Kehamilan

Penasaran Bagaimana Proses Terjadinya Bayi Kembar? Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya Berikut!

June 18, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Proses terjadinya bayi kembar bisa dimulai dari pembuahan pada satu atau dua sel telur yang berbeda. Jika pembuahan terjadi pada satu sel telur, maka akan terjadi kembar identik, sementara dua sel telur yang berbeda akan menghasilkan kembar non-identik.

Selama empat dekade terakhir, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat mencatat adanya kenaikan kelahiran bayi kembar hingga dua kali lipat di negara itu.

Beberapa faktor seperti usia dari ibu, sejarah adanya anak kembar dalam keluarga, dan perawatan fertilitas dikatakan mampu menaikkan peluang terjadinya bayi kembar.

Proses bayi kembar

Bayi kembar bisa dibilang spesial dan langka, biasanya terjadinya bayi kembar adalah 2 persen dari keseluruhan kehamilan. Dari angka itu, 30 persen di antaranya adalah kembar identik, sementara 70 persen sisanya non-identik.

Berikut ini adalah proses terjadinya bayi kembar berdasarkan jenisnya:

Kembar non-identik

Proses pembuahan dan perkembangan bayi kembar non-identik. Foto: https://raisingchildren.net.au/

Proses pembuahan

Semua kehamilan dimulai dari proses pembuahan pada sel telur. Sel telur yang dibuahi ini dinamakan zigot.

Perempuan terkadang melepaskan dua sel telur, dan dua sperma yang terpisah akan membuahi masing-masing sel telur tersebut, inilah yang menyebabkan terjadinya kembar. 

Kembar ini dinamakan kembar fraternal, kembar dizigotik atau dua zigot atau non-identik. Proses rincinya adalah sebagai berikut:

  • Dua sel telur akan lepas dari ovarium
  • Masing-masing sel telur akan difertilisasi, atau dibuahi oleh sperma yang terpisah
  • Masing-masing embrio akan menempel pada rahim secara terpisah
  • Nantinya bayi akan tumbuh secara terpisah dalam plasenta masing-masing dengan dua kantung yang juga terpisah

Perkembangan janin

Selama masa kehamilan, janin yang berkembang mendapat oksigen dan makanan dari ibu melalui plasenta dan tali pusar. Pada kembar ini, kedua embrio memiliki plasenta dan tali pusar yang terpisah, secara teknis ini disebut dichorionic.

Kembar fraternal atau non-identik ini bisa memiliki jenis kelamin sama atau berbeda dan gen mereka berbeda seperti pada adik-kakak yang lain. 

Beberapa kembar fraternal yang memiliki jenis kelamin sama dapat terlihat berbeda. Sebagai contoh, mereka bisa saja memiliki jenis rambut atau warna mata yang berbeda, meskipun terkadang mereka terlihat sama atau mirip.

Di Australia, kembar fraternal ini terjadi pada 70 persen kelahiran anak kembar. Pada kasus yang jarang terjadi, kembar fraternal ini saling berbagi plasenta, secara teknis ini disebut kembar chimaeric.

Kembar identik

Proses terjadinya bayi kembar identik. Foto: https://raisingchildren.net.au/

Sel telur yang sudah dibuahi terkadang dapat terbelah dalam beberapa hari dalam proses pembuahan untuk membentuk kembar identik secara genetik. 

Karena kembar ini berasal dari satu zigot, maka sering juga disebut kembar monozigot. Kembar identik selalu hadir dalam jenis kelamin yang sama.

Detail dari proses kembar ini adalah sebagai berikut:

  • Satu sel telur lepas dari ovarium dan dibuahi oleh satu sperma
  • Embrio awal akan terbelah sebelum menempel di dinding rahim, atau dia terbelah ketika menyentuh dinding rahim atau setelah menempel dengan sempurna dengan rahim
  • Pada embrio yang terbelah sebelum menyentuh rahim, bayi kembar akan memiliki plasenta yang terpisah begitu juga dengan tali pusarnya
  • Pada embrio yang terbelah saat atau setelah menempel dinding rahim, bayi akan saling berbagi plasenta dan juga tali pusar

Tipe kembar identik

Ada tiga tipe kembar identik, sekitar sepertiga di antaranya akan terbelah setelah fertilisasi dan membentuk kembar yang benar-benar terpisah. Seperti kembar fraternal, kembar tipe ini memiliki plasenta yang terpisah.

Sementara dua pertiga lainnya akan terbelah setelah mereka menempel pada dinding rahim. Hasilnya, mereka akan berbagi plasenta, nama teknis dari kondisi ini adalah monochorionic.

Pada beberapa kasus yang jarang, pembelahan terjadi agak lama setelah embrio menempel di dinding rahim. Pada kasus ini, kedua anak kembar akan saling berbagi tali pusar yang sama, secara teknis kondisi ini dinamakan kembar monoamniotic, atau kembar MoMo.

Meskipun kembar identik memiliki gen yang sama, mereka tidak lantas terlihat sama. Hal ini dikarenakan kesehatan dan pertumbuhan anak dibentuk bukan hanya oleh gen, tapi pengalaman mereka di rahim dan kondisi setelah dilahirkan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Cdc.gov (2016) diakses 16 Juni 2020. https://www.cdc.gov/art/key-findings/multiple-births.html
  2. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 16 Juni 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324455
  3. Betterhealth.vic.gov.au (2014) diakses 16 Juni 2020. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/twins-identical-and-fraternal
  4. Account.allinahealth.org (2016) diakses 16 Juni 2020. https://account.allinahealth.org/library/content/17/58
  5. Raisingchildren.net.au (2018) diakses 16 Juni 2020. https://raisingchildren.net.au/pregnancy/health-wellbeing/twin-pregnancy/twins
    register-docotr