Kehamilan

Agar Lancar, Ini 6 Persiapan Operasi Caesar yang Perlu Moms Ketahui!

September 28, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Persiapan operasi caesar perlu dilakukan terlepas Moms sudah atau belum pernah menjalani prosedur ini sebelumnya. Dengan demikian, Moms bisa meminimalkan risiko dari prosedur ini.

Setiap operasi memiliki risiko, begitupun dengan operasi caesar. Beberapa risiko dari cara melahirkan ini antara lain adalah infeksi di lokasi operasi, perdarahan hingga berkurangnya fungsi usus.

Dengan persiapan operasi caesar yang baik, Moms bisa menghindari segala jenis risiko tersebut, lho.

Persiapan-persiapan penting sebelum operasi caesar

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat prosedur operasi bisa berjalan lebih lancar, Moms bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Hindari makanan padat sebelum operasi

Persiapan ini sebaiknya Moms lakukan 8 jam sebelum operasi caesar. Tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan muntah-muntah atau komplikasi paru-paru.

Sebagai gantinya, Moms bisa meminum cairan suplemen karbohidrat, asalkan tidak memiliki diabetes. Selain itu Moms juga boleh meminum air putih atau jus. Cairan ini bisa dikonsumsi 2 jam sebelum operasi dilakukan. 

Meskipun Moms diperbolehkan untuk minum cairan, baik itu air putih atau jus sebelum operasi, tapi alangkah baiknya konsultasikan dulu kepada dokter supaya jadwal operasi tidak terganggu.

2. Mandi dengan sabun khusus

Malam atau pagi hari sebelum menjalani operasi caesar, tim medis bisa saja meminta agar Moms mandi dengan sabun khusus. Persiapan operasi caesar ini bertujuan untuk membunuh bakteri di kulit dan menurunkan risiko infeksi akibat operasi.

Meskipun terkesan remeh, tapi infeksi adalah salah satu risiko yang paling berbahaya dari operasi caesar yang tidak boleh disepelekan.

3. Jangan cukur rambut di perut atau kemaluan

Mungkin Moms berniat membantu, tapi mencukur rambut di perut dan kemaluan ternyata juga bisa meningkatkan risiko infeksi setelah operasi. Hal ini karena setelah mencukur rambut, Moms akan meninggalkan tanda yang menyebabkan infeksi.

Oleh karena itu, salah satu persiapan operasi caesar yang mesti Moms ikuti adalah tidak mencukur rambut di wilayah ini.

Kalaupun Moms memang terpaksa mencukurnya, gunakan gunting dan bukan silet atau pisau cukur.

4. Diskusikan persiapan operasi caesar dengan dokter

Sebelum operasi dilakukan, Moms perlu berdiskusi dengan dokter terkait beberapa hal. Salah satunya yakni dengan teknik apa nantinya luka operasi ditutup.

Ini karena beberapa rumah sakit memiliki standar masing-masing terkait penutupan luka operasi. Jika Moms pernah melakukan operasi caesar, tentu Moms akan tahu mana teknik yang akan dipilih.

Tapi jika ini adalah operasi caesar untuk kali pertama, kenali dan pelajari dulu metodenya supaya Moms lebih tahu apa yang akan terjadi setelah operasi dilakukan. Lalu jangan lupa juga untuk mendiskusikan pengobatan apa yang harus Moms jalani setelah operasi.

Hal ini berkaitan dengan manajemen luka operasi dan bagaimana proses penyembuhan selanjutnya yang harus Moms jalankan. Bisa saja Moms akan diberikan obat suntik atau obat yang harus Moms masukan secara oral untuk menghilangkan nyeri pascaoperasi.

5. Siapkan kondisi fisik

Menjaga kondisi fisik sebelum operasi caesar dapat memengaruhi pergerakan tubuh nanti sesudahnya. Salah satunya kebutuhan Moms untuk menggunakan kateter.

Penggunaan kateter adalah salah satu standar dari setiap operasi. Moms biasanya diminta untuk menggunakan kateter saat dan setelah operasi.

Tapi jika bisa, jalani persiapan operasi caesar tanpa kateter dengan mempersiapkan fisik semaksimal mungkin. Dengan demikian, Moms bisa berjalan ke kamar mandi.

Semakin cepat Moms bisa mengurangi penggunaan kateter, maka semakin cepat pula Moms bisa berjalan dan ini berpengaruh terhadap percepatan proses penyembuhan juga, lho!

Moms juga bisa mengurangi kemungkinan infeksi dari penggunan kateter ini. Jangan lupa, semakin cepat Moms berjalan, maka akan membantu mengurangi kemungkinan timbulnya pembekuan darah.

6. Jadwalkan operasi dengan tepat

Persiapan operasi caesar yang terakhir adalah jadwalkan hari operasi dengan tepat. Sebaiknya tunggu hingga minggu ke-39 masa kehamilan untuk melakukan operasi ini.

Waktu yang tepat akan membuat bayi lahir dengan kesehatan yang maksimal.

Demikianlah persiapan operasi caesar yang perlu Moms ketahui. Terencana atau tidak, melakukan persiapan ini adalah hal yang penting untuk terhindar dari efek sampingnya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Verywellfamily (2020) diakses 25 September 2020. 7 Tips for a Safer C-Section 
  2. Verywellfamily (2020) diakses 25 September 2020. The Risk of Birth by Caesarean Section
  3. National Center For Biotechnology Information (2020) diakses 25 September 2020. Caesarean Section
  4. UT Southwestern Medical Center (2018) diakses 25 September 2020. Having a C-section? What pregnant women should know
    register-docotr