Kehamilan

Jangan Terlewat, Ini 5 Manfaat Konsumsi Air Putih untuk Moms dan Janin

October 6, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Menjalani masa-masa kehamilan, adalah momen yang bisa dibilang penuh tantangan. Bukan hanya kemampuan fisik yang mengalami penurunan, perubahan hormon juga sering membuat suasana hati menjadi tak karuan. Moms jadi malas beraktivitas, susah fokus, dan semacamnya.

Oleh sebah itu, penting menjaga tubuh senantiasa sehat selama hamil, salah satunya rutin minum air putih. Bukan hanya menjaga tubuh terhidrasi, mengonsumsi air putih selama kehamilan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: Lakukan Secara Rutin, Ini Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh

Air putih menjadi kurir nutrisi untuk janin

Moms, apakah kamu pernah bertanya-tanya, bagaimana caranya nutrisi dari berbagai suplemen kehamilan bisa sampai kepada janin? Jawabannya adalah dengan air.

Air putih yang Moms konsumsi selama masa kehamilan, dapat membantu tubuh menyerap nutrisi penting.

Ini karena air berperan mengangkut vitamin, mineral, dan hormon ke dalam sel darah. Sel darah yang kaya akan nutrisi itulah, yang akhirnya akan sampai memberi asupan gizi kepada janin yang Moms kandung.

Membantu produksi air ketuban

Kesehatan dan perkembangan janin juga sangat bergantung pada jumlah air yang diminum oleh Moms.

Salah satunya dapat dilihat dari jumlah produksi air ketuban. Cairan ketuban berfungsi menjadi pelindung agar bayi tetap hangat dan sehat di dalam rahim.

Jumlah cairan ketuban yang kurang, dapat menyebabkan cacat lahir bahkan keguguran. Oleh sebab itu, Moms wajib menjaga asupan minum setiap hari, untuk membantu menjaga jumlah cairan ketuban agar tetap cukup.

Air putih mengurangi risiko infeksi

Ibu hamil sangat rentan terkena berbagai masalah kesehatan, misalnya infeksi saluran kemih, sembelit, dan wasir. Ketiga jenis penyakit tersebut merupakan keluhan yang paling banyak disampaikan para ibu hamil.

Untuk mengatasinya, Moms bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan meminum air putih secara berkala.

Air putih akan membantu melarutkan limbah tubuh dan membuangnya dari ginjal. Selain itu, air juga bisa membuat urine menjadi encer, dan melunakkan tinja agar lebih cepat keluar lewat saluran pencernaan.

Mencegah janin mengalami dehidrasi

Dehidrasi terutama pada masa-masa kehamilan merupakan penyebab utama terjadinya sakit kepala, kram, dan pusing. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk selalu minum dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Bagi sebagian wanita, minum air putih bahkan juga dapat membantu meringankan mual di pagi hari, mulas, dan gangguan pencernaan.

Dilansir dari Premiumwater, di trimester ketiga, menjaga asupan air bagi ibu hamil menjadi semakin penting, karena dehidrasi dapat memicu kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

Baca juga: Moms, Ayo Pantau Perkembangan Janin 1 Bulan dalam Kandungan

Menjaga suhu tubuh tetap normal

Air yang Moms minum turut berperan membantu menjaga kewajaran suhu tubuh Moms agar berjalan dengan baik.

Ini karena air dalam tubuh dapat menyebarkan panas berlebih dalam bentuk keringat untuk mencegah kepanasan.

Air juga terbukti efektif membantu menghilangkan kelebihan natrium yang menjadi penyebab utama terjadinya pembengkakan kaki pada ibu hamil.

Tips agar Moms selalu ingat minum air putih

Untuk membantu Moms tetap minum air putih secara konsisten selama kehamilan, Moms bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

Biasakan membawa botol air ke manapun Moms pergi

Upayakan untuk selalu membawa bekal berupa botol air yang terisi penuh sepanjang hari. Ini akan memudahkan Moms untuk minum air putih secara rutin tanpa harus kerepotan membelinya terlebih dahulu.

Jika perlu, letakkan dalam tas, di samping meja, bahkan di dalam kamar mandi sebagai pengingat jika Moms lupa meminum air putih hari itu.

Manfaatkan aplikasi pada smartphone

Perkembangan teknologi yang semakin pesat sangat memudahkan Moms untuk melakukan apapun.

Termasuk, mengingatkan kebutuhan air putih setiap hari. Jadi coba untuk memasang reminder mengenai hal ini.

Makan makanan yang kaya akan air

Jika Moms agak kesulitan mengonsumsi air putih secara langsung, Moms bisa mengakalinya dengan memakan makanan yang mengandung banyak air.

Buah dan sayuran rata-rata mengandung 90 persen air, di mana dilansir dari Mustelausa, dua cangkir sayuran atau satu setengah cangkir buah hampir setara dengan dua cangkir air putih.

Namun cara ini tidak berarti bisa mengganti kebutuhan air minum harian Moms, ya. Moms tetap harus memenuhi kebutuhan delapan gelas air putih setiap hari.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr