Kehamilan

Yuk, Intip Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil

April 21, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Setiap Ramadhan datang, banyak orang masih mempertanyakan apakah aman untuk melakukan puasa untuk ibu hamil? 

Penelitian yang memperingatkan ibu hamil untuk tidak berpuasa biasanya mempertimbangkan efek pada bayinya.

Selama trimester pertama, bayi dalam kandungan sedang dalam tahap yang sensitif. Hukum Islam sendiri tidak mengharuskan Moms untuk berpuasa di masa hamil dan dapat diganti dengan melakukan fidyah. 

Meski begitu, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa hanya sedikit atau bahkan tidak ada efek pada bayi baru lahir dari ibu yang berpuasa selama kehamilan.

Karena itu, jika merasa sehat dan cukup kuat maka bisa berpuasa dengan menerapkan beberapa tips puasa untuk ibu hamil.

Efek samping yang mungkin terjadi jika ibu hamil berpuasa

Efek samping berpuasa ketika hamil. Foto: https://parentalk.id/

Sebuah penelitian menyebutkan, puasa tidak memiliki efek pada pertumbuhan intrauterin dan indeks waktu kelahiran apabila ibu hamil memiliki nutrisi yang cukup.

Akan tetapi, puasa selama kehamilan bisa pula memicu munculnya beragam bahaya atau efek samping. Beberapa di antaranya adalah efek jangka pendek yang bisa mereda seiring berjalannya waktu.

Kemungkinan lainnya adalah efek jangka panjang yang bisa membahayakan ibu serta janin dalam kandungan. Berikut beberapa kemungkinan efek puasa selama kehamilan:

  • Dalam kasus yang jarang, kelahiran secara prematur mungkin terjadi.
  • Meningkatkan kemungkinan dehidrasi akibat kurangnya asupan cairan.
  • Puasa menyebabkan berat badan lahir menjadi rendah.
  • Bayi dan ibu bisa kekurangan nutrisi yang penting.

Bagi ibu hamil yang tetap ingin menunaikan ibadah puasa, penting untuk memperhatikan berbagai faktor. Gaya hidup sehat juga menjadi pertimbangan karena bayi membutuhkan nutrisi yang tepat. Jika cadangan energi cukup, maka puasa cenderung memiliki efek samping lebih kecil.

Hanya diri sendiri yang bisa menilai seberapa sehat tubuh sehingga keputusan sepenuhnya ada di tangan kamu, Moms. bicarakanlah dengan keluarga, dokter, atau orang yang ahli agama untuk membantu mempertimbangkan pilihan kamu. 

Tips puasa untuk ibu hamil yang aman

Ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur. Foto: https://www.shutterstock.com/

Dampak buruk yang mungkin terjadi pada ibu hamil selama berpuasa bisa diminimalisir dengan merencanakan beberapa hal. Tips puasa untuk ibu hamil yang bisa kamu terapkan, yakni sebagai berikut:

1. Cukupkan konsumsi asupan air

Aturan terpenting saat berpuasa saat hamil adalah terpenuhinya asupan cairan tubuh. Moms harus tahu jika bayi dalam kandungan bergantung sepenuhnya untuk semua nutrisi dan hidrasi. Jadi, jangan pernah lupa untuk memperhatikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

2. Konsumsi makanan sehat

Selain cairan, penting juga untuk menjaga pola hidup dengan makan makanan sehat.

Ibu hamil membutuhkan energi lebih banyak karena bayi dalam kandungannya memerlukan nutrisi tepat. Karena itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan segar selama berpuasa. 

3. Hindari aktivitas fisik berlebihan

Stamina dalam tubuh ketika berpuasa harus dijaga dengan baik, terutama untuk ibu hamil. Untuk itu, usahakan untuk menghindari aktivitas fisik berlebih selama periode puasa dilakukan.

Melakukan kegiatan fisik hanya akan membuat tubuh mudah kelelahan dan cepat mengalami dehidrasi.  

4. Segera buka puasa jika merasa lelah

Jangan memaksakan diri untuk berpuasa jika tubuh sudah tidak kuat dan merasa cukup lelah. Kamu bisa segera buka puasa untuk menghindari hal buruk yang mungkin terjadi.

Sertakan juga makanan sehat ketika berbuka puasa agar energi dan stamina tubuh tergantikan dengan baik. 

5. Atur waktu istirahat

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk ibu hamil yang berpuasa adalah waktu istirahat. Jangan mengabaikan tanda-tanda yang diberikan tubuh, pergi dan istirahatkan jika mengantuk. Tidur yang cukup adalah suatu keharusan jika kamu berpuasa selama kehamilan.

6. Jauhi faktor penyebab stres

Tips puasa untuk ibu hamil terakhir adalah hindari situasi yang membuat kamu mudah stres. Segera ambil beberapa tindak pencegahan terhadap stres, salah satunya dengan selalu berpikir positif.

Jika stres melanda, kamu bisa membatalkan puasa dan konsultasikan dengan dokter. 

Seperti yang sudah diketahui, puasa akan memperlambat sistem pencernaan. Jadi, ketika berbuka puasa, konsumsilah makanan dengan porsi kecil.

Tak hanya itu, Moms harus menghindari minuman berkafein serta minuman soda ketika berbuka puasa. Hindari juga makanan olahan atau produk makanan dengan tinggi lemak. 

Meskipun berpuasa bisa mempengaruhi wanita secara emosional, perlu diingat jika kesehatan diri sendiri dan bayi lebih penting dari apapun.

Jangan memaksakan diri jika tubuh memang tidak mampu untuk berpuasa. Hal paling tepat yang bisa Moms lakukan adalah menghindari risiko terburuk.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Babycenter diakses 21 April 2020. Fasting in pregnancy
  2. Firstcry.com (2018) diakses 21 April 2020. Fasting During Pregnancy
  3. Boldsky.com (2013) diakses 21 April 2020. Navrati Fasting Tips For Pregnant
  4.  Jurnal Pediatrics (2010) diakses 22 April 2020. The Effect of Ramadan Fasting on Outcome of Pregnancy
    register-docotr