Kehamilan

Baik bagi Janin, Ini 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil!

August 21, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Salah satu upaya memberikan yang terbaik untuk bayi adalah dengan meminum susu secara rutin. Bicara soal susu, apa Moms tahu kalau manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga tidak kalah dari susu sapi?

Selain tak kalah enak, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil tidak boleh disepelekan lho, Moms. Agar lebih jelas, yuk intip ulasannya di bawah ini.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Apa saja manfaat konsumsi susu kedelai untuk ibu hamil, ya?

Memiliki berbagai jenis protein yang baik

Susu kedelai dapat dikonsumsi ibu hamil sebagai salah satu pilihan sumber protein. Beberapa jenis protein yang terdapat di dalam susu kedelai adalah treonin, arginin, isoleusin, glisin dan lisin.

Semua diketahui berperan besar dalam memastikan perkembangan organ tubuh janin agar berjalan dengan sempurna. Selain itu asam amino dalam susu kedelai juga sangat berperan dalam proses pembentukan kecerdasan anak di masa depan.

Kaya akan asam folat

Asam folat diperlukan ibu hamil untuk menjaga perkembangan sistem saraf bayi selama di dalam rahim. Selain itu, nutrisi ini juga diperlukan untuk mencegah janin mengalami cacat otak.

Selain dari suplemen, asam folat secara alami juga bisa Moms dapatkan dari susu kedelai.

Baca juga: Asam Folat untuk Program Hamil, Mencegah Cacat Lahir pada Janin

Sumber energi yang baik

Menjadi ibu hamil tentu membutuhkan asupan energi yang cukup tinggi. Ini dikarenakan pada saat beraktivitas, Moms harus menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi di dalam rahim.

Untuk memenuhi hal tersebut, Moms bisa meminum susu kedelai secara rutin. Minuman yang satu ini dikenal atas kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi.

Mengandung berbagai jenis vitamin

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang selanjutnya datang dari berbagai vitamin yang ada di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah:

Vitamin A

Vitamin A dalam susu kedelai adalah salah satu komponen yang berpengaruh dalam perkembangan organ janin, misalnya mata.

Selain itu vitamin ini juga baik untuk menjaga kondisi daya tahan tubuh, produksi sel-sel kulit, dan membangun jutaan kantung udara kecil yang dinamakan alveoli pada paru-paru janin.

Vitamin B1

Meski masih berada di dalam rahim, namun kondisi janin telah banyak mengalami perkembangan. Salah satunya adalah pada otak. Agar otak janin berkembang optimal, Moms dapat memenuhi kebutuhan vitamin B1 untuknya dengan meminum susu kedelai.

Vitamin E

Susu kedelai merupakan sumber vitamin E yang baik dikonsumsi ibu hamil. Dilansir dari Parenting First Cry, vitamin ini bisa mencegah timbulnya garis-garis stretch marks pada tubuh.

Tak hanya itu, vitamin E juga bisa melebarkan pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyumbatan darah yang membahayakan janin.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Kehamilan Ektopik: Janin Tumbuh di Luar Rahim

Sumber lemak yang baik

Selama masa kehamilan, Moms harus lebih jeli memilih sumber lemak sehat agar tidak membahayakan kesehatan si Kecil.

Adapun susu kedelai merupakan sumber lemak yang sehat karena berasal dari tumbuh-tumbuhan. Dikutip dari Everyday Health, secangkir susu kedelai hanya mengandung 0,5 gram lemak jenuh.

Ini membuat susu kedelai menjadi minuman yang rendah kalori dan sesuai dikonsumsi jika Moms sedang menjaga berat badan selama masa kehamilan.

Tak hanya itu, susu ini juga bisa menjadi alternatif minuman bagi para calon ibu yang menjalani gaya hidup vegetarian.

Demikian informasi tentang manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Yuk coba rutin konsumsi saat ini juga, Moms!

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Taking Vitamin E During Pregnancy, https://parenting.firstcry.com/articles/vitamin-e-in-pregnancy-benefits-and-food-sources/#:~:text=Vitamin%20E%20maintains%20the%20structure,of%20blood%20inside%20the%20vessels.&text=It%20is%20really%20good%20to,for%20stretch%20marks%20during%20pregnancy.

Vitamin A in pregnancy, https://www.aptaclub.co.uk/pregnancy/diet-and-nutrition/key-vitamins-and-nutrients/vitamin-a-in-pregnancy.html# diakses pada 17 Agustus 2020

Is It Safe To Drink Soy Milk During Pregnancy? https://www.momjunction.com/articles/safe-drink-soy-milk-pregnancy_0086243/ diakses pada 17 Agustus 2020

Benefits and Side Effects of Soybean Milk for Pregnant Women, http://apecaccelerator.org/benefits-and-side-effects-of-soybean-milk-for-pregnant-women/ diakses pada 17 Agustus 2020

How Safe Is Soy Milk During Pregnancy? https://www.beingtheparent.com/soy-milk-during-pregnancy/ diakses pada 17 Agustus 2020

All About Soy Milk: Nutrition, Benefits, Risks, and How It Compares With Other Milks https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/pros-cons-soy-milk/ diakses pada 17 Agustus 2020

 

 

    register-docotr