Kehamilan

Agar Bayi Lahir Tak Cacat, Yuk Kenali Manfaat Taoge untuk Ibu Hamil

July 24, 2020 | Dani Kosasih
feature image

Manfaat taoge untuk ibu hamil cukup banyak. Namun, Moms harus memerhatikan dengan betul bahwa taoge yang Moms konsumsi telah benar-benar matang.

Pasalnya, mengonsumsi taoge mentah justru sangat berbahaya bagi kesehatan Moms yang sedang hamil.

Taoge yang masih mentah mengandung bakteri salmonella dan escherichia coli (E. coli). Bakteri ini paling sering menyebabkan keracunan makanan.

Manfaat taoge untuk ibu hamil

Taoge mengandung banyak nutrisi baik bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi saat Moms sedang hamil. Nutrisi yang terkandung dalam taoge terdiri dari vitamin B, C, B1, B6, K dan A.

Selain itu, tauge juga dapat menjadi sumber makanan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, serta asam lemak omega 3.

Taouge juga menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan enzim yang diperlukan untuk seluruh tubuh. Enzim ini dapat meningkatkan energi tubuh hingga membuat Moms yang sedang hamil merasa sehat dan bugar.

Berikut beberapa manfaat taoge untuk ibu hamil:

Baik untuk pencernaan

Karena mengandung sejumlah besar serat dan air, taoge mampu membantu menguras partikel berbahaya di dalam usus besar. Kondisi ini sangat membantu menekan kotoran di usus besar.

Selain itu, taoge juga membantu tubuh menghindari penumpukan senyawa beracun yang dapat meningkatkan pertumbuhan benih kanker.

Kebanyakan ibu hamil memiliki kesulitan buang air besar. Dengan mengonsumsi taoge, proses pencernaan dalam tubuh pasti akan terbantu.

Taoge kaya akan folat yang bermanfaat untuk bayi

Taoge memiliki kandungan asam folat tinggi yang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan DNA pada calon bayi.

Asam folat dari taoge mampu mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat mental karena kekurangan asam folat.

Bermanfaat bagi kesuburan

Tauge dipercaya memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat meningkatkan kesuburan pria dan wanita pada masa produksi.

Selain itu, vitamin E dalam taoge juga bermanfaat melindungi sel telur atau mungkin sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Taoge membuat kulit menjadi sehat

Kandungan vitamin E pada taoge juga mampu melindungi kulit Moms dari serangan radikal bebas sehingga membantu menyegarkan dan menyehatkan kulit.

Selain vitamin E, kandungan protein pada taoge juga diperlukan pada masa pergantian kulit.

Membantu mencegah keguguran

Taoge mengandung antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu stabilitas dalam tubuh dan dipercaya mampu mencegah keguguran saat Moms sedang hamil.

Taoge dapat mengatasi osteoporosis

Kandungan estrogen dalam tauge dapat meningkatkan kepadatan tulang serta strukturnya. Selain itu, taoge juga dipercaya mampu menghentikan keropos tulang (osteoporosis).

Bagi Moms yang mengonsumsi taoge secara teratur akan membantu mencegah kanker payudara, masalah menstruasi, gejala pra-menopause, serta masalah karena menopause.

Membantu proses pembentukan tulang pada bayi

Taoge mengandung kalsium, asam amino dan protein yang mampu membantu menyempurnakan pembentukan tulang dan otot pada bayi saat masa kehamilan.

Mencegah anemia pada ibu hamil

Kandungan taoge kaya akan zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin di dalam tubuh. Hemoglobin merupakan protein yang terkandung dalam sel darah merah.

Oleh karena itu, konsumsi taoge membantu Moms yang sedang hamil mengurangi kemungkinan terkena anemia.

Mengatasi sembelit

Karena taoge terdiri dari serat, maka taoge cenderung memiliki kemampuan untuk meningkatkan motilitas usus.

Taoge membantu usus beristirahat dari tanda-tanda dan gejala masalah usus yang biasanya dialami oleh Moms yang sedang hamil.

Menjaga kesehatan hati

Tauge sangat bagus untuk mempertahankan kesehatan hati. Lesitin pada taoge membantu Moms menjaga kadar kolesterol darah.

Selain itu, taoge juga membantu mengurangi penumpukan lemak hati yang akan mengarah pada gangguan hati.

Syarat mengonsumsi taoge untuk ibu hamil

Melansir laman beingtheparent.com, berikut beberapa cara yang harus Moms perhatikan dalam mengolah taoge agar tidak berbahaya:

  • Cuci taoge hingga bersih di bawah air mengalir untuk menghilangkan bakteri
  • Masak taoge hingga matang
  • Pastikan untuk mengonsumsi taoge yang telah dimasak dengan baik
  • Hindari mengonsumsi taoge sepenuhnya jika Moms tidak dalam kondisi sehat
  • Saat Moms makan taoge di luar rumah, pastikan taoge yang Moms konsumsi bukan taoge mentah.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. beingtheparent.com. Diakses 20 Juli 2020. https://www.beingtheparent.com/is-it-safe-to-have-sprouts-during-pregnancy/

2. healthbenefitstimes.com. Diakses 20 Juli 2020. https://www.healthbenefitstimes.com/bean-sprouts/

3. dovemed.com/ (2018). Diakses 20 Juli 2020. https://www.dovemed.com/healthy-living/natural-health/7-health-benefits-of-bean-sprout/

4. howtoadult.com (2017). Diakses 20 Juli 2020. https://howtoadult.com/pregnancy-bean-sprouts-5345169.html

5. mayoclinic.org. Diakses 20 Juli 2020. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20043844

6. nhs.uk. Diakses 20 Juli 2020. https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/sprouted-seeds-safety-advice/

7. growyourpantry.com (2020). Diakses 20 Juli 2020. https://growyourpantry.com/blogs/sprouting/sprouts-during-pregnancy-a-thorough-guide

8. cfaes.osu.edu (2018). Diakses 20 Juli 2020. https://cfaes.osu.edu/news/articles/chow-line-raw-or-lightly-cooked-sprouts-not-safe-eat-for-certain-populations

    register-docotr