Kehamilan

Tendangan Pertama hingga Bisa Mendengar, Ini Perkembangan Janin 4 Bulan dalam Kandungan

June 21, 2020 | Putri Prima Soraya
feature image

Moms, sangat wajar saat memasuki trimester dua, kamu merasakan babak baru dalam kehamilan. Jika pada trimester awal Moms masih belum banyak mengalami perubahan, perkembangan janin 4 bulan akan membawa banyak perubahan bagi Moms.

Pada bulan ke-4 Moms mulai akan merasakan pergerakan janin, ukuran janin juga tentu saja semakin membesar. Jika Moms penasaran apa saja perkembangan janin setelah 4 bulan, Moms bisa membaca artikel di bawah ini hingga selesai. Selamat membaca!

Baca Juga: Moms, Tidak Hanya untuk sang Buah Hati, Manfaat ASI Juga Baik untuk Kamu

Kehamilan trimester ke-2

Pada fase kehamilan trimester ke-2, sering dianggap sebagai bagian terbaik dari pengalaman selama kehamilan. Pada saat ini, mual-mual di pagi hari mungkin sudah hilang dan ketidaknyamanan kehamilan dini telah memudar.

Bentuk wajah dari janin mulai berkembang selama bulan ini. Moms juga dapat mulai merasakan gerakan saat sang calon bayi membalik dan berputar di dalam rahim. Selama trimester ini, banyak orang tua yang sudah dapat mengetahui jenis kelamin calon bayinya.

Ilustrasi trimester ke 2 kehamilan. Foto www.gdesignsgallery.com

Perkembangan janin 4 bulan

Pada usia kehamilan 4 bulan, sang calon ibu akan mendapatkan banyak kejutan mengenai perkembangan janinnya pada bulan ke-4 yang terjadi di tubuh sang ibu. Di bawah ini merupakan perkembangan yang terjadi pada janin berumur 4 bulan:

1. Berat badan dan ukuran panjang janin akan bertambah

Pada bulan keempat, sang calon bayi akan memiliki ukuran kira-kira sebesar buah jeruk besar yang beratnya sekitar enam ons dan panjangnya 6 sampai 7 inci.

Pada akhir bulan keempat kehamilan, rahim sang ibu akan seukuran kepala kubis. Bagian atas rahim terletak di bawah pusar.

2. Perkembangan janin 4 bulan ditandai organ reproduksi dan genital mulai terbentuk

Pada bulan ke-4 dalam kehamilan, organ reproduksi dan genital sekarang sepenuhnya berkembang, dan penyedia layanan kesehatan dapat melihat melalui USG jika Moms ingin mengetahui apakah Moms akan memiliki anak laki-laki atau perempuan.

3. Detak jantung janin mulai terasa

Pada usia kehamilan 4 bulan, sekarang Moms bisa mendengar detak jantung sang janin melalui alat yang disebut Doppler.

4. Pendengaran janin mulai berfungsi

Pemeriksaan bulan ke-4, dokter kandungan mungkin akan sering menganjurkan agar kamu sering mengajak mengobrol sang calon buah hati. Hal tersebut dikarenakan pada bulan ke-4 pendengaran janin sudah mulai berfungsi.

Tulang kecil di telinga janin pada usia 4 bulan sudah terbentuk, sehingga kemungkinan bayi bisa mendengar suara ketika kamu mengajaknya berbicara.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bayi yang mendengar lagu saat mereka berada di dalam rahim, dapat mengenali nada yang sama ketika lagu itu dinyanyikan kepada mereka setelah mereka lahir.

5. Perkembangan janin 4 bulan yakni munculnya tendangan pertama

Pada usia 4 bulan, janin mungkin akan melakukan gerakan tertentu. Meskipun kadang sang calon ibu masih tidak merasakan gerakan apa pun dari calon bayi sampai bulan depan, janin sudah mulai melakukan pergerakan di dalam rahim sang ibu.

Sebagai contoh, adalah umum bagi bayi untuk melenturkan tangan dan kaki mereka dan mengepalkan tangan pada bulan keempat. Tidak akan lama setelahnya sang ibu akan merasakan tendangan pertama.

6. Organ mata pada janin mulai berfungsi

Pada kehamilan empat bulan, otot-otot wajah pada janin telah cukup berkembang sehingga mata mereka bekerja dan mereka dapat menyipit, bahkan membuat gerakan dari sisi ke sisi.

Meskipun kelopak mata mereka masih tertutup, mata mereka sudah dapat melihat cahaya pada usia ini.

Baca Juga: Bisa Cegah Cacat pada Bayi, Ini Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil, Moms!

7. Kulit janin mulai terlihat walaupun masih transparan

Pada kehamilan bulan ke-4 pemeriksaan USG sudah dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai bentuk wajah bayimu. Telinga, mata, hidung, rambut, dan dan bagian wajah lainnya menjadi lebih jelas

Nah itu dia beberapa hal mengenai perkembangan janin pada bulan ke-4 yang perlu Moms ketahui. Sebenarnya masih banyak perkembangan lainnya yang dapat terjadi pada kehamilan bulan ke-4, kondisi perkembangan janin juga dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Selalu konsultasikan masa kehamilan dengan dokter kandungan dan tidak lupa juga untuk memerhatikan asupan gizi untuk kamu dan bayi.

Jika punya pertanyaan lebih lanjut mengenai perkembangan janin 4 bulan dan kehamilan lainnya. Jangan ragu berkonsultasi online di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Sutter Health. Diakses pada 15/06/20. Second Trimester Fetal Development

WebMD (2018). Diakses pada 15/06/20. 4 to 6 Months Pregnant – 2nd Trimester Baby Growth & Development

Planned Parenthood. Diakses pada 15/06/20. Happens at 4 Months of Pregnancy? | 16 Weeks Pregnant

What To Expect (2018). Diakses pada 15/06/20.16 Weeks Pregnant | Belly, Symptoms, & More

Clevelandclinic (2020). Diakses pada 15/06/20.Fetal development: Month-By-Month Stages of Pregnancy

Mom Junction (2020). Diakses pada 15/06/20. 4 Months Pregnant: Symptoms, Baby Development And Diet Tips

 

    register-docotr