Kehamilan

Moms Wajib Tahu! Ini 7 Penyebab Bayi Suka Menendang di Dalam Perut

December 6, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Merasakan tendangan bayi adalah bagian normal dari kehamilan. Walaupun terkadang tendangan tersebut membuat Moms merasa tidak nyaman, tetapi hal tersebut menjadi momen yang membahagiakan.

Tak sekadar mengajak bermain, ada beberapa faktor penyebab lain bayi senang menendang dari dalam perut. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

Faktor-faktor penyebab bayi menendang di dalam perut 

Dilansir Healthline, tendangan janin pada trimester ketiga membantu bayi mengembangkan area otak yang terkait dengan masukan sensorik. Mereka juga terikat untuk membantu bayi membentuk kesadaran akan tubuh mereka sendiri. 

Semua ibu hamil pasti akan merasakan saat-saat ketika mereka bisa merasakan bayi mereka di dalamnya. Tetapi sebenarnya ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu si Kecil memasuki kandungan di trimester kedua dan ketiga, saat kamu bisa merasakan gerakan janin. 

Berikut ini beberapa penyebab bayi menendang di dalam perut seperti dilansir dari What to Expect:

1. Saat ada asupan manis tambahan

Perlu Moms ketahui bahwa bayi merespons peningkatan gula darah di dalam tubuhmu.

Beberapa contoh makanan camilan sehat yang dapat memicu bayi bergerak seperti keju, roti panggang selai kacang, yoghurt, buah dan kacang. 

2. Saat perut diterangi cahaya

Pada minggu ke-22, janin mungkin bisa merasakan terang dan gelap. Jadi Moms mungkin merasakan calon bayi yang bereaksi jika disinari dengan senter. Bayi bisa saja berbalik atau menjauh dari sorotan cahaya lampu senter, lho.

3. Saat diajak berbicara

Pendengaran janin mulai berkembang sekitar minggu ke-16 dan pada minggu ke-22. Di waktu tersebut, bayi sudah bisa mendengar suara, aliran darah, dan bahkan suara keras di rumah dan suara lainnya. 

Bayi bahkan mungkin bereaksi dengan menoleh, menggeliat, atau melompat saat refleks kagetnya muncul.

Jadi, bicaralah dengan bayi sejak dalam kandungan. Ini merupakan salah satu cara yang baik untuk membuatnya aktif.

4. Saat detak jantung ibu berdegup lebih cepat dari normal

Adrenalin yang mengalir melalui pembuluh darah saat perut penuh, akan membuat bayi turut merasakannya. Jadi, jika menonton adegan film tertentu yang menegangkan (atau memikirkan tentang persalinan) yang membuat Moms gelisah akan membuat bayi bergerak. 

Oleh sebab itu, hindarilah memiliki perasaan yang buruk, karena bayi dapat merespons suasana hati Moms sejak di dalam kandungan. 

5. Saat ibu berbaring telentang

Saat Moms berbaring, si Kecil biasanya akan lebih sering menendang dalam perut. Ya, saat Moms berhenti bergerak dan berbaring, janin dalam perut akan menyadarinya. Ia akan terbangun dan membuat gerakan menendang dari dalam perut.

6. Saat ibu mandi air hangat

Mandi air hangat menjadi penyebab bayi menendang dalam perut. Tak  hanya akan membuat ibu saja yang merasakan rileks, janin dalam kandungan pun merasakannya. Nah, tendangan yang dilakukan bayi adalah refleks ia merasa nyaman.

7. Saat mendengar suara nyanyian

Nyanyikan lagu pengantar tidur atau nyalakan musik untuk bayi. Ia mungkin akan merespons dengan gerakan yang dapat Moms rasakan. Pastikan suaranya tidak terlalu keras, karena ini justru tidak baik untuk telinga bayi yang sedang berkembang.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Whattoexpect.com (2018) diakses pada 4 Desember 2020. 8 Tricks for Getting Your Baby to Move in Utero
  2. Healthline.com (2020) diakses pada 4 Desember 2020. Getting Your Baby to Move at Different Stages of Pregnancy 

 

    register-docotr