Covid-19

Cara Mencuci Masker Kain yang Tepat agar Maksimal Lindungi Diri saat Pandemi

August 10, 2020 | Dani Kosasih | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Cara mencuci masker kain ternyata harus dilakukan dengan baik dan benar. Terlebih, pada situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini, masker menjadi salah satu kebutuhan wajib yang tidak boleh disepelekan.

Oleh karena itu, bagaimana cara mencuci masker kain dengan benar menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui.

Baca Juga: Syarat Rapid Test di Stasiun Jika Kamu Ingin Bepergian

Cara mencuci masker kain yang tepat

Mengetahui bagaimana cara mencuci masker kain dengan benar akan membuat kamu terlindung dari paparan kuman, bakteri dan virus. Khususnya saat kamu beraktivitas dan melakukan interaksi dengan orang lain.

Menurut rekomendasi dari Centers for Disease Control (CDC), cara mencuci masker kain bisa dilakukan dengan dua cara yaitu mencuci dengan tangan dan mencuci dengan mesin cuci.

Mencuci masker kain dengan mesin cuci

Mencuci masker kain dengan mesin cuci juga sama dengan cara mencuci baju, celana atau bahan kain lainnya. Kamu bisa menggabungkan masker dengan cucian lainnya ke dalam mesin cuci.

Setelah itu, tuangkan deterjen dan air hangat. Pastikan masker kain kamu terbuat dari bahan yang tidak rusak apabila dicuci dengan deterjen dan air hangat.

Mencuci masker kain dengan tangan

Mencuci masker kain dengan tangan, berbeda dengan cara mencuci masker kain dengan mesin cuci.

Sesuai rekomendasi dari CDC, berikut cara mencuci masker kain dengan tangan:

  • Siapkan larutan pemutih dengan mencampurkan 5 sendok makan pemutih pada satu liter air.
  • Periksa label untuk mengetahui apakah pemutih yang kamu gunakan ditujukan untuk desinfeksi. Karena beberapa produk pemutih yang khusus digunakan pada pakaian berwarna, mungkin tidak sesuai untuk desinfeksi.
  • Pastikan produk pemutih tidak melewati tanggal kedaluwarsa. Jangan pernah mencampur pemutih dengan amonia atau pembersih lainnya.
  • Rendam masker dalam larutan pemutih tersebut selama 5 menit.
  • Bilas bersih dengan air dingin atau suhu kamar.

Hal-hal lain yang harus diperhatikan saat mencuci masker kain

Selain mengetahui cara mencuci masker kain, ada beberapa hal lain yang penting untuk diketahui saat kamu akan mencuci masker yang telah selesai dipakai.

Melansir laman hopkinsmedicine.org, berikut beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan saat mencuci masker kain:

Gunakan air panas

Kementerian Kesehatan merekomendasikan untuk mencuci masker kain dengan merendamnya terlebih dahulu dalam air panas pada suhu 60 hingga 65 derajat Celsius.

Air panas diyakini mampu membunuh kuman penyakit, bakteri dan virus yang menempel pada kain. Gunakan air panas setiap kali kamu mencuci masker baik menggunakan mesin cuci atau hanya dengan tangan.

Bilas dengan air mengalir

Setelah dicuci, baik itu menggunakan mesin cuci atau hanya dengan tangan, bilaslah masker kain dengan air mengalir. Saat membilas, pastikan masker kain sudah bebas dari seluruh busa atau sisa-sisa deterjen.

Keringkan masker kain

Mengeringkan masker kain bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

Menggunakan pengering

Kamu bisa mengeringkan masker kain yang telah dicuci dengan menggunakan mesin pengering, gunakan pengaturan panas tertinggi dan biarkan hingga masker benar-benar kering.

Mengeringkan masker dengan cara dijemur

Selain dengan menggunakan mesin pengering, kamu juga bisa mengeringkan masker kain dengan cara dijemur tepat di bawah sinar matahari.

Pastikan masker kain yang dijemur benar-benar terkena sinar matahari langsung.

Setrika masker kain

Setelah selesai dijemur, sangat direkomendasikan agar masker kain disetrika terlebih dahulu sebelum digunakan.

Karena suhu panas yang dihasilkan dari setrika mampu membunuh kuman, bakteri, atau virus yang menempel pada permukaan kain.

Pendapat ahli

Melansir laman Nationalgeographic.co.uk, mencuci masker kain bisa dilakukan seperti mencuci kebanyakan pakaian kotor. Hanya dengan deterjen cukup untuk membunuh kuman pada masker yang kamu kenakan.

Rachel Graham, ahli virus di University of North Carolina di Chapel Hill mengatakan bahwa lapisan lipid dan protein berminyak halus yang membungkus virus seperti influenza dan covid-19 sangat rentan pada deterjen.

“Lapisan lipid dan protein berminyak halus yang melapisi virus sangat rentan pada deterjen,” ungkapnya.

Baca Juga: Cegah Virus Menyebar, Ini Tips Menggunakan Masker Sesuai Panduan WHO

Berapa banyak masker kain yang harus dimiliki

Pada situasi pandemi COVID-19 seperti ini, memiliki masker kain menjadi kebutuhan yang sangat penting. Namun, berapa sebenarnya jumlah masker yang harus kita miliki.

Melansir laman hopkinsmedicine.org, setidaknya paling sedikit kamu harus memiliki dua masker kain. Sehingga, jika satu selesai kamu gunakan, kamu bisa mencucinya dan menggunakan yang satu lagi.

Pantau perkembangan COVID-19 di Indonesia melalui situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait cara mencuci masker kain, silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. cdc.gov (2020). Diakses 6 Agustus 2020. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/how-to-wash-cloth-face-coverings.html

2. promkes.kemkes.go.id. Diakses 6 Agustus 2020. http://promkes.kemkes.go.id/flyer-cara-mencuci-masker-kain

3. nationalgeographic.co.uk (2020). Diakses 6 Agustus 2020. https://www.nationalgeographic.co.uk/science-and-technology/2020/05/heres-the-best-way-to-clean-your-face-mask

4. who.int. Diakses 6 Agustus 2020. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks

5. hopkinsmedicine.org. Diakses 6 Agustus 2020. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/coronavirus/coronavirus-how-to-care-for-your-face

    register-docotr