Kehamilan

Masa Ternyaman Ibu dan Calon Buah Hati, Begini Perkembangan Janin 5 Bulan

October 5, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Saat usia kandungan 5 bulan bisa dikatakan merupakan masa ternyaman baik bagi Ibu maupun calon buah hati. Tak lagi merasakan mual, sebaliknya bumil mulai menikmati keintiman dengan sang jabang bayi. Nah untuk lebih jelasnya, yuk kita simak perkembangan janin 5 bulan di sini Moms!

Baca Juga: Bisa Cegah Cacat pada Bayi, Ini Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil, Moms!

Perubahan yang terjadi seiring perkembangan janin 5 bulan

Bagi sebagian wanita hamil usia 5 bulan merupakan masa indah dan paling nyaman dalam proses kehamilan. Moms sudah tidak terlalu merasakan mual yang luar biasa lagi, bagaimana sih perkembangan janin 5 bulan?

Pada masa trimester kedua ini dianggap sebagai saat paling aman untuk bepergian atau berlibur. Tubuh Moms mulai dapat menyesuaikan diri, termasuk menahan muntah saat hamil 5 bulan dan semakin mampu untuk melakukan aktivitas dengan perut yang membesar.

Moms juga mulai dapat merasakan dan menikmati gerakan buah hati di dalam kandungan lho. Bahkan ia mampu mengenali lingkungan di sekitarnya. Secara fisik, alis mata dan rambut halus yang sifatnya sementara mulai tumbuh di kepala.

Rambut Moms biasanya akan rontok setelah dua minggu si kecil lahir. Panjang tubuhnya sudah mencapai kurang lebih 25 sentimeter pada usia kehamilan lima bulan ini.

Sang buah hati juga sudah mulai memiliki waktu tidur atau beraktivitas yang tidak sama dengan ibunya lagi. Hal ini membuat Moms seringkali merasakan buah hati menendang dan bergerak sangat aktif di dalam perut justru saat bersiap untuk tidur di malam hari.

Seorang wanita dengan perut hamil 5 bulan dikatakan sudah memiliki bayi yang siap lahir, namun dalam ukuran yang sangat kecil. Organ pankreas makin matang, bibir makin terbentuk, dan mata terlihat makin sempurna.

Tetapi iris atau bagian dalam bola mata masih membutuhkan lebih banyak pigmen dan kelopak serta alis matanya sudah terbentuk. Lalu, hamil 5 bulan berapa minggu? simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

Perkembangan janin 5 bulan: 21 minggu

  • Kelopak mata sang bayi sudah selesai terbentuk
  • Berat badan bayi kini mulai lebih berat dari plasenta
  • Tubuhnya diliputi bulu-bulu halus bernama lanugo yang diduga berperan menjaga tubuh bayi tetap pada suhu yang diperlukan. Lanugo biasanya akan menghilang sebelum bayi lahir.
  • Sang bayi sudah mulai bergerak-gerak dan sementara itu organ pencernaannya juga menjadi makin matang
  • Vagina pada bayi wanita telah terbentuk dan akan terus berkembang hingga masa kelahiran
  • Bayi memperoleh oksigen dari Moms melalui plasenta. Paru-parunya memang belum berfungsi dengan baik, namun bayi mulai berlatih bernapas untuk mempersiapkan diri hidup di luar rahim.

Perkembangan janin 5 bulan: 22 minggu

perkembangan janin 5 bulan
Hasil USG janin usia 5 bulan. Foto:Babycentre
  • Secara fisik usia janin 5 bulan sudah mirip dengan bayi baru lahir, namun dalam ukuran yang jauh lebih kecil
  • Janin juga mulai menumpuk kotoran (feses) di ujung duburnya dan akan keluar ketika dilahirkan berupa kotoran berwarna hitam (mekonium)
  • Pada beberapa kehamilan, kulit ibu hamil akan lebih glowing di masa-masa ini. Rambut Moms biasanya juga akan terasa lebih lebat karena pengaruh hormon estrogen berlebih
  • Sudah mulai tumbuh kuku di ujung jari
  • Mata bayi sudah mulai terbentuk di bagian bawahnya tetapi belum memiliki pigmen.

Perkembangan janin 5 bulan: 23 minggu

  • Sumsum tulang belakang bayi mulai bisa memproduksi sel darah merah
  • Jantungnya akan memompa darah lebih kencang untuk dialirkan ke seluruh tubuhnya
  • Pendengaran makin sempurna, di mana sang buah hati sudah bisa mendengar detak jantung dan bunyi pergerakan dalam perut Moms. Termasuk juga suara dari luar, seperti suara anjing menyalak, suara TV, dan suara percakapan di sekitar.
  • Moms mungkin akan mulai mengalami sembelit karena perkembangan bayi akan makin menekan rektum yang sekaligus memperlambat sistem pencernaan

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru! Inilah Perbedaan Maag dan Asam Lambung

Perkembangan janin usia 5 bulan: 24 minggu

  • Fungsi otak di usia ini akan berkembang dengan cepat
  • Sidik jari sang buah hati juga sudah mulai terbentuk
  • Paru-parunya juga sudah berkembang dan mulai terbentuk cabang-cabang pernapasan
  • Moms sudah dapat melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) 3D atau 4D untuk melihat bentuk wajah sekaligus memantau perkembangannya
  • Janin juga sudah bisa melakukan beberapa ekspresi muka karena otot wajahnya mulai terbentuk dan bisa difungsikan
  • Kulit Moms mungkin akan mengalami stretchmark pada usia ini yang bisa ditandai dengan munculnya garis merah dan terasa gatal

Meski sakit pinggang saat hamil 5 bulan dan perut nyeri saat hamil 5 bulan akan kerap dirasakan, namun Moms tak perlu lagi risau. Moms bisam menikmati setiap keintiman yang terjadi antara Moms dan sang buah hati setiap hari sampai hari persalinan tiba.

Perasaan yang tenang dan bahagia tentu juga baik untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan, selain juga tetap menjaga nutrisi.

Fakta seputar hamil 5 bulan

Banyak yang masih mempertanyakan jika hamil 5 bulan berapa minggu dan bentuk janin 5 bulan. Nah, hamil 5 bulan berapa minggu biasanya sudah memasuki minggu ke-21 hingga minggu ke-24.

Pada usia 21 minggu, bentuk janin 5 bulan sudah mulai semakin terlihat dengan jelas. Selain bentuk janin 5 bulan yang jelas, usia 21 hingga 24 minggu biasanya bayi memiliki berat 360 gram da panjang hampir 26,7 cm.

Perut hamil 5 bulan juga akan terlihat semakin besar dan terlihat banyak pergerakan dari bayi.

Seorang wanita dengan perut hamil 5 bulan perlu memperdengarkan bayi suara-suara karena mulai bisa mengenali dengan baik. Berbicara, membaca, dan bernyanyi untuk bayi merupakan cara yang bagus untuk memulai ikatan bahkan sebelum ia lahir.

Sakit pinggang dan perut nyeri bisa dirasakan ketika sudah memasuki usia kehamilan 5 bulan. Sakit pinggang saat hamil 5 bulan dan perut nyeri saat hamil 5 bulan terjadi akibat pergerakan bayi dalam kandungan yang semakin kuat.

Jika sakit pinggang saat hamil 5 bulan atau perut nyeri saat hamil 5 bulan semakin parah, maka bisa bicarakan dengan dokter. Tak hanya itu, jika masih kerap mengalami muntah saat hamil 5 bulan juga perlu dikonsultasikan.

Penyebab muntah saat hamil 5 bulan akan diketahui dan perawatan tepat bisa segera dilakukan. Perlu diketahui pula, hamil 5 bulan boleh berhubungan dengan pasangan selama terasa nyaman.

Karena itu, beri tahu pasangan bahwa hamil 5 bulan boleh berhubungan dan merupakan hal yang normal. Meski hamil 5 bulan boleh berhubungan, namun bisa saja menyebabkan rasa canggung karena perut semakin besar.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr