Covid-19

7 Tips Sederhana Melindungi Orang Tua dari Virus Corona

May 28, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Orang tua, terutama usia 65 tahun ke atas, termasuk salah satu kelompok yang rentan tertular virus corona (covid-19). Maka itu, diperlukan penanganan khusus untuk mencegah lansia tertular dari covid-19.

Nah, berikut ini 7 tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah lansia tertular dari covid-19 selama masa pandemi.

1. Minta orang tua untuk tetap di rumah

Orang tua adalah golongan yang berisiko tinggi tertular virus corona, sehingga perlu disarankan untuk tetap berada di rumah dan menjaga jarak dengan orang lain, termasuk menghindari keramaian seperti pergi ke pusat perbelanjaan, ikut arisan, ataupun kegiatan sosial tertentu.

membantu tenaga medis
Di rumah aja. Sumber gambar : https://www.kqed.org/

Namun, jika memang orang tua harus berada di luar rumah, mintalah mereka untuk mengenakan masker, jaga jarak minimal satu hingga dua meter dengan orang lain, tidak bersalaman, cium pipi, atau berpelukan, dan hindari memegang hidung atau mulut setelah menyentuh benda.

2. Bantu siapkan kebutuhan orang tua

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar setiap orang membeli cukup makanan dan persediaan lain untuk tinggal di rumah selama beberapa minggu saat pandemi corona berlangsung.

Karena sulit bagi orang lanjut usia untuk pergi ke toko, kamu sebaiknya bantu mereka untuk membeli beberapa kebutuhan mereka, seperti makanan yang bisa bertahan cukup lama, obat-obatan bebas untuk mengobati gejala ringan seperti demam dan batuk.

Jika orang tua kamu menderita penyakit tertentu, pastikan mereka telah memiliki persediaan obat yang bisa dikonsumsi setidaknya selama 30 hari ke depan.

3.  Rajin cuci tangan

Mengingatkan orang tua agar rajin cuci tangan menggunakan sabun selama minimal 20 detik adalah salah satu cara yang tepat untuk melindungi mereka dari penularan virus corona.

Ajarkan orang tua bagaimana cara mencuci tangan yang benar sebagaimana rekomendasi WHO. Ketika berada di luar rumah, selalu siapkan cairan pembersih tangan praktis sebagai alternatif mencuci

Cuci tangan dapat dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, setelah memakai toilet, dan setelah menyentuh permukaan benda yang sering disentuh orang banyak. 

4. Tetap terhubung dengan orang tua

Isolasi diri di rumah untuk mencegah tertular virus corona dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang, seperti menyebabkan stress, timbul rasa kesepian, cemas, ketakutan, hingga depresi.

Hal ini bahkan bisa lebih parah akibatnya terhadap orang tua yang tinggal sendiri tanpa kehadiran anak-anak mereka.

Meskipun saat ini kamu sudah tidak tinggal lagi bersama dengan orang tua, namun sebaiknya kamu harus tetap terhubung dengan mereka secara berkala, terutama di masa social distancing.

5. Tunda jadwal cek kesehatan

Melakukan cek kesehatan secara rutin penting bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang telah lanjut usia. Namun, dalam kondisi wabah COVID-19 seperti sekarang, ada baiknya kamu menunda dulu jadwal kontrol kesehatan orang tua kamu ke dokter.

Pasalnya, kunjungan ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan cek kesehatan dapat meningkatkan risiko orang tua terpapar berbagai infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit, termasuk COVID-19.

6. Pastikan orang tua mendapat asupan nutrisi

Orang lanjut usia membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh mereka sehingga kuat melawan infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit, seperti COVID-19.

Maka itu, selalu sediakan orang tua makanan bergizi setiap harinya, yang mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral.

Selain itu, jika diperlukan, kamu juga boleh memberikan orang tua suplemen atau multivitamin tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga daya tahan tubuh mereka.

Lakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memberi suplemen kepada orang tua agar terhindar dari berbagai efek samping medis.

7. Pastikan orang tua tetap beraktivitas

Untuk mengatasi kebosanan selama social distancing dan isolasi diri di rumah, sebaiknya ajak orang tua untuk terlibat dalam berbagai aktivitas yang menyenangkan. Misalnya, olahraga ringan, berkebun, membaca buku, menulis, mendengarkan musik, memasak, mengobrol dll.

Selain itu, batasi pula informasi yang diterima orang tua mengenai pemberitaan COVID-19 untuk menghindari meningkatnya rasa khawatir dan takut di benak orang tua.

Pantau perkembangan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia melalui situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Centers for Disease Control and Prevention (2020) diakses 24 April 2020. People who are at higher risk for severe illness – coronavirus disease 2019 (COVID-19)

Centers for Disease Control and Prevention (2020) diakses 24 April 2020. Household checklist – coronavirus disease 2019 (COVID-19)

National Health Services UK (2020) diakses 24 April 2020.Who’s at higher risk from coronavirus?

WebMD (2020) diakses 24 April 2020. How to help isolated older people during a coronavirus outbreak

WHO (2020) diakses 24 April 2020. Clean hands protect against infection

 

    register-docotr