Kehamilan

Moms, Ini Lho 8 Makanan yang Cocok untuk Program Hamil

June 12, 2020 | Anisya Fitrianti
feature image

Untuk menunjang program hamil nyatanya, bukan hanya faktor gen dan kondisi tubuh saja yang dibutuhkan. Namun, makanan untuk program hamil juga memiliki peran penting. Yuk, Moms ketahui apa saja makanan yang berpengaruh untuk program hamil. Simak selengkapnya ya!

Makanan untuk program hamil

Ada ragam pilihan makanan yang dapat dikonsumsi oleh Moms untuk menunjang program hamil. Mulai dari buah-buahan, susu, dan berbagai sumber protein lain:

1. Susu 

Susu mengandung banyak kalsium, yang sangat bagus untuk kesehatan tulang dan sistem reproduksi. Mengonsumsi susu penuh lemak dapat membantu mengurangi risiko masalah kesuburan ovulasi lho, Moms.

Namun, bila Moms memiliki intoleransi laktosa, maka dapat mendapatkan kalsium melalui sumber lain seperti sayuran hijau atau tahu. 

2. Tiram

Tiram dikenal sebagai afrodisiak atau makanan yang mampu merangsang daya seksual. Jenis kerang yang satu ini mengandung banyak zinc yang sangat penting bila Moms sedang menjalani program kehamilan. 

Saat tumbuh di dalam kandungan, bayi akan menghabiskan banyak zinc yang ada di dalam tubuh Moms. Untuk itu, Moms harus selalu menjaga asupan zinc. Salah satunya dengan mengonsumsi tiram.

Namun, bila Moms tidak cocok dengan tiram, pilihlah sumber zinc lain seperti daging sapi tanpa lemak, susu, biji-bijian, telur, dan kacang-kacangan. Moms juga bisa mengonsumsi vitamin yang mengandung zinc. 

3. Buah sitrus

Buah sitrus seperti jeruk atau jeruk bali merupakan sumber vitamin C terbaik untuk Moms yang menjalani program hamil. 

Kelompok buah sitrus mengandung kalium, kalsium, folat, dan vitamin B yang dapat membantu Moms hamil dengan mengatur ovulasi dan menciptakan lingkungan sehat untuk sel telur berkembang.

Asupan vitamin C yang seimbang dalam tubuh juga penting untuk menjaga keseimbangan hormon wanita. Bila Moms kekurangan vitamin C, keseimbangan hormon dapat terganggu. 

Baca juga: Sulit Dapat Momongan?Yuk, Simak 6 Cara Agar Cepat Hamil

4. Beri

Moms, tahukah bahwa berat badan juga memiliki pengaruh pada tingkat kesulitan hamil?

Namun, jangan terlalu khawatir, bila Moms memiliki masalah dengan berat badan, kelompok buah beri dapat membantu menurunkan berat badan lho. Hal ini dikarenakan kelompok buah ini mengandung banyak serat. 

Moms bisa memilih blueberry atau raspberry, keduanya dikenal kaya akan antioksidan serta fitonutrien antiinflamasi yang membantu meningkatkan kesuburan baik untuk pria maupun wanita. 

Kandungan antioksidan dalam kelompok buah beri bermanfaat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan atau penuaan. Tidak terkecuali untuk sel telur. Sedangkan pada pria, kelompok buah ini dapat menjaga kondisi sperma agar kuat dan sehat

5. Ikan salmon

Untuk meningkatkan kesuburan dalam tubuh, pilihlah jenis ikan salmon liar. Ikan salmon kaya akan asam lemak esensial serta omega-3, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan pria maupun wanita. 

Selain itu, di dalam salmon juga ditemukan nutrisi lainnya bernama selenium. Zat ini diketahui dapat menunjang kualitas sperma yang baik pada pria.

Kemudian kandungan lainnya dalam salmon adalah vitamin D yang tinggi. Mengonsumsi vitamin D tinggi juga baik untuk menunjang program hamil. 

6. Biji bunga matahari

Mengonsumsi biji bunga matahari sangat disarankan bagi pria yang sedang menjalani program hamil dengan pasangannya. 

Biji bunga matahari adalah sumber vitamin E yang sangat baik. Kandungan vitamin E telah terbukti meningkatkan kesuburan pria. Lebih tepatnya, vitamin E mampu meningkatkan motilitas sperma, meningkatkan jumlah sperma, dan meningkatkan fragmentasi DNA.

Tak hanya itu lho Moms, biji bunga matahari juga merupakan sumber asam lemak omega 3 dan 6, selenium serta zinc yang tentunya baik untuk tubuh Moms. 

Di samping cocok untuk program hamil, nutrisi yang ada dalam ikan salmon juga penting untuk pertumbuhan janin selama masa kehamilan. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi ikan salmon ya, Moms. 

Baca juga : 6 Manfaat Buah Zuriat: Tingkatkan Kesuburan dan Baik untuk Ibu Hamil

7. Telur

Telur, terutama bagian kuningnya disarankan untuk dikonsumsi oleh Moms yang sedang menjalani program untuk hamil. Bahkan, telur juga menjadi makanan disarankan untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. 

Telur merupakan sumber vitamin B dan omega-3 yang baik dan penting untuk kesuburan. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, Moms bisa memilih telur omega yang kandungan omeganya lebih tinggi dibandingkan telur biasa. 

Selain itu, telur juga mengandung senyawa bernama kolin yang berfungsi untuk mengurangi risiko cacat lahir serta membantu perkembangan otak janin. Sehingga Moms dapat mengonsumsinya juga pada masa kehamilan. 

8. Lentil dan kacang 

Mengonsumsi lentil dan kacang-kacangan juga disarankan untuk menunjang program kehamilan, lho. Lentil mengandung senyawa polyamine spermidine tingkat tinggi, yang dapat membantu sperma membuahi sel telur. 

Tak hanya itu Moms, lentil dan kacang-kacangan juga merupakan sumber folat yang baik. Folat atau asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk dan janin supaya sehat.

Lentil dan kacang-kacangan juga kaya akan serat. Asupan serat yang baik juga berperan dalam menunjang keseimbangan hormon dalam tubuh. 

Nah, itu dia Moms deretan makanan untuk program hamil yang bisa Moms coba. Jangan lupa untuk selalu mengontrol kesehatan Moms selama menjalani program hamil ya. 

Bila Moms punya pertanyaan lain seputar kehamilan,  jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr