Kehamilan

Mau Operasi Caesar Kedua Kali? Catat Manfaat, Risiko dan Persiapannya!

September 28, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Jika Moms sudah pernah menjalani operasi caesar pertama, tentu saja ini dapat menjadi bekal tersendiri ketika Moms harus menghadapi operasi caesar kedua. Meskipun demikian, ada beberapa pertimbangan lho yang harus Moms perhatikan, apa saja?

Operasi caesar adalah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk melahirkan bayi melalui sayatan di perut dan rahim. Operasi caesar sendiri biasanya dilakukan jika operasi normal dapat membahayakan nyawa ibu atau bayi atau karena beberapa komplikasi lain.

Baca juga: Prosedur Operasi Caesar dan Kisaran Biayanya

Apa saja manfaat operasi caesar kedua?

Moms, memutuskan untuk melahirkan buah hati selanjutnya memang merupakan hal yang rumit, terutama jika Moms pernah menjalani operasi caesar.

Meskipun demikian, ada beberapa manfaat yang bisa Moms peroleh jika nantinya Moms diharuskan untuk menjalani operasi caesar kedua. Berikut adalah manfaat tersebut:

1. Kecemasan lebih berkurang

Jika Moms pernah menjalani melahirkan secara caesar ini berarti Moms sudah mengetahui apa saja prosedur yang akan dijalani. Oleh karena itu, Moms lebih siap secara mental dan fisik untuk melakukan operasi caesar kedua.

Hal ini tentu saja dapat membuat Moms merasa lebih terkendali dan tidak terlalu cemas akan prosedur yang harus dijalani.

2. Risiko ruptur uteri lebih rendah

Operasi caesar kedua dapat membuat Moms lebih rendah mengalami ruptur uteri atau rahim robek dibandingkan dengan VBAC (kelahiran normal setelah riwayat operasi caesar).

3. Terhindar dari rasa sakit persalinan

Operasi caesar dapat membuat Moms terhindar dari rasa sakit berjam-jam saat persalinan. Namun, jahitan dan perut Moms mungkin akan terasa sakit selama beberapa hari setelah operasi caesar.

Meskipun demikian, Moms akan menerima obat penghilang rasa sakit dan antibiotik untuk menahan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

4. Lebih aman melahirkan bayi besar

Untuk melahirkan bayi yang lebih besar secara normal ini akan sulit dilakukan, terutama apabila Moms pernah menjalani operasi caesar sebelumnya. Dalam keadaan seperti ini, dokter mungkin saja akan merekomendasikan operasi caesar.

5. Tidak ada jahitan di vagina dan perdarahan berat

Persalinan normal memang lebih baik, tetapi bukan berarti ini tidak memiliki kekurangan. Risiko perdarahan vagina yang berat serta nyeri pada jahitan vagina dapat terjadi. Semua ini dapat dihindari dengan menjalani operasi caesar.

Risiko operasi caesar kedua

Moms, sebenarnya tidak ada angka pasti berapa banyak operasi caesar yang dapat dilakukan. Akan tetapi, setiap kali Moms menjalani operasi caesar, ini mungkin saja melibatkan komplikasi dan risiko daripada persalinan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa risiko operasi caesar kedua yang perlu Moms perhatikan.

1. Masalah dengan plasenta

Semakin banyak operasi caesar yang Moms lakukan, maka semakin besar pula risiko mengalami masalah dengan plasenta.

Misalnya saja plasenta yang ditanamkan terlalu dalam ke dinding rahim (plasenta akreta) atau bahkan plasenta yang menutupi sebagian atau seluruh pembukaan serviks (plasenta previa).

Kedua kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, perdarahan yang berlebihan, serta kebutuhan akan transfusi darah.

2. Komplikasi terkait adhesi

Adhesi atau pita jaringan seperti parut dapat berkembang selama operasi caesar. Adhesi yang padat dapat membuat operasi caesar kedua semakin sulit dan meningkatkan risiko cedera kandung kemih atau usus.

Tak hanya itu, ini juga dapat meningkatkan risiko perdarahan yang berlebihan.

3. Risiko infeksi

Ketika Moms menjalani operasi caesar untuk kedua kalinya atau berulang, Moms memiliki risiko yang lebih besar mengalani infeksi. Hal ini karena bakteri yang terdapat pada vagina bisa masuk ke rahim.

Infeksi dapat terjadi di tempat sayatan dan dalam beberapa kasus infeksi juga dapat menyebar ke organ tubuh lainnya.

Apa saja persiapan operasi caesar kedua?

Jika Moms dan dokter sudah menyetujui untuk melakukan operasi caesar, berikut adalah beberapa persiapan yang perlu Moms lakukan.

  • Moms harus berpuasa. Ini berarti tidak ada makanan atau minuman, termasuk air selama 6-8 jam sebelum operasi caesar yang telah direncanakan
  • Moms akan menjalani pemeriksaan darah
  • Jangan takut untuk bertanya kepada dokter atau bidan jika Moms merasa khawatir
  • Diskusikan dengan dokter bagaimana sayatan harus ditutup
  • Selalu berpikir positif menjelang persalinan
  • Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh

Itulah beberapa informasi mengenai operasi caesar kedua. Jika Moms memiliki pertanyaan lain terkait masalah ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ya. Dokter akan memberikan saran terbaik untuk Moms dan calon buah hati.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Better Health Channel. Diakses pada 25 September 2020. Caesarean Section 

Firstcry.com (2018). Diakses pada 25 September 2020. Multiple or Repeat Caesarean Section – Benefits and Risks 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 25 September 2020. C-section 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 25 September 2020. Repeat C-sections: Is There a Limit? 

UT Southwestern Medical Center (2018). Diakses pada 25 September 2020. Having a C-section? What Pregnant Women Should Know 

    register-docotr