Kehamilan

Suka Mengonsumsi Madu saat Hamil? Ini Lho Manfaat juga Efek Sampingnya

June 11, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Apakah kamu salah satu ibu hamil yang suka mengonsumsi madu selama kehamilan? Ternyata ada manfaat serta efek samping mengonsumsi madu untuk ibu hamil. Yuk simak penjelasan selengkapnya!

Baca Juga: Muncul Jerawat di Punggung? Ini Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasinya

Manfaat madu untuk ibu hamil

Ternyata ada banyak manfaat baik yang para ibu hamil dapatkan dari mengonsumsi madu. Berikut manfaat madu untuk ibu hamil, antara lain:

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan antibakterial dan antioksidan yang ada di dalam madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Selain itu kandungan vitamin C, vitamin B, dan zat besi pada madu juga sangat baik untuk kelangsungan kehamilan para ibu hamil.

Mampu meredakan sakit batuk dan tenggorokan

Madu mengandung zat antivirus yang dapat melawan virus yang menyerang tubuh kamu. Madu sangat efektif untuk meredakan batuk. Selain itu, kandungan antibengkak yang ada di madu juga efektif untuk melawan sakit, iritasi, dan gatal di tenggorokan.

Manfaat madu untuk ibu hamil bantu mengatasi insomnia

Hal ini banyak terjadi pada ibu hamil jika perut sudah semakin membesar. Posisi tidur yang kurang nyaman menyebabkan para ibu hamil mengalami kesulitan tidur. Kamu bisa mengonsumsi madu dan dicampurkan dengan susu. 

Kedua bahan tersebut jika dicampurkan dapat meredakan stres dan tidur kamu akan menjadi lebih nyenyak.

Mengatasi ketombe

Buat para ibu hamil yang mengalami masalah ketombe di saat masa kehamilan harus coba mengonsumsi madu ini. Kandungan antibakteri pada madu juga efektif untuk membasmi ketombe dan kulit kepala yang gatal. 

Madu untuk ibu hamil membantu mencegah alergi

Jika kamu mengonsumsi madu secara teratur, dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap alergi. Tetapi sebelum mengonsumsinya pastikan kamu tidak alergi dengan madu ya.

Mengatasi rasa mulas

Biasanya rasa mulas ini sering terjadi pada ibu hamil dikarenakan pertumbuhan rahim yang menekan usus dan lambung. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi madu yang dicampur dengan segelas susu.

Madu yang dicampur dengan susu dapat meredakan mulas dan membuat kamu lebih nyaman.

Baca Juga: 7 Cara Tepat Mengecilkan Pori-pori di Kulit

Ketahui juga efek samping madu untuk ibu hamil

Selain memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil, ternyata ada efek samping yang dapat ditimbulkan, antara lain:

Memperkuat sensitivitas insulin

Jika kamu mengonsumsi madu secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk resistensi insulin. Hal ini karena lebih dari 25 gram fruktosa sehari tidak aman selama kehamilan.

Menyebabkan kram

Sebaiknya bagi para ibu hamil harus menjaga pola makan agar tetap terjaga kondisi kesehatannya. Begitu juga dengan mengonsumsi madu secara berlebihan atau tidak sesuai takaran, dapat menyebabkan kram perut, diare, sembelit, dan kembung. 

Selain itu mengonsumsi madu yang berlebihan dapat memengaruhi saluran pencernaan sehingga memperlambat proses pencernaan.

Memengaruhi kesehatan gigi

Tingginya kadar gula dalam madu dapat menyebabkan gigi berlubang dan erosi gigi. Kamu bisa tetap mengonsumsinya dalam takaran yang cukup, dan juga harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, juga asupan makanan setiap harinya.

Menambah berat badan

Dengan mengonsumsi satu sendok makan madu kamu bisa mendapatkan lebih banyak kalori daripada satu sendok makan gula rafinasi. Jika mengonsumsi madu secara berlebihan dapat menjadi penyebab potensial kenaikan berat badan.

Tips mengonsumsi madu yang benar saat hamil

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, berikut ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  • Sebaiknya kamu jangan mengonsumsi madu bersamaan dengan makanan yang mengandung vitamin C dan D. Dikarenakan madu dapat menghilangkan manfaat vitamin yang ada.
  • Usahakan jangan mencampurkan madu bersamaan dengan air panas dikarenakan dapat merusak beberapa enzim dan nutrisi di dalamnya.

Jadi pada dasaranya mengonsumsi madu saat hamil memiliki manfaat baik untuk tubuh. Tetapi harus diingat kamu harus mengonsumsinya dengan takaran yang cukup ya. Karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan kamu.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat madu untuk ibu hamil? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr