Kehamilan

Hamil Anggur dan Hamil di Luar Kandungan: Apa Saja Perbedaan dan Gejalanya?

August 3, 2020 | Dani Kosasih | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Hamil anggur dan hamil di luar kandungan seringkali salah dikenali karena memiliki ciri-ciri yang hampir serupa dengan kehamilan normal. Namun sebenarnya, hamil anggur dan hamil di luar kandungan memiliki perbedaan.

Kondisi hamil anggur dan hamil di luar kandungan juga jarang disadari sejak awal masa kehamilan. Biasanya baru mulai disadari saat memasuki masa kehamilan tertentu.

Perbedaan hamil anggur dan hamil di luar kandungan

Mengenali dua masalah kehamilan ini bisa dibedakan dari kondisi kehamilannya.

Untuk mengetahui apakah Moms mengalami dua jenis masalah kehamilan ini, Moms harus melakukan pemeriksaan bersama dokter kandungan.

Namun, Moms bisa sedikit mengetahui apa saja perbedaan kondisi dari kedua masalah kehamilan tersebut, seperti:

Mengenal hamil anggur

Molahidatidosa atau mola pregnancy atau hamil anggur adalah kondisi kehamilan di mana plasenta dan janin tidak terbentuk dengan benar karena terjadi proses kegagalan dalam proses pembuahan.

Pada kondisi kehamilan normal, seharusnya sel telur yang telah dibuahi akan tumbuh menjadi janin.

Namun, pada hamil anggur, kondisi sel telur tidak membentuk janin dan plasenta, sel telur justru tumbuh menjadi sel yang tidak normal.

Bila dilihat melalui Ultrasonografi (USG), sel telur yang tidak normal ini akan terlihat seperti gelembung-gelembung putih berisi cairan berbentuk seperti buah anggur.

Bentuk hamil anggur

Ada dua bentuk hamil anggur yang bisa terjadi yakni, pertama, hamil anggur sebagian atau parsial. Kedua, hamil anggur komplit atau total.

Hamil anggur sebagian adalah kondisi ketika jaringan plasenta dan janin tumbuh tidak normal disertai pertumbuhan sel telur yang seperti anggur. Pada kondisi ini, janin tidak bisa berkembang menjadi bayi.

Sedangkan hamil anggur total adalah kehamilan di mana jaringan plasenta dan janin tidak terbentuk sama sekali.

Gejala hamil anggur

Gejala hamil anggur seringkali tidak terlihat pada masa awal kehamilan, tetapi biasanya, bagi Moms yang mengalami kehamilan anggur memiliki gejala-gejala.

Berikut gejala yang terjadi melansir laman americanpregnancy.org:

  • Mengalami perdarahan vagina atau keputihan yang keluar dari vagina pada awal kehamilan (biasanya dalam tiga bulan pertama). Kondisi ini mungkin juga disertai benjolan kecil seperti anggur
  • Mengalami kondisi morning sickness yang parah
  • Mengalami kondisi perut bengkak yang tidak biasa

Namun, gejala-gejala di atas merupakan gejala umum yang juga dialami ibu yang hamil normal. Gejala tersebut juga tidak serta merta menunjukkan Moms mengalami hamil anggur.

Oleh karena itu, memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin sangatlah disarankan.

Mengenal hamil di luar kandungan

Kondisi hamil di luar kandungan biasa disebut dalam istilah medis dengan nama kehamilan ektopik. Kehamilan ini terjadi saat sel telur yang dibuahi tidak melekat pada rahim dan malah menempel pada tuba falopii, rongga perut, atau serviks.

Menurut American Academy of Family Physicians, kehamilan ektopik bisa terjadi pada 1 dari setiap 50 kehamilan. Apabila Moms pernah mengalami kondisi hamil di luar kandungan, maka biasanya Moms juga memiliki kemungkinan akan mengalaminya kembali.

Kehamilan ektopik yang tidak segera ditangani akan menyebabkan kondisi medis dan komplikasi yang serius.

Gejala-gejala hamil di luar kandungan

Mual dan rasa nyeri pada payudara merupakan gejala umum pada kehamilan ektopik. Namun, kondisi ini juga dialami oleh Moms dengan kehamilan normal.

Oleh karena itu, Moms harus rutin memeriksakan kondisi kandungan ke dokter.

Selain mual dan nyeri pada payudara, ada lagi beberapa gejala yang bisa dialami dan dapat mengindikasikan keadaan darurat medis, seperti:

  • Rasa nyeri yang tajam di perut, panggul, bahu, atau leher
  • Rasa sakit parah yang terjadi di satu sisi perut
  • Mengalami bercak atau perdarahan berat pada vagina
  • Mengalami kondisi pusing atau bahkan hingga pingsan
  • Mengalami tekanan pada dubur

Segera hubungi dokter jika Moms memiliki gejala-gejala tersebut.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. americanpregnancy.org. Diakses 29 Juli 2020. https://americanpregnancy.org/birth-defects/molar-pregnancy/

2. nhs.uk. Diakses 29 Juli 2020. https://www.nhs.uk/conditions/molar-pregnancy/

3. aafp.org. Diakses 29 Juli 2020. https://www.aafp.org/afp/2000/0215/p1080.html

4. healthline.com (2018). Diakses 29 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/pregnancy/ectopic-pregnancy#symptoms

5. americanpregnancy.org. Diakses 29 Juli 2020. https://americanpregnancy.org/pregnancy-complications/ectopic-pregnancy/

6. yankes.kemkes.go.id (2019). Diakses 29 Juli 2020. http://yankes.kemkes.go.id/read-hamil-di-luar-kandungan-berpotensi-mengancam-nyawa-6957.html

    register-docotr