Kehamilan

Krim Wajah untuk Ibu Hamil: Mana yang Kandungannya Berbahaya?

May 24, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Pemilihan krim wajah untuk ibu hamil harus dilakukan dengan cermat agar tidak berdampak buruk pada perkembangan janin dalam kandungan.

Nah, oleh sebab itu, Moms perlu tahu apa saja kandungan krim wajah yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Bahan-bahan kimia ini dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan kehamilan.

Apa saja kandungan yang dimaksud dan bagaimana cara aman memilih krim wajah untuk ibu hamil? Berikut rangkuman informasinya:

Tentang kondisi kulit wajah saat hamil

Hormonal acne. Sumber Foto : https://www.medicalnewstoday.com/

Saat hamil, Moms mungkin akan merasakan perubahan pada kondisi kulit wajah. Kulit menjadi lebih sensitif, rentan muncul jerawat dan mengalami kemerahan.

Kondisi tersebut terjadi karena kehamilan menyebabkan perubahan pada hormon, sistem imun, metabolisme, dan pembuluh darah yang memengaruhi kondisi kulit.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah munculnya jerawat hormonal. Jerawat muncul karena tingginya hormon progesteron, yang berakibat pada produksi sebum yang meningkat dan timbul jerawat.

Kandungan krim wajah yang harus dihindari ibu hamil

Diolah dari data US Food and Drug Administration atau FDA dan sumber lain, berikut beberapa kandungan krim wajah yang tidak boleh digunakan untuk ibu hamil:

1. Retinol dan sejenisnya

Retinol dan sejenisnya ini merupakan kandungan turunan dari vitamin A. Meski tubuh membutuhkan vitamin A, namun Moms tidak diperbolehkan menggunakan turunannya.

Mulai dari retinol, retinoid, retin-A, dan retinyl palmitate. Kandungan ini diyakini bisa mengganggu perkembangan janin dan bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi.

2. Benzoyl peroxide dan salicylic acid

Dua produk ini memang seperti penyelamat untuk jerawat, tapi tidak untuk Moms yang sedang hamil. Berdasarkan FDA, kedua kandungan ini masuk ke obat kategori C.

Ini artinya ada risiko yang mungkin terjadi pada janin jika digunakan oleh ibu hamil. Kebanyakan dokter juga akan melarang ibu hamil menggunakan krim wajah dengan kandungan ini.

3. Hydroquinone

Salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil adalah hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata. Kondisi ini sering disebut dengan istilah ‘The Mask of Pregnancy’.

Masalah seperti ini pasti membuat Moms ingin buru-buru mencari krim pencerah. Tapi perhatikan kandungannya, pastikan krim wajah yang Moms pilih tidak mengandung hydroquinone.

Obat ini juga masuk ke kategori C menurut FDA. Tingkat penyerapannya ke aliran darah juga sangat tinggi, jadi risiko terbawa ke bayi juga semakin besar.

4. Krim wajah chemical sunscreen bahaya untuk ibu hamil

Tabir surya memang penting untuk menjaga kulit wajah dari kerusakan akibat paparan UV A dan UV B. Namun, selama kehamilan hindari penggunaan chemical sunscreen, ya.

Kandungan chemical sunscreen seperti oxybenzone, octocrylene, avobenzone, octinoxate, atau octisalate bisa memengaruhi perkembangan sistem saraf pada janin.

5. Essential oil

Jika Moms ingin menggunakan produk essential oil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Meski produk ini termasuk alami, namun jika digunakan pada ibu hamil bisa mengakibatkan gangguan kesehatan tertentu.

Ini karena setiap produk essential oil punya takaran dan konsentrasi yang berbeda-beda dan butuh pemeriksaan mendalam untuk memastikan itu aman untuk ibu hamil.

6. Kandungan lain yang tidak boleh digunakan ibu hamil

Selain kandungan krim wajah di atas, ada juga beberapa bahan pada produk kosmetik yang juga tak boleh digunakan oleh ibu hamil, lho.

Berikut daftar kandungan yang harus Moms hindari:

  • Tazorac dan accutane, keduanya masih termasuk turunan dari vitamin A. Namun kandungan ini biasanya ditemukan pada obat-obatan
  • Aluminium chloride, kandungan ini biasanya ditemukan pada deodoran
  • Formaldehyde, kandungan ini biasanya ditemukan pada berbagai produk pewarna rambut
  • Tetracycline, adalah antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit
  • Dihydroxyacetone, kandungan ini ditemukan pada produk-produk tanning
  • Phthalates, formaldehyde, toluene. Kandungan ini terdapat pada produk cat kuku

Tips memilih krim wajah untuk ibu hamil

Saat hamil, Moms harus kembali melihat kandungan berbagai produk skincare yang digunakan dari sebelum hamil. Sebab ada beberapa kandungan yang tidak boleh dipakai oleh ibu hamil.

Jika tidak yakin dengan kandungan produk yang dipakai, bawa semua produk yang Moms pakai saat konsultasi dengan dokter kandungan atau dokter kulit, ya.

Dokter bisa melakukan pengecekan dan memberi tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh Moms gunakan. Tetap jaga kesehatan ya, Moms!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

FDA. Diakses pada 20 Mei 2020. Prohibited & Restricted Ingredients in Cosmetics.

Women’s Care. Diakses pada 20 Mei 2020. Cosmetic and Beauty Ingredients to Avoid While Pregnant.

Vogue. Diakses pada 20 Mei 2020. 9 Beauty Ingredients to Avoid During Pregnancy.

What to Expect. Diakses pada 20 Mei 2020. Pregnancy-Friendly Products to Fight Acne Flare-Ups.

Independet UK. Diakses pada 20 Mei 2020. 7 best pregnancy skincare heroes.

Marie Claire. Diakses pada 20 Mei 2020. The changes you should make to your skincare routine when you’re up the duff.

    register-docotr