Kehamilan

Wajarkah Jika Gairah Seks Saat Hamil Menjadi Tinggi? Yuk Ketahui Faktanya!

October 14, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Selama kehamilan, tubuh akan mengalami berbagai perasaan, sensasi, serta emosi baru. Hormon berfluktuasi serta aliran darah meningkat sehingga beberapa wanita merasakan payudara membesar dan nafsu makan meningkat.

Selain itu, kehamilan juga dapat memiliki pengaruh yang signifikan pada dorongan seks. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut alasan meningkatnya gairah seks saat hamil yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Ingin Bulu Mata Panjang dan Sehat? Simak, Begini Cara Alami yang Bisa Dilakukan!

Mengapa gairah wanita meningkat selama kehamilan?

Dilansir dari Medical News Today, kehamilan akan memicu banyak perubahan yang dapat memengaruhi gairah seks wanita.

Hal ini dikarenakan, kadar estrogen dan progesteron menjadi lebih tinggi serta terjadi peningkatan aliran darah ke alat kelamin sehingga peningkatan gairah seks sangatlah wajar.

Di sisi lain, rasa mual, lelah, stres, dan banyaknya perubahan fisik yang terjadi akibat kehamilan dapat menurunkan hasrat seorang wanita untuk berhubungan seksual.

Namun, perlu diketahui jika dorongan seks wanita umumnya menurun selama trimester pertama, memuncak di trimester kedua, dan turun lagi di trimester ketiga.

Energi wanita hamil akan pulih dan meningkat dengan sendirinya, nafsu makan serta libido juga cenderung meningkat. Beberapa fakta lain mengenai peningkatan gairah seks selama kehamilan, antara lain sebagai berikut:

Hormon akan berfluktuasi

Pada trimester pertama kehamilan, kadar estrogen dan progesteron akan meningkat. Gejala pada awal kehamilan yang dapat menurunkan hasrat seksual, meliputi perubahan hormonal, kelelahan, mual, dan sensitivitas payudara.

Sekitar minggu ke-10 kadar hormon akan turun sehingga rasa mual dan lelah akan berkurang. Dengan hilangnya gejala trimester pertama, dorongan seksual akan lebih meningkat.

Kemudian, pada trimester ketiga akan terjadi penambahan berat badan, sakit punggung, dan gejala lain yang mengganggu sehingga gairah seksual turun kembali.

Aliran darah meningkat

Seorang wanita yang hamil akan mengalami peningkatan aliran darah, terutama ke organ kelamin, payudara, dan vulva. Dengan adanya peningkatan ini, gairah menjadi lebih mudah terjadi serta meningkatkan kepekaan.

Hal ini bisa menghasilkan pengalaman seksual yang lebih menyenangkan dengan pasangan. Namun, jangan kaget jika ada kebocoran puting karena tubuh bisa berubah dengan cepat sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Libido akan meningkat

Banyak wanita mengalami peningkatan libido di akhir semester pertama dan kedua. Dengan tingginya tingkat libido ini maka akan terjadi pula peningkatan lubrikasi vagina dan klitoris hipersensitif karena aliran darah ekstra genital.

Karena itu, manfaatkan waktu ini dengan pasangan dan bagikan kegembiraan tentang perubahan pada tubuh. Seks selama kehamilan merupakan cara yang tepat untuk tetap terhubung secara mental, emosional, dan fisik dengan pasangan.

Bahayakah berhubungan seksual saat hamil?

Seks dapat mencakup tindakan apapun yang melibatkan orgasme atau gairan, termasuk merujuk pada penetrasi vagina secara khusus. Namun, wanita dapat bertanya kepada profesional perawatan kesehatan jika memiliki kekhawatiran tentang aktivitas seksual tertentu.

Seorang profesional kesehatan mungkin akan merekomendasikan beberapa bentuk seks, termasuk vaginal, dan oral yang aman dilakukan saat hamil.

Banyak wanita mungkin menemukan bahwa mereka dapat melakukan posisi seksual yang beragam selama dua trimester pertama karena perut masih cukup kecil.

Vaginal seks

Ketika melakukan seksual lewat vagina, kamu tidak perlu khawatir karena serviks, rahim, dan cairan ketuban melindungi janin.

Namun, wanita hamil dan pasangannya tetap harus berhati-hati karena mungkin penetrasi yang terlalu dalam bisa menyebabkan ketidaknyamanan hingga memunculkan rasa sakit berkelanjutan.

Oral seks

Secara umum, wanita dan pasangannya dapat melakukan seks oral dengan aman selama kehamilan. Dalam beberapa kasus, orang mungkin akan menganggap seks oral sebagai alternatif yang baik selama masa kehamilan.

Baca juga: Biar Tubuh Makin Sehat, Kamu Perlu Tahu Gerakan Dasar Senam Aerobik Berikut Ini

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2018), diakses 13 Oktober 2020. Sex Drive During Pregnancy: 5 Ways Your Body Changes
  2. Medical News Today (2019), diakses 13 Oktober 2020. How does sex drive change during pregnancy?
    register-docotr