Kehamilan

Inilah yang Terjadi pada Moms dan Janin saat Hamil Trimester Pertama

December 22, 2020 | Fitri Chaeroni
feature image

Hamil trimester pertama dihitung mulai dari usia kehamilan 1 minggu hingga 12 minggu. Pada trimester pertama inilah perkembangan janin dimulai di dalam rahim.

Berikut ulasan tentang perkembangan si Kecil di dalam kandungan, mulai dari minggu pertama sampai minggu ke-12!

Perkembangan janin saat hamil trimester pertama

Perkembangan janin biasanya mengikuti perjalanan yang dapat diprediksi. Melansir Mayo Clinic, berikut perkembangan janin yang terjadi selama trimester pertama.

Minggu ke-1 dan ke-2

Pembuahan biasanya terjadi sekitar dua minggu setelah menstruasi terakhir Moms dimulai. Untuk menghitung perkiraan tanggal jatuh tempo, dokter akan menghitung 40 minggu ke depan dari awal periode terakhir Moms.

Ini berarti menstruasi Moms dihitung sebagai bagian dari kehamilan, meskipun Moms tidak sedang hamil pada saat itu.

Minggu ke-3

Sperma dan sel telur bersatu di salah satu tuba falopi untuk membentuk entitas bersel satu yang disebut zigot. Jika lebih dari satu telur dilepaskan dan dibuahi atau jika telur yang dibuahi terbelah menjadi dua, Moms mungkin memiliki banyak zigot.

Zigot biasanya memiliki 46 kromosom, 23 dari ibu kandung dan 23 dari ayah biologis. Kromosom ini membantu menentukan jenis kelamin dan ciri fisik bayi Moms nantinya.

Segera setelah pembuahan, zigot bergerak menuruni tuba falopi menuju rahim. Pada saat yang sama, ia akan mulai membelah untuk membentuk sekelompok sel yang menyerupai raspberry kecil atau morula.

Minggu ke-4

Bola sel yang membelah dengan cepat sekarang dikenal sebagai blastokista telah mulai menggali ke dalam lapisan rahim (endometrium). Proses ini disebut implantasi.

Di dalam blastokista, kelompok sel bagian dalam akan menjadi embrio. Lapisan luar akan membentuk bagian dari plasenta, yang akan menyehatkan bayi selama masa kehamilan.

Minggu ke-5

Pada minggu kelima kehamilan, atau minggu ketiga setelah pembuahan, kadar hormon hCG yang diproduksi oleh blastokista meningkat dengan cepat. Ini memberi sinyal pada ovarium untuk berhenti melepaskan sel telur dan menghasilkan lebih banyak estrogen dan progesteron.

Peningkatan kadar hormon ini menghentikan periode menstruasi, yang sering kali merupakan tanda pertama kehamilan, dan memicu pertumbuhan plasenta. Embrio sekarang terbuat dari tiga lapisan yaitu:

  • Lapisan atas atau ektoderm akan membentuk lapisan kulit terluar bayi, sistem saraf pusat dan perifer, mata, serta telinga bagian dalam.
  • Lapisan tengah atau mesoderm akan membentuk jantung bayi dan sistem peredaran darah. Lapisan sel ini juga berfungsi sebagai fondasi tulang bayi, ligamen, ginjal, dan sebagian besar sistem reproduksi bayi.
  • Lapisan dalam atau endoterm adalah tempat berkembangnya paru-paru dan usus bayi.

Minggu ke-6

Pada minggu ke-6 hamil trimester pertama, si Kecil akan mulai mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Empat minggu setelah pembuahan, tabung saraf di sepanjang punggung bayi akan menutup.

Otak dan sumsum tulang belakang bayi akan berkembang dari tabung saraf. Jantung dan organ lainnya juga mulai terbentuk dan jantung mulai berdetak.

Struktur yang diperlukan untuk pembentukan mata dan telinga berkembang. Tunas kecil muncul yang akan segera menjadi lengan. Tubuh bayi mulai mengalami kelengkungan berbentuk C.

Minggu ke-7

Tujuh minggu setelah kehamilan, atau lima minggu setelah pembuahan, otak dan wajah bayi mulai berkembang, Moms. Pada tahap ini lubang hidung menjadi terlihat, dan awal terbentuknya retina.

Tunas tungkai bawah yang akan menjadi tungkai muncul dan tunas lengan yang tumbuh minggu lalu sekarang berbentuk dayung.

Minggu ke-8

Pada minggu ke-8 hamil trimester pertama atau enam minggu setelah pembuahan, tunas tungkai bawah bayi berbentuk dayung. Jari-jari mulai terbentuk.

Pembengkakan kecil yang menguraikan bagian telinga bayi yang berbentuk cangkang di masa depan berkembang dan matanya menjadi jelas. Bibir dan hidung atas telah terbentuk. Batang dan leher mulai tegak.

Pada akhir minggu ini, panjang bayi mungkin sekitar 1/2 inci (11 hingga 14 milimeter) dari ujung kepala hingga bokong.

Minggu ke-9

Pada minggu kesembilan kehamilan, atau tujuh minggu setelah pembuahan, lengan bayi tumbuh dan siku muncul. Jari kaki terlihat dan kelopak mata terbentuk.

Pada akhir minggu ini, panjang bayi mungkin kurang dari 3/4 inci (16 hingga 18 milimeter) dari puncak kepala hingga bokong.

Minggu ke-10

Pada minggu ke-10 kehamilan trimester pertama, atau 8 minggu setelah pembuahan, kepala bayi akan menjadi lebih bulat.

Bayi sekarang bisa menekuk sikunya. Jari kaki dan jari tangan menjadi lebih panjang. Kelopak mata dan telinga luar terus berkembang. Tali pusar terlihat jelas.

Minggu ke-11

Pada awal minggu ke-11 kehamilan trimester pertama, atau minggu kesembilan setelah pembuahan, panjang kepala bayi masih sekitar setengah dari panjangnya. 

Bayi sekarang secara resmi disebut sebagai janin. Minggu ini wajah bayi terlihat lebar, matanya terpisah lebar, kelopak mata menyatu dan telinganya rendah. Tunas untuk gigi mulai muncul.

Sel darah merah mulai terbentuk di hati bayi. Pada akhir minggu ini, alat kelamin luar bayi akan mulai berkembang menjadi penis atau klitoris dan labia mayora.

Sekarang bayi mungkin memiliki panjang sekitar 2 inci (50 milimeter) dari puncak kepala hingga bokong, dan beratnya hampir 1/3 ons (8 gram).

Minggu ke-12

Pada tahap akhir hamil trimester pertama, atau 10 minggu setelah pembuahan, kuku bayi mulai tumbuh. Wajah bayi Moms sekarang telah mengambil profil yang lebih berkembang.

Sekarang bayi mungkin memiliki panjang sekitar 2 1/2 inci (61 milimeter) dari ujung kepala hingga bokong, dan beratnya sekitar 1/2 ons (14 gram).

Selama trimester pertama inilah janin paling rentan terhadap kerusakan akibat zat seperti alkohol, obat-obatan, obat-obatan tertentu, dan penyakit, seperti rubella (campak Jerman).

Perubahan tubuh Moms saat hamil trimester pertama

Selama hamil trimester pertama, tubuh ibu dan janin berubah dengan cepat. Berikut beberapa perubahan yang mungkin akan Moms rasakan saat hamil trimester pertama!

  • Kelenjar susu membesar menyebabkan payudara membengkak dan menjadi lunak untuk persiapan menyusui. Ini karena peningkatan jumlah hormon estrogen dan progesteron. Pilih bra dengan ukuran yang pas ya, Moms.
  • Areola (area berpigmen di sekitar setiap puting payudara) akan membesar dan menjadi gelap. Mereka mungkin ditutupi dengan benjolan putih kecil yang disebut tuberkel Montgomery (akibat kelenjar keringat membesar).
  • Pembuluh darah menjadi lebih terlihat di permukaan payudara.
  • Rahim tumbuh dan mulai menekan kandung kemih. Ini menyebabkan Moms akan lebih sering buang air kecil.
  • Akibat lonjakan hormon, Moms mungkin mengalami perubahan suasana hati yang mirip dengan sindrom pramenstruasi (PMS). Ini adalah kondisi yang dialami oleh beberapa wanita yang ditandai dengan perubahan suasana hati, mudah tersinggung, dan gejala fisik lainnya yang terjadi sesaat sebelum setiap periode menstruasi.
  • Peningkatan kadar hormon untuk menopang kehamilan dapat menyebabkan mual di pagi hari. Namun morning sickness tidak selalu terjadi di pagi hari.
  • Konstipasi bisa terjadi saat rahim yang tumbuh menekan rektum dan usus.
  • Kontraksi otot di usus, yang membantu memindahkan makanan melalui saluran pencernaan, melambat karena tingginya tingkat progesteron. Ini dapat menyebabkan mulas, gangguan pencernaan, sembelit, dan gas.
  • Pakaian mungkin terasa lebih ketat di sekitar payudara dan pinggang, karena ukuran perut mulai bertambah untuk mengakomodasi janin yang sedang tumbuh.
  • Moms mungkin akan mengalami kelelahan ekstrem karena tuntutan fisik dan emosional selama kehamilan.
  • Volume jantung meningkat sekitar 40-50 persen dari awal hingga akhir kehamilan. Hal ini menyebabkan peningkatan curah jantung. Peningkatan curah jantung dapat menyebabkan peningkatan denyut nadi selama kehamilan. Peningkatan volume darah dibutuhkan untuk aliran darah ekstra ke rahim.

Saat hamil trimester pertama Moms harus ekstra hati-hati untuk menjaga kesehatan tubuh, sebab kondisi Moms bisa berdampak pula pada bayi. Jangan lupa untuk rutin konsultasi ke dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Moms saat kehamilan trimester pertama melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic. Diakses pada 11 Desember 2020. Fetal development: The 1st trimester

Stanford Children’s Health. Diakses pada 11 Desember 2020. The First Trimester

    register-docotr