Kehamilan

Kram Kaki Saat Hamil? Kenali Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

August 28, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Momen kehamilan biasanya ditandai dengan perubahan pada fisik seorang perempuan. Salah satunya kram kaki saat hamil. Selain mengganggu, kondisi ini juga membuat Moms kesulitan menjalani kehamilan dengan nyaman.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya mengenal penyebab dan cara mengatasi kram kaki saat hamil.

Penyebab kram kaki saat hamil

Secara singkat kondisi ini terjadi akibat kontraksi otot di bagian belakang betis yang terjadi secara tiba-tiba. Ini banyak dialami di malam hari, yakni di waktu Moms hendak beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian.

Meski termasuk ke dalam keluhan yang umum, sampai saat ini penyebab kram kaki saat hamil belum dapat diketahui secara pasti. Meski demikian, menurut Todaysparent, kondisi ini bisa muncul karena kelelahan.

Ketika sedang hamil, berat bayi di dalam rahim yang terus bertambah akan menekan saraf-saraf tertentu, dan menurunkan sirkulasi darah yang mengalir ke area kaki.

Ditambah beban aktivitas yang padat, pada akhirnya kaki pun akan semakin mudah mengalami kram. Penyebab lainnya adalah kekurangan kalsium dan magnesium, atau dehidrasi.

Baca juga: Moms, Yuk Kenali Ciri-ciri Dehidrasi pada Bayi yang Harus Diwaspadai!

Cara mengatasi kram kaki saat hamil

Jika saat ini Moms terlanjur mengalaminya, jangan dulu berputus asa ya. Moms masih bisa menikmati tidur malam yang nyaman dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

Peregangan

Luruskan kaki, lalu lenturkan tumit dan jari kaki dengan lembut ke belakang tulang kering beberapa kali. Moms bisa melakukannya di atas tempat tidur, namun jika ini dilakukan dari posisi bangun Moms akan merasa rileks dengan lebih cepat.

Kompres dengan es

Mencoba berdiri di permukaan lantai yang dingin terkadang bisa membantu menghentikan kejang. Jadi tak ada salahnya mengompres telapak kaki dengan kantung es selama beberapa menit.

Pijat hamil

Jika peregangan dan mengompres kaki dengan kantung es belum cukup menghilangkan kram, Moms bisa mencoba pijat hamil atau bantal pemanas agar kaki semakin rileks.

Namun perlu dicatat bahwa Moms perlu menghentikan langkah ini jika rasa sakit pada kaki tidak mengalami penurunan sama sekali.

Baca juga: 6 Manfaat Rajin Menempelkan Kaki ke Dinding untuk Kesehatan

Langkah pencegahan kram kaki saat hamil

Dilansir dari Mayoclinic, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Moms tidak harus mengalami kram kaki saat hamil. Berikut adalah sebagian di antaranya:

Melakukan peregangan otot

Caranya berdiri dengan jarak sekitar satu lengan dari dinding, letakkan kedua tangan di dinding depan Moms, lalu gerakkan kaki kanan ke belakang kaki kiri.

Perlahan-lahan tekuk kaki kiri ke depan, dan jaga agar lutut kanan tetap lurus dan tumit kanan di lantai. Lakukan selama 30 detik dan pastikan punggung tetap tegak untuk menghindari cedera.

Terus aktif

Kegiatan yang melibatkan anggota badan bergerak secara rutin juga bisa membantu mencegah kram kaki saat hamil. Moms bisa melakukan jalan pagi, atau yoga dengan gerakan ringan sebagai aktivitas harian.

Baca juga: Kaya akan Kalsium, Manfaat Tempe Bisa Tingkatkan Kesehatan Tulang Lho!

Penuhi asupan kebutuhan magnesium

Senyawa yang satu ini dipercaya dapat mengurangi keram yang terjadi saat kehamilan. Untuk memenuhinya, Moms bisa mengonsumsi kacang polong, gandum, buah-buahan yang dikeringkan, atau kacang.

Hindari dehidrasi

Selain membantu menguatkan daya ingat, menjaga asupan cairan untuk tubuh juga dapat menjaga otot tetap terhidrasi sehingga tidak mengalami kram.

Cermat memilih alas kaki

Agar kaki tetap terasa nyaman selama beraktivitas di masa kehamilan, pilih sepatu atau sandal dengan bahan dan bentuk yang nyaman. Salah satu jenis sepatu yang disarankan, adalah yang berhak pendek dan bisa menutupi seluruh bagian kaki agar kaki terkunci dalam sepatu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Leg Cramps During Pregnancy, https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/leg-cramps.aspx diakses pada 26 Agustus 2020

What causes leg cramps during pregnancy—and how to relieve the pain, https://www.todaysparent.com/pregnancy/pregnancy-health/beauty-products-that-are-safe-to-use-during-pregnancy-and-breastfeeding/ diakses pada 26 Agustus 2020

What causes leg cramps during pregnancy, and can they be prevented? https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/leg-cramps-during-pregnancy/faq-20057766 diakses pada 26 Agustus 2020

 

    register-docotr