips Jaga Kesehatan di Kantor

May 26, 2020 | Zai Alam | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Selama pandemi COVID-19 ini, beberapa perusahaan memang tidak mewajibkan karyawannya bekerja dari rumah (work from home) dan tetap harus masuk kantor. Bagi kamu yang tidak bisa work from home, simak beberapa tips menjaga kesehatan di kantor berikut ini.

Tips menjaga kesehatan di kantor

Meski tidak bisa bekerja dari rumah, setiap karyawan yang terpaksa masuk kerja di tengah pandemi COVID-19 tetap harus menjaga kesehatan saat bekerja. Berikut tips menjaga kesehatan di kantor bagi kamu yang tidak bisa work from home.

Rajin cuci tangan

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), selain melalui droplet atau percikan cairan dari penderita COVID-19, seseorang juga dapat tertular virus Corona jika menyentuh permukaan atau benda-benda yang terkontaminasi.

Saat kamu bekerja di kantor, sejumlah barang yang dipakai bersama seperti pegangan pintu, tombol lift, sakelar lampu berisiko tinggi terpapar virus Corona.

Untuk mencegah penularan virus terjadi, CDC merekomendasikan setiap orang untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik dengan sabun dan air hangat. Terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah meniup hidung, batuk, atau bersin.

cuci tangan
Rajin mencuci tangan. Sumber Foto : https://www.theactivetimes.com/

Siapkan hand sanitizer di meja kerja

Jika sabun dan air bersih tidak mudah diakses di tempat Anda bekerja, sediakan pembersih tangan atau hand sanitizer sebagai alternatifnya. Menggunakan produk hand sanitizer, terutama yang memiliki kandungan alkohol minimal 60%, terbukti cukup efektif.

Menurut Dr. William Schaffner, profesor penyakit menular di AS, pembersih tangan berbasis alkohol sama efektifnya dengan sabun jika digunakan dengan benar.

Usai mencuci tangan, kamu bisa memakai hand sanitizer di telapak tangan lalu menyeka di seluruh permukaan tangan. Setelah itu, gosokkan ke seluruh tangan kamu, di antara jari-jari dan di bagian belakang tangan kamu.

gunakan masker dan hand sanitizer
Gunakan masker dan hand sanitizer. Sumber foto: shutterstock.com

Jaga kebersihan ruang kerja

Menurut Wall Street Journal, meja kerja rata-rata memiliki 800 bakteri per inci persegi atau sekitar 14 kali lebih banyak bakteri daripada kursi toilet di kantor.

Meja kerja juga termasuk benda yang berisiko tinggi disentuh oleh banyak orang, sehingga berisiko terpapar berbagai kuman dan virus.

Untuk mencegah penularan penyakit akibat infeksi bakteri dan virus, sebaiknya bersihkan ruang kerja kamu sebelum menggunakannya.

Selain permukaan meja, laptop, monitor, mouse, rak kecil, telepon, kursi, hingga dinding penyekat ruang kerja perlu dibersihkan juga.

Bawa peralatan makan atau minum dari rumah

Membawa bekal dan peralatan makan atau minum pribadi dari rumah juga disarankan agar risiko tertular virus COVID-19 di tempat kerja berkurang.

Bawa alat makan dan minum sendiri berarti kamu tidak perlu lagi pergi ke restoran atau café dan bertemu dengan lebih banyak orang yang mungkin saja carrier COVID-19.

Selain itu, membawa bekal sendiri dari rumah juga berarti lebih hemat dan lebih terjamin juga kebersihan dan tingkat gizi makanannya.

Begitu pula saat kita memilih membawa peralatan makan atau minum pribadi dari rumah daripada memakai alat makan di kantor atau kafe yang belum tentu terjamin kebersihannya. 

Baca juga: Meski Belum Ada Vaksin, Pasien COVID-19 Tetap Bisa Sembuh! Bagaimana Caranya?

Jaga jarak dan hindari kontak fisik

Selama pandemi virus Corona, pemerintah menyarankan setiap warganya untuk jaga jarak atau physical distancing dan menghindari kontak fisik sebisa mungkin untuk mencegah penularan virus Corona.

Saran ini wajib dilakukan setiap saat, baik ketika kamu berada di rumah, di jalan, maupun ketika berada di tempat kerja.

Menurut WHO, disarankan Anda menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, terutama jika mereka batuk atau bersin.

Selain itu, sebaiknya hindari juga melakukan kontak fisik dengan orang lain seperti jabat tangan, cium pipi, atau memeluk rekan kerja, sekalipun kamu sedang berada di kantor.

Kenakan masker

Selain menjaga jarak, mengenakan masker saat berada di tempat kerja juga penting untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Terdapat berbagai pilihan masker dengan ciri dan peruntukannya masing-masing yang dijual di pasaran.

Pastikan kamu memilih jenis masker yang cukup efektif untuk melindungi diri dari infeksi virus, seperti masker respirator N95, masker bedah, atau pun masker kain.

Baca juga: Hand Sanitizer atau Sabun, Mana Paling Efektif Membunuh Virus Corona?

Hindari menyentuh benda dengan tangan

Benda dan permukaan yang sering disentuh banyak orang berisiko tinggi terkontaminasi virus COVID-19. Sebaiknya gunakan tisu atau sarung tangan setiap kali kamu hendak menyentuh benda dan permukaan yang berisiko tersebut.

Selain itu, kamu perlu mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh benda-benda yang berisiko tinggi kontaminasi COVID-19 itu.

Pastikan kamu mempraktikkan beberapa tips di atas untuk melindungi diri dari COVID-19 saat bekerja. Jika kamu merasakan beberapa gejala flu, seperti batuk dan demam, segera konsultasikan diri Anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pantau perkembangan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia melalui situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Centers for Disease Control and Prevention (2020) diakses 4 April 2020. How COVID-19 Spreads
  2. Business Insider Singapore (2020) diakses 4 April 2020. 9 ways to protect yourself from the novel coronavirus if you’re still working in an open office
  3. CNN (2020) diakses 4 April 2020. Why soap, sanitizer and warm water work against Covid-19 and other viruses
  4. The Wall Street Journal (2015) diakses 4 April 2020. 8 germ-laden office items grosser than the toilet

      5. WHO (2020) diakses 4 April 2020. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public

    register-docotr