Kehamilan

Jangan Cemas, Bayi Aktif dalam Kandungan di Malam Hari Termasuk Hal Normal, Ini Faktanya!

August 15, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Merasakan pergerakan bayi di dalam rahim adalah salah satu hal yang menyenangkan saat mengandung. Jangan panik kalau gerakan bayi terasa lebih aktif di malam hari, karena hal itu adalah normal.

Moms mungkin tidak terlalu memerhatikan gerakan mereka pada siang hari karena banyaknya aktivitas yang Moms lakukan. Akan tetapi, menurut Auckland.ac.nz menyebut jika janin memiliki pola biologis untuk peningkatan gerakan di malam hari.

Gerakan normal bayi di dalam kandungan

Bayi yang berusia 7 bulan di dalam kandungan menghabiskan 95 persen waktunya dengan tidur, mereka pun tercatat hampir melakukan 50 kali gerakan per jamnya. 

Gerakan-gerakan ini di antaranya yang bisa dirasakan seperti menendang, meregang hingga yang tidak bisa Moms rasakan seperti mengedip. Setiap bayi diperkirakan memiliki gerakan yang khas dan unik di periode ini.

Semakin Moms mendekati waktu melahirkan, gerakan bayi di dalam kandungan akan semakin unik. Meskipun tiap bayi memiliki gerakan uniknya masing-masing, tapi yang paling umum adalah mereka bisa meregangkan sendi, cegukan, mengedip, sendawa dan menendang.

Gerakan bayi di malam hari

Bayi dikatakan parenting.firstcry.com adalah makhluk nokturnal, itu sebabnya mereka sangat aktif pada malam hari. Pada waktu ini, Moms mungkin akan merasakan tendangan yang kuat karena mereka merasa gusar.

Hal itu bisa karena ketidaknyaman atau kurangnya ruang bagi mereka untuk meregang. Pergerakan bayi ini, terutama ketika malam hari, bukan lah sesuatu yang membahayakan.

Malahan, semakin mereka berkembang di dalam rahim, mereka akan lebih sadar terhadap sekeliling mereka dan mulai menyerupai bayi yang baru lahir. Kemiripan itu terjadi dalam dua aspek, fisik dan psikologis.

Sementara itu, sebuah riset University of Auckland mencatat gerakan bayi di petang dan malam hari sangat tinggi. Melibatkan 274 responden, 74,5 persen di antaranya merasakan keaktifan bayi pada waktu malam, dan saat sedang tidur.

Penyebab janin aktif di malam hari

Pergerakan bayi yang lebih terasa di malam hari bisa jadi disebabkan oleh minimnya aktivitas yang Moms lakukan di periode ini. Karena pada waktu siang hari, gerakan yang Moms lakukan sensasinya hampir sama dengan menggoyang boks bayi, membuatnya menjadi lelap.

Nah, karena itulah pada malam hari mereka menjadi terbangun karena tidak ada aktivitas yang Moms lakukan sehingga mereka menjadi terganggu. 

Di usia kehamilan ketujuh bulan, bayi mulai bisa mengenali suara Moms, lho. Itu sebabnya kalau Moms tidak bersuara, atau bahkan terlalu banyak suara yang tidak dia kenal, dia akan mulai bergerak dan terganggu.

Oleh karena itu, saat merasakan gerakan bayi di malam hari, cobalah untuk berkomunikasi dengan dia. Karena dengan berkomunikasi, apalagi mendengar suara Ibunya, maka bayi akan lebih tenang nantinya.

Apa yang harus dilakukan saat bayi bergerak di malam hari?

Pergerakan bayi, terutama di malam hari bisa terasa sangat tidak nyaman. Untuk itu, Moms bisa lakukan beberapa aktivitas ini untuk menenangkan mereka:

Bernyanyi

Dibandingkan memainkan musik untuk bayi di dalam perut, lebih baik Moms bernyanyi. Suara Moms yang sudah dikenal oleh bayi, bahkan saat mereka di dalam kandungan dapat menenangkan mereka.

Itulah sebabnya, menyanyikan lagu ‘nina bobo’ saja dapat membantu bayi tenang dan akhirnya membuat mereka kembali tertidur.

Tiru kegiatan malam hari pada siang hari

Meniru kegiatan Moms pada waktu malam di siang hari dapat membuat bayi lebih kenal dengan situasi dan membiasakan diri. Sehingga nantinya pada malam hari mereka tidak kaget dan tetap meminimalkan pergerakan mereka.

Lakukanlah hal-hal seperti nonton TV, berbaring atau membaca buku yang biasa Moms lakukan pada malam di siang hari. Tidak melakukan banyak kegiatan, walaupun hanya beberapa jam dapat membuat mereka terbiasa dengan situasi itu pada malam hari.

Perhatikan pergerakan bayi

Habiskanlah beberapa waktu untuk memerhatikan pergerakan bayi, kenali pola pergerakan mereka karena itu adalah kebiasaan yang biasanya mereka lakukan di dalam rahim. 

Moms mungkin akan terkejut ketika menyadari betapa mereka sangat aktif dan senang bergerak. Bergembiralah, karena bayi yang banyak bergerak adalah bayi yang sehat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Parenting.firstcry.com (2019) diakses 13 Agustus 2020. Baby Moves or Kicks in the Night During Pregnancy– Is it Safe?
  2. Hellomotherhood.com (2017) diakses 13 Agustus 2020. Is It Normal for a Baby to Move Mostly at Night When You Are Pregnant?
  3. Auckland.ac.nz (2019) diakses 13 Agustus 2020. Things that go bump in the night: new ‘normal’ for baby movements
    register-docotr