Kehamilan

Mitos-mitos Seputar Kehamilan yang Masih Dipercaya, Cek Faktanya!

July 22, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Pastinya banyak ibu hamil yang sering merasa khawatir bahkan bertanya-tanya tentang mitos kehamilan yang sering dibicarakan banyak orang. Beberapa mitos ini bahkan masih dipercaya sampai saat ini.

Supaya tidak sampai membuat khawatir berlebihan, yuk cek lagi fakta-faktanya, Moms!

Mitos kehamilan yang masih dipercaya dan faktanya

Ternyata mitos kehamilan ini masih seringkali terdengar di sekitar kita khususnya masyarakat Indonesia. Agar tidak penasaran dan khawatir lagi, inilah penjelasan mengenai mitos kehamilan, antara lain:

Mengonsumsi nanas dapat keguguran

Memang pada dasarnya mengonsumsi nanas tidak disarankan untuk ibu hamil, tetapi hal tersebut tidak otomatis dapat membuat keguguran.

Kamu tetap boleh mengonsumsi nanas saat hamil, selama porsinya tidak berlebihan, cukup beberapa keping dagingnya saja. Buah ini mengandung bromelain, yakni enzim yang dapat memberi reaksi kontraksi uterus apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Bentuk perut saat kehamilan

Mitos kehamilan selanjutnya yakni tentang bentuk perut selama hamil. Jika perut Moms berbentuk condong ke depan, dipercaya bayinya berjenis kelamin laki-laki. Sementara itu, jika bentuk perutnya melebar ke samping, maka bayi berjenis kelamin perempuan.

Pada umumnya bentuk perut Moms saat hamil, tergantung dari seperti apa bentuk awal perut sebelum hamil. Termasuk faktor jumlah lemak yang ada pada tubuh, kekuatan otot-otot perut, berapa jumlah bayi yang dikandung, tinggi badan Moms dan posisi janin.

Memotong rambut membuat bayi cacat

Mitos yang satu ini seringkali terdengar jika ada ibu hamil yang berniat untuk memotong rambutnya pada masa kehamilan. Faktanya memotong rambut pada saat hamil muda maupun hamil tua diperbolehkan tetapi ada syarat dan ketentuannya.

Syaratnya adalah tidak menggunakan obat-obatan kimia yang berbahaya bagi ibu hamil dan sebaiknya gunakan bahan alami untuk melakukan perawatan rambut.

Mengonsumsi makanan pedas bisa membuat kontraksi

Pasti banyak Moms yang saat hamil ingin sekali mengonsumsi makanan pedas untuk menggugah selera makan. Tetapi adanya mitos yang mengatakan bahwa makan pedas saat hamil dapat menyebabkan kontraksi dan mengganggu perkembangan janin, Moms mengurungkan niat tersebut.

Sebenarnya mengonsumsi makanan pedas saat hamil diperbolehkan karena tidak berbahaya bagi bayi, tetapi hanya saja dapat membuat pencernaan Moms terganggu dan memperparah morning sickness. Jadi, tetap batasi porsinya!

Mengonsumsi kacang hijau supaya rambut bayi lebat

Memang mengonsumsi kacang hijau saat hamil sangat disarankan karena kandungan vitamin yang baik untuk Moms dan bayi. Tetapi pada dasarnya pertumbuhan rambut bayi tergantung pada faktor genetik orang tua.

Minum air kelapa membuat kulit bayi mulus

Air kelapa sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Tetapi air kelapa tidak dapat mengubah warna kulit seseorang.

Mengidam tidak dituruti membuat bayi mengiler

Inilah mitos kehamilan yang seringkali dibicarakan pada ibu hamil. Ternyata tidak ada hubungannya dengan mengidam dan mengiler, Moms. 

Mengiler atau drooling terjadi ketika produksi air liur berlebihan. Selain menjaga mulut tetap lembap, air liur juga berfungsi untuk melembutkan makanan bayi, mempermudah menelan, melindungi gigi dari kerusakan dan membuang sisa-sisa makanan.

Menggunakan benda tertentu untuk mengusir makhluk halus

Masyarakat Indonesia percaya bahwa saat seseorang sedang hamil muda seringkali diganggu oleh makhluk halus. Beberapa orang berpendapat bahwa menyematkan peniti, gunting, dan bangle (tanaman obat dengan rasa dan aroma tidak enak) di baju atau pakaian dalamnya dapat terhindar dari gangguan tersebut.

Tetapi dari sisi medis benda-benda yang katanya ‘jimat’ tersebut tidak memilik efek sama sekali bagi kesehatan dan keselamatan bumil maupun janinnya. Jika Moms dan bayinya mau sehat, tentu saja harus makan-makanan bergizi, tidak boleh capek dan stres, ya.

Jadi, mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi ya dengan segala mitos kehamilan yang seringkali membuat Moms khawatir. Semoga Moms dan bayinya sehat selalu!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr