Kehamilan

Kenali Ciri dan Tanda Hamil Tak Diduga Berikut Ini

May 16, 2020 | Ahmad Ridwan | dr Iqbal Adi Anugra
feature image

Ingin konsultasi dengan dokter tentang ciri-ciri hamil? Silakan chat langsung dengan dokter kami di fitur Kesehatan di aplikasi Grab. Atau langsung klik di sini untuk chat dengan dokter.

Tanda-tanda hamil yang tak diduga perlu kamu ketahui agar persiapan kehamilanmu berjalan dengan lancar. Salah satu tanda awal kehamilan adalah telat datang bulan, yang kemudian disusul dengan timbulnya perasaan lelah, mual, hingga muntah.

Meski demikian, setiap wanita bisa saja mengalami gejala awal kehamilan yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu mengetahui tanda-tanda hamil yang tak diduga. Berikut penjelasannya.

Ciri-ciri dan tanda hamil

1. Telat datang bulan

Ini adalah cara yang paling diandalkan sebagian besar perempuan dalam mendeteksi kehamilan.

Umumnya, seorang wanita yang tidak haid dalam kurun waktu 5 hari atau lebih setelah tanggal seharusnya dapat dikatakan telat datang bulan, sehingga perlu mengecek kehamilan. Namun, tidak selamanya telat datang bulan itu merupakan pertanda hamil lho.

2. Hilang nafsu makan

Ibu hamil biasanya akan kehilangan selera nafsu makan terhadap jenis makanan tertentu. Namun, di sisi lain, dapat mengidam atau menyukai beberapa makanan lain.

Memang, hingga saat ini, belum ditemukan alasan ilmiah kenapa bumil sering mengidam makanan tertentu. Dugaan sementara, mengidam disebabkan oleh perubahan yang lazim terjadi selama masa kehamilan.

3. Mudah lelah

Pada masa awal kehamilan, tubuh akan memproduksi hormon progesteron dalam jumlah yang tinggi. Akibatnya, membuat seorang wanita mudah merasa lelah dan kantuk.

4. Morning sickness

Morning sickness atau perasaan mual, dengan atau tanpa muntah, yang sering terjadi di pagi hari merupakan salah satu ciri tanda kehamilan yang perlu kamu ketahui.

Sampai saat ini, belum ada alasan yang jelas terkait apa yang menyebabkan mual dan muntah pada wanita selama masa kehamilan. Meski namanya morning sickness, perasaan mual dan muntah pada bumil sejatinya bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam.  

5. Sering buang air kecil

Sering membuang air kecil juga bisa menjadi salah satu ciri tanda kehamilan. Apalagi jika frekuensinya meningkat cukup signifikan dari biasanya.

6. Payudara nyeri dan membengkak

Jika payudara kamu mulai terasa sensitif, nyeri, dan membengkak (berat), maka ini bisa jadi pertanda bahwa kamu sedang hamil. Hal tersebut disebabkan oleh pengaruh perubahan hormon yang terjadi pada awal masa kehamilan.

Ciri tanda hamil tak diduga

Di samping beberapa gejala kehamilan di atas yang sudah umum diketahui oleh masyarakat, terdapat juga beberapa ciri tanda kehamilan tak diduga yang perlu kamu ketahui. Berikut ini penjelasannya.

1. Kram perut

Pada sebagian wanita, ciri-ciri awal kehamilan dapat ditandai oleh kram perut. Kram perut biasanya terjadi sekitar 1 – 2 minggu usia kehamilan.

Kram yang timbul di area sekitar perut disebabkan oleh adanya proses implantasi sel telur yang telah dibuahi pada dinding rahim. Sehingga, acapkali juga disertai dengan bercak.

Karena gejalanya yang mirip dengan PMS, gejala kram perut seringkali diabaikan wanita sebagai sebuah tanda kehamilan. Padahal, kram perut justru bisa menjadi kabar baik bagi kamu yang ingin segera mendapatkan momongan. 

2. Pusing dan sakit kepala

Kehamilan dapat menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah, sehingga membuat kamu menjadi sering sakit kepala dan pusing.

3. Timbul bercak atau perdarahan pada vagina

Timbulnya bercak atau perdarahan pada vagina bisa jadi merupakan tanda awal kehamilan.

Kondisi ini sering dikenal sebagai pendarahan implantasi, yang disebabkan oleh proses menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim. Proses ini biasanya terjadi pada 10 hingga 14 hari setelah fertilisasi.

Walaupun timbulnya bercak karena implantasi sering terjadi bersamaan pada waktu menstruasi, namun kamu tetap bisa membedakan keduanya dengan mudah. Pendarahan implantasi umumnya jauh lebih ringan daripada perdarahan oleh proses menstruasi.

4. Sembelit atau Susah BAB

Sembelit adalah salah satu ciri tanda hamil tak diduga yang perlu kamu ketahui. Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan dapat menyebabkan kerja sistem pencernaan menjadi lambat, sehingga menyebabkan susah BAB.

5. Suhu tubuh tinggi di pagi hari

Suhu tubuh tinggi yang terjadi di pagi hari juga bisa menjadi pertanda awal kehamilan lho. Suhu tubuh sewaktu bangun pagi atau yang sering disebut dengan Suhu Tubuh Basal (STB) dapat mengalami peningkatan pada wanita yang sedang hamil.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron setelah masa ovulasi. Kenaikan STB yang berlangsung selama 18 hari atau lebih kemungkinan adalah tanda bahwa seorang wanita tengah memasuki masa awal kehamilan.

6. Jadi lebih emosional

Pada awal masa kehamilan, biasanya wanita cenderung menjadi lebih emosional dan cengeng. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh, sehingga secara tidak langsung bisa mempengaruhi kondisi emosional wanita. 

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Early Pregnancy Symptoms. WebMD. Diakses 10 Oktober 2019.

    register-docotr