Covid-19

Diklaim Bisa Percepat Penyembuhan Pasien COVID-19, Ini 8 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

July 24, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Ikan gabus memiliki banyak kandungan nutrisi. Oleh karenanya, ikan air tawar ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Baru-baru ini, ikan gabus diklaim dapat menyembuhkan penyakit COVID-19, apakah benar? Lalu, apa saja manfaat yang dapat kita peroleh jika mengonsumsinya?

Baca juga: 10 Makanan untuk Imunitas Tubuh, Bantu Tangkal COVID-19

Apa saja manfaat mengonsumsi ikan gabus?

Ikan gabus merupakan ikan yang mudah ditemukan di Indonesia. Untuk mengonsumsinya kamu dapat mencoba berbagai macam varian olahan dari ikan gabus. Ada banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu mengonsumsinya.

Dilansir dari Steemit, berikut adalah manfaat mengonsumsi ikan gabus.

1. Pembentukan dan pertumbuhan otot

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan mas atau nila, tetapi masih setara dengan kandungan protein yang terdapat dalam ikan lainnya. 100 gram ikan gabus memiliki kandungan sebesar 25,2 gram protein.

Kandungan protein tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan 100 gram daging ayam yang hanya mengandung 18,2 gram protein, daging sapi 18,8 gram protein, dan telur yang hanya memiliki 12,8 gram protein.

Mengonsumsi ikan gabus yang kaya akan protein akan membantu dalam pembentukan serta pertumbuhan otot tubuh.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Daging ikan gabus mengandung kadar albumin yang sangat tinggi. Albumin sendiri merupakan salah satu jenis protein yang sangat penting untuk proses penyembuhan luka di tubuh.

Karena kandungan albumin tersebutlah ikan gabus juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi.

Hal tersebut dikarenakan kandungan albumin yang tinggi di dalam ikan gabus dengan cepat dapat membantu pembentukan sel dan jaringan baru di dalam tubuh yang telah rusak sebagai akibat dari proses operasi.

3. Menyehatkan pencernaan

Ikan gabus memiliki struktur daging yang lebih empuk, kamu tidak akan kesulitan mencernanya karena ikan gabus dapat dicerna dengan mudah. Ini dikarenakan kandungan protein kolagen pada ikan gabus lebih rendah jika dibandingkan dengan daging ternak.

4. Membantu penyembuhan beberapa penyakit

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh ikan gabus adalah dapat membantu proses penyembuhan penyakit, seperti hepatitis, infeksi paru-paru, tipus, diabetes, stroke, dan sebagainya.

5. Memperbaiki gizi

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kebutuhan gizi harus tercukupi dengan baik. Salah satu manfaat lainnya dari ikan gabus adalah mereka dapat memperbaiki gizi, terutama pada bayi, balita, anak-anak, serta wanita hamil.

Mengonsumsi 100 gram ikan gabus sudah cukup untuk memenuhi berbagai nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan tubuh, terutama untuk bayi.

6. Membantu mengatasi pembengkakan di tubuh

Selain dapat mempercepat penyembuhan luka, kandungan albumin yang terdapat dalam ikan gabus juga memiliki manfaat lainnya, yakni dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh.

7. Mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh sangat penting. Untuk memenuhi cairan di dalam tubuh tak hanya dengan cara mengonsumsi air mineral, sayuran, atau buah-buahan saja, tetapi kamu juga dapat menjadikan ikan gabus sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Zat albumin yang terkandung dalam ikan gabus juga berfungsi untuk menjaga stabilitas pengaturan cairan dalam tubuh. Jika cairan di dalam tubuh menurun, protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah, sehingga tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Normalnya, kandungan albumin di dalam tubuh mencapai 60 persen.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat terakhir yang bisa kamu peroleh jika kamu mengonsumsi ikan gabus adalah daya tahan tubuh dapat meningkat. Mengonsumsi ikan air tawar ini dapat membuatmu lebih kebal terhadap serangan penyakit akibat dari perubahan cuaca atau faktor lainnya.

Benarkah ikan gabus dapat sembuhkan pasien COVID-19?

Dilansir dari Kompas.com, para peneliti percaya bahwa ikan gabus dapat mempercepat penyembuhan pada pasien COVID-19.

Hal tersebut merupakan kombinasi dari ekstrak ikan gabus, temulawak, serta meniran. Kombinasi ketiganya dapat meningkatkan kadar albumin, serta mencegah inflamasi dan koagulasi pada pasien corona.

Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, PT Akar Rimba, dan PT Mega Medica Pharmaceuticals, saat ini tengah meneliti formulasi dari kombinasi ekstrak ikan gabus, temulawak, serta meniran untuk dikembangkan menjadi produk imunomodulator.

Nantinya, produk tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah COVID-19.

Tingginya kadar protein, terutama albumin dalam ikan gabus sangat dibutuhkan untuk aktivasi makrofag, sel T dan B untuk mencegah penularan serta mempercepat pemulihan klinis pada pasien COVID-19.

Pantau perkembangan COVID-19 di Indonesia melalui situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Kompas.com (2020). Diakses pada 22 Juli 2020. Penelitian USU: Ekstrak Ikan Gabus Bisa Percepat Penyembuhan Pasien Covid-19 

Steemit (2016). Diakses pada 22 Juli 2020. 10 Benefits of Fish Cork for Health 

    register-docotr