Covid-19

Face Shield Bisa Dibikin Sendiri Kok di Rumah, Begini Caranya

October 24, 2020 | Nanda Hadiyanti
feature image

Penggunaan masker ditambah face shield saat beraktivitas di luar rumah dapat melindungi diri dari penularan COVID-19. Jika kamu belum memiliki face shield, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti cara membuat face shield yang mudah dilakukan di rumah, loh.

Cara membuat face shield ini membutuhkan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk membuatnya. Kenapa perlu menggunakan pelindung wahah dan bagaimana cara membuat face shield tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Apakah Masker N95 Bisa Dicuci dan Digunakan Kembali? Ini Penjelasannya!

Kenapa memerlukan face shield?

Penularan COVID-19 terjadi melalui droplets orang yang terinfeksi. Droplets dapat masuk ke mulut, hidung atau mata orang lain, dan membuat orang tersebut ikut terinfeksi virus corona.

Untuk mencegah penularan melalui droplets, diperlukan penggunaan masker yang menutupi area hidung dan mulut. Sementara penggunaan face shield dapat menambah keamanan dengan memberi perlindungan ekstra di area mulut dan hidung serta memberi perlindungan pada area mata.

Karena itu, tidak ada salahnya melakukan perlindungan ekstra agar terhindar dari infeksi COVID-19 dengan menggunakan face shield. Jika ingin membuatnya sendiri, berikut cara membuat face shield yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Bahan, alat serta cara membuat face shield sendiri di rumah

Ada beberapa pilihan penggunaan bahan utama untuk membuat face shield, yaitu bahan lembaran tembus pandang untuk pelindung wajah. Untuk memudahkan, di sini ada dua pilihan bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat face shield.

Bahan yang diperlukan untuk membuat face shield

  • Plastik mika atau akrilik
  • Busa karet
  • Tali karet atau tali lentur lainnya.

Alat yang diperlukan untuk membuat face shield

  • Lem tembak atau double tape
  • Gunting
  • Penggaris atau alat ukur meteran
  • Bor atau atau mata bor.

Cara membuat face shield sendiri di rumah

Kamu bisa menggunakan mika untuk cara yang lebih mudah. Namun menggunakan bahan akrilik bisa lebih awet dan face shield lebih kuat dibandingkan dengan mika. Karena bahan akrilik lebih kuat, menyerupai kaca namun lentur.

Tapi, pembuatan face shield menggunakan akrilik membutuhkan tahapan yang lebih banyak dibandingkan face shield berbahan mika. Kamu bisa menyesuaikan dengan bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah, ya. Berikut cara pembuatan face shield dari mika dan juga akrilik.

  1. Pertama, kamu perlu memotong mika dengan ukuran 32 cm x 25 cm. Begitu juga jika menggunakan akrilik. Kamu perlu memotongnya dengan ukuran yang sama, 32 cm x 25 cm.
  2. Langkah selanjutnya, jika kamu menggunakan bahan akrilik, kamu memanaskan lembaran yang sudah dipotong ke dalam oven yang sudah dipanaskan selama 4,5 menit.
  3. Setelahnya, keluarkan dan bentuk. Kamu bisa meletakannya pada benda dengan permukaan melengkung, untuk menciptakan lengkungan yang bagus pada akrilik.
  4. Tahap berikutnya adalah memotong busa karet. Potong busa dengan panjang 27 cm dan lebar 3 atau 4 cm. Buat dua potongan dengan ukuran yang sama.
  5. Tempelkan busa yang sudah dipotong pada mika atau akrilik yang sudah disiapkan sebelumnya. Rekatkan di sisi yang lebih pendek, menggunakan lem tembak atau double tape.
  6. Tempel satu busa lagi di bagian sebaliknya, sehingga mika atau akrilik berada di tengah busa karet.
  7. Kemudian, lubangi ujung kanan dan kiri sisi busa karet. Kamu bisa melubangi menggunakan bor listrik atau menggunakan mata bor manual.
  8. Terakhir, pasang dan kaitkan tali karet di kedua lubang tersebut.
  9. Untuk memastikan kebersihannya, kamu bisa membersihkan face shield buatanmu dengan disinfektan setelah membuatnya.
  10. Face shield selesai dibuat dan siap digunakan.

Kamu akan lebih terlindungi jika menggunakan masker dan ditambah dengan face shield, saat berada di luar rumah.

Baca Juga: Serba-serbi Face Shield: Kegunaan dan Cara Tepat Membersihkannya

Penggunaan yang harus diperhatikan

Meski kamu sudah mengetahui cara membuat face shield dan bisa membuat serta menggunakannya sebagai upaya perlindungan diri dari COVID-19, kamu juga tetap harus menggunakan masker. Seperti imbauan yang tertera pada situs covid19.go.id.

Penggunaan face shield tanpa pakai masker saat keluar rumah, tidak akan maksimal melindungi diri dari COVID-19. Face shield hanya pengaman tambahan, namun masker tetap wajib digunakan dengan benar, menutup area hidung, mulut dan dagu.

Demikian tahapan atau cara membuat face shield sendiri di rumah. Semoga dapat membantu kamu yang ingin membuat dan menggunakan face shield, ya.

Selain menggunakan masker dan face shield jangan lupa untuk menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Serta jauhi kerumunan dan tidak keluar rumah, kecuali untuk kebutuhan mendesak.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Covid19.go.id, diakses 14 Oktober 2020
Face Shield Pengaman Tambahan
Covid19.go.id, diakses 14 Oktober 2020
Yuri: Mengenakan Face Shield Tanpa Masker, Perlindungan Terhadap COVID-19 Tidak Maksimal
DIYfaceshield.org, diakses 14 Oktober 2020
Make a Face Shield, Fight COVID-19

    register-docotr