Covid-19

Terpaksa Travelling saat Pandemi Covid-19? Catat Tips Amannya

April 15, 2020 | Bernadette Anya | Dr. Hendi Octary
feature image

Good Doctor – Sudah lebih dari 82 negara yang terjangkit Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19. Berbagai upaya pun telah dilakukan pemerintah setempat untuk mencegah penyebaran infeksi virus di wilayahnya. 

Salah satunya dengan mengimbau atau bahkan melarang warga negaranya berpergian ke luar negeri, khususnya negara yang memiliki kasus positif COVID-19 terbesar.

Seperti Arab Saudi, yang sejak 27 Februari 2020 menghentikan sementara izin visa umroh dari semua negara, kunjungan wisata pun tidak diperkenankan berlangsung. Begitu juga dengan Amerika Serikat yang mengeluarkan travel warning bagi warganya untuk tidak mengunjungi Tiongkok pada level yang tertinggi yaitu level 4: “Do Not Travel”.

Di Indonesia, pemerintah, institusi dan banyak perusahaan juga menganjurkan agar menangguhkan dahulu perjalanan ke luar negeri bagi warga dan karyawannya. Bahkan beberapa daerah melarang warganya mudik ke kampung halaman saat ini.

Lalu bagaimana jika terpaksa harus berpergian ke luar negeri?

Lakukan perjalanan ke luar negeri apabila memang mendesak saja. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Dalam kondisi tertentu yang mengharuskan bepergian keluar negeri, tentu dapat menimbulkan keresahan tersendiri akan tertularnya virus ini. Terutama jika mengunjungi negara yang sudah mengkonfirmasi adanya kasus.

Upaya pencegahan dan menjaga kesehatan pribadi adalah mutlak dilakukan bagi kamu yang tetap harus melakukan perjalanan ke luar negeri, karena kebutuhan yang sangat penting, seperti kesehatan, pendidikan dan keluarga. Ingat loh, hanya untuk kebutuhan yang penting dan mendesak.

Tips tetap aman berpergian di tengah pandemi COVID-19

Gunakan masker selama bepergian untuk mengurangi risiko terinfeksi COVID-19. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona saat bepergian khususnya keluar negeri,

  1. Menjaga kebersihan tangan

Terutama setelah kontak dengan sekret atau cairan yang keluar bersamaan dengan pernafasan. Bisa menggunakan sabun dan air pada saat tangan terlihat kotor, atau dengan pembersih tangan khusus (hand rub) yang berbahan dasar alkohol saat tangan tidak terlihat kotor.

  1. Tutupi hidung dan mulut 

Saat batuk atau bersin, tutup dengan kertas tisu atau bahu bagian dalam, setelah itu langsung buang kertas tisu tersebut. Selanjutnya praktekan kebersihan tangan seperti pada point 1.

  1. Menahan diri untuk tidak menyentuh hidung dan area wajah 

Mungkin kamu punya kebiasan atau tidak tahan jika tidak menyentuh area pipi atau memilin-milin hidung untuk membersihkan komedo. Nah untuk saat ini tahan dulu ya kebiasaan yang mungkin mengasyikkan itu. Apalagi jika sebelumnya tangan habis menyentuh benda lain dan belum mencucinya dengan sabun. 

  1. Memakai masker

Memang belum ada bukti yang menyatakan penggunaan masker dapat melindungi individu yang sehat. Namun di beberapa negara, penggunaan masker  merupakan hal yang sering dilakukan sebagai pencegahan.

Jika memakai masker, perlu diperhatikan untuk mengikuti aturan dalam pemakaian, melepas, dan membuangnya, serta langsung melakukan praktik kebersihan tangan.

  1. Jaga jarak

Jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain, apalagi  dengan seseorang yang mempunyai gejala infeksi virus corona. Sebisa mungkin tetap terapkan physical distance di mana pun kamu berada.

  1. Hindari kontak dengan hewan liar, unggas, atau ternak.
  1. Penting bagi traveller untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi di negara tujuan.

Jaga dan tingkatkan imunitas tubuh dengan memperhatikan asupan makanan

Perhatikan kebersihan makanan selama bepergian di tengah pandemi COVID-19. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Juga yang tidak kalah penting dan harus menjadi perhatian kamu saat berpergian di tengah pandemi COVID-19 adalah soal asupan makanan. Apalagi jika kamu termasuk yang doyan kulineran.

Asupan makanan yang higienis dan bergizi sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang virus korona. Caranya dengan mempraktekan hal-hal berikut.

  • Mencuci tangan, serta peralatan masak dengan baik. Hindari peralatan masak dari jangkauan serangga, maupun binatang lain.
  • Pisahkan penyimpanan bahan makanan matang dari yang mentah, dan gunakan peralatan masak yang dipisah juga.
  • Masak sampai matang atau minimal sampai suhu 70 derajat Celsius terutama untuk bahan daging, telur, dan seafood
  • Simpan makanan pada suhu yang sesuai. Jangan tinggalkan makanan pada suhu ruangan lebih dari 2 jam, dan jangan terlalu lama menyimpan makanan di lemari pendingin.
  • Pilih bahan makanan yang segar, dan cuci sayur dan buah sebelum dimakan.

Karena belum ada obat khusus untuk penyembuhan penyakit COVID-19, apalagi vaksin untuk menangkalnya, saat ini yang bisa kamu terapkan adalah melakukan upaya-upaya pencegahan baik untuk dirimu sendiri dan keluarga tercinta. 

Jadi tetap aman dan sehat selama berpergian saat pandemi COVID-19. Ingat anjuran pemerintah jika tidak mendesak sekali sebaiknya tangguhkan rencana perjalanan kamu.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WHO. (2020). Five Keys to Safer Food. https://www.who.int/foodsafety/publications/consumer/en/5keys_en.pdf?ua=1&ua=1

WHO. (2019). Updated Recommendation for International Traffic in Relation to COVID-19 Outbreaks. https://www.who.int/ith/2019-nCoV_advice_for_international_traffic-rev/en/

CNN. (2020). Travel and the Coronavirus Pandemic: Everything you need to know. https://edition.cnn.com/travel/article/coronavirus-travel-advice/index.html

Pneumonia COVID-19 Diagnosis dan Tatalaksana Di Indonesia. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia tahun 2020.

    register-docotr