Kehamilan

Saffron, Rempah ‘Ajaib’ yang Miliki Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil

November 7, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Akhir-akhir ini penggunaan saffron tengah naik daun. Hal tersebut tidak terlepas dari manfaat berlimpah yang dimilikinya. Pada ibu hamil sendiri, saffron dipercaya dapat membantu mengatasi beberapa kondisi, apa saja?

Saffron adalah rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Saffron memiliki bentuk seperti benang berwarna merah yang mengandung serbuk sari di bagian tengahnya.

Tak hanya dapat menambah aroma dan rasa pada makanan, saffron juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, maka dari itu, saffron dijuluki sebagai ‘The Golden Spice’.

Baca juga: Senam Kegel Punya Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil, Begini Cara Melakukannya

Amankah ibu hamil mengonsumsi saffron?

Pada dasarnya, mengonsumsi saffron saat hamil aman untuk dilakukan karena memiliki banyak manfaat. Saffron dapat membantu meredakan stres, rasa sakit dan nyeri, perubahan suasana hati (mood swings), dan ketidaknyamanan saat kehamilan.

Meskipun demikian, janganlah konsumsi saffron secara berlebihan ya, karena ini dapat menimbulkan efek samping.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengonsumsi saffron.

  • Konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi saffron.
  • Paling banyak, hanya gunakan sebanyak 2-3 helai saja, karena jika digunakan secara berlebihan dapat memengaruhi kesehatan ibu dan janin. Namun, sebaiknya bicarakanlah terlebih dahulu pada dokter mengenai hal ini ya.
  • Konsumsilah saffron yang dijual dari sumber terpercaya yang memiliki kualitas tinggi. Hal ini dilakukan guna untuk menghindari saffron yang menggunakan pewarna palsu.

Manfaat saffron untuk ibu hamil

Konsumsi saffron dalam jumlah yang wajar sangat dianjurkan selama kehamilan. Manfaat utama saffron untuk ibu hamil adalah dapat membantu pencernaan. Tidak hanya itu, saffron juga menawarkan manfaat lainnya lho!

Berikut adalah manfaat saffron untuk ibu hamil seperti yang telah dilansir dari Firstcry.com.

1. Meredakan morning sickness

Morning sickness adalah salah satu kondisi yang sering terjadi pada ibu hamil. Tak jarang, gejala yang ditimbulkan dapat membuatmu lemas.

Tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengonsumsi teh yang mengandung saffron untuk mengatasi mual dan pusing yang dapat ditimbulkan oleh morning sickness.

2. Membantu mengatasi nyeri dan kram

Selama kehamilan, tak jarang ibu hamil juga mengalami kram, baik di awal kehamilan maupun sebelum melahirkan.

Perlu kamu ketahui bahwa, selama masa kehamilan tulang dan otot meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dan kram pada perut ataupun sendi panggul.

Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi saffron karena manfaatnya yang bisa dijadikan sebagai penghilang rasa sakit alami. Saffron dapat membuat otot menjadi lebih rileks, yang mana hal ini dapat membantu menangani nyeri pada perut serta menenangkan kram yang terjadi.

3. Mengatasi mood swings

Kehamilan dapat memicu beberapa perubahan hormon di dalam tubuh, ini dapat memengaruhi perasaanmu. Misalnya saja, kamu bisa menjadi sangat senang dan kemudian di saat yang lain, perasaanmu dapat berubah menjadi lebih emosional atau sedih.

Jika kamu mengalami hal ini, saffron dapat membantumu mengurangi mood swings. Saffron bertindak sebagai antidepresan alami dan dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

Mengonsumsi saffron juga dapat menghasilkan produksi hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, saffron juga dapat mengurangi hormon stres, yakni kortisol.

4. Menjaga tekanan darah

Selama kehamilan, detak jantung seorang wanita dapat meningkat sebanyak 25 persen, ini dapat menyebabkan fluktuasi tekanan darah. Kandungan potasium dan crocetin yang dimiliki oleh saffron dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Membantu pencernaan

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa manfaat utama dari saffron adalah dapat membantu pencernaan pada ibu hamil.

Saffron dapat membantu meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan. Sehingga dapat membantu meningkatkan metabolisme yang pada gilirannya dapat membantu pencernaan yang lebih baik.

Rempah tipis yang berbentuk seperti benang ini juga dapat membentuk lapisan pelindung di saluran pencernaan. Lapisan ekstra ini dapat membantu meredakan keasaman dan juga mengurangi kembung.

6. Kualitas tidur menjadi lebih baik

Seiring dengan perkembangan kehamilan, tidur menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi ibu hamil. Saat tidur, kamu mungkin saja akan mencari posisi yang nyaman untuk mengakomodasi perut yang membesar.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik serta membuatmu menjadi lebih rileks, kamu dapat mengonsumsi susu yang ditambahkan dengan saffron.

Baca juga: Ibu Hamil Tidur Telentang, Aman atau Tidak?

Efek samping jika saffron dikonsumsi secara berlebihan

Saffron memang memiliki banyak manfaat, namun jika ini dikonsumsi dalam jumlah yang wajar atau yang telah direkomendasikan oleh dokter. Jika saffron dikonsumsi secara berlebihan ini bisa menimbulkan bahaya, seperti:

  • Persalinan prematur
  • Perdarahan, mual dan muntah, atau bahkan diare

Maka dari itu, sebaiknya janganlah konsumsi saffron secara berlebihan ya. Akan lebih baik, sebelum mengonsumsi saffron, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ya.

Punya pertanyaan lain seputar masalah kehamilan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Firstcry.com (2019). Diakses pada 06 November 2020. Saffron During Pregnancy: Benefits, Uses, Side Effects & More 

Mom Junction (2019). Diakses pada 06 November 2020. Saffron (Kesar) During Pregnancy: Safety, Benefits And Side Effects 

    register-docotr