Kehamilan

Stocking Kompresi saat Hamil, Apa Saja Manfaat Dibaliknya?

December 11, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Tubuh wanita hamil mengalami banyak perubahan ketika hamil hingga kelahiran bayi. Salah satu perubahan paling sering dialami seorang wanita selama kehamilan adalah edema atau pembengkakan pada kaki.

Pada akhirnya, beberapa cara dilakukan wanita hamil untuk mengurangi pembengkakan termasuk menggunakan kaus kaki atau stocking kompresi. Nah, untuk mengetahui manfaat dari penggunaan stocking kompresi ini, yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Hamil di Usia 40 Tahun, Ketahui Risiko dan Cara Menjaganya Tetap Aman

Apa itu stocking kompresi?

Dilansir dari Firstcry.com, selama masa kehamilan tubuh wanita menghasilkan lebih banyak darah dan cairan. Bersamaan dengan ini, rahim yang sedang tumbuh juga mulai memberi tekanan pada vena cava.

Perlu diketahui, vena cava bertanggung jawab untuk membawa darah dari kaki dan tungkai ke jantung. Semua faktor ini dapat menyebabkan kaki dan tungkai mengalami pembengkakan disertai nyeri.

Kondisi kaki yang bengkak dikenal juga sebagai edema yang sangat normal terjadi selama kehamilan dan sekitar 75 persen wanita mengalami gejala ini setelah 27 minggu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dokter biasanya akan menyarankan wanita hamil untuk menggunakan stocking kompresi. Kaus kaki atau stocking kompresi dapat membantu meredakan dan melepaskan tekanan dari tungkai, pergelangan kaki, dan telapak kaki.

Manfaat penggunaan stocking kompresi saat hamil

Meskipun kamu mungkin tidak memerlukan kaus kaki kompresi di awal kehamilan. Namun, terdapat alasan tertentu untuk menggunakan stocking kompresi dengan aman saat mencapai akhir trimester kedua dan selama trimester ketiga.

Kaus kaki atau stocking kompresi dapat menerapkan tekanan bertingkat yang akan mengurangi tekanan pada tungkai.

Dengan begitu, aliran darah bisa ditingkatkan karena bekerja dengan membiarkan darah didorong kembali dari kaki ke jantung. Beberapa manfaat lain dari penggunaan stocking kompresi saat hamil, yakni:

Kurangi pembengkakan

Mengingat tubuh akan memproduksi sekitar 50 persen lebih banyak cairan dan darah selama kehamilan, maka tidak mengherankan jika mungkin mengalami pembengkakan. Biasanya, pembengkakan ini bisa menimbulkan munculnya rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Kaus kaki atau stocking kompresi bisa membantu mengurangi pembengkakan berkat gerakan lembut yang dilakukan pada kaki. Hal ini berarti ketidaknyaman akan berkurang, terutama jika kamu diharuskan untuk berdiri sepanjang hari.

Perbaiki sirkulasi

Selain mengurangi pembengkakan, stocking kompresi yang digunakan selama kehamilan juga bisa membantu memperbaiki sirkulasi. Saat hamil, peningkatan hormon dapat membuat darah lebih mungkin menggumpal dan menyebabkan kondisi lain seperti trombosis vena dalam atau DVT.

Hal ini disebabkan oleh rahim yang tumbuh dapat memberi lebih banyak tekanan pada pembuluh darah. Namun, kaus kaki atau stocking kompresi dapat membantu mencegah penggumpalan dalam darah.

Meredakan pegal

Keluhan umum dari wanita hamil, terutama jika usia kehamilan sudah semakin dewasa adalah kaki terus menerus sakit. Untuk mengatasi rasa sakit dan pegal akibat menahan beban adalah dengan menggunakan stocking kompresi.

Stocking kompresi diketahui juga dapat membantu meredakan nyeri dan rasa sakit. Hal ini dikarenakan penggunaan stocking kompresi akan meningkatkan sirkulasi dalam darah sehingga rasa pegal berkurang.

Meminimalkan varises

Urat ungu tua atau biru yang sering disebut sebagai varises bisa muncul pada kaki, terutama wanita hamil. Varises pada kaki sendiri biasanya terjadi ketika katup di pembuluh darah tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mengurangi varises pada kaki, wanita hamil dianjurkan untuk menggunakan stocking kompresi. Penggunaan kaus kaki atau stocking kompresi dapat meningkatkan sirkulasi sehingga membantu meminimalkan atau mencegah munculnya varises.

Bagaimana cara memiliki stocking kompresi yang tepat?

Untuk memilih stocking kompresi, beberapa hal perlu diperhatikan untuk mendapatkan kenyamanan saat menggunakannya. Beberapa faktor yang harus diketahui sebelum membeli dan menggunakan stocking kompresi untuk hamil, antara lain sebagai berikut:

Mudah dipakai

Jika kamu berpikir bahwa memakai kaus kaki kompresi sama dengan menggunakan kaus kaki biasa, itu bukan masalahnya. Terdapat beberapa merek yang menawarkan gaya tarik mudah saat digunakan, termasuk dengan ritsleting. 

Nyaman digunakan

Tujuan dari kaus kaki kompresi adalah mendapatkan dukungan dan tekanan yang lembut. Jika merasa kaki diremas tidak nyaman atau kain menusuk kulit, segera ganti dengan yang lain. Pilihlah kompresi ringan dan hindari bahan yang menyebabkan ketidaknyaman saat digunakan.

Baca juga: Wanita Mengalami Postpartum Euphoria Pascapersalinan, Ketahui Penyebab dan Cara Penanganannya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 10 Desember 2020. The Best Compression Socks for Pregnancy
  2. Firstcry.com (2020), diakses 10 Desember 2020. Should You Wear Compression Socks When Pregnant?
    register-docotr