Kehamilan

Catat, Ini Daftar Vitamin Penting bagi Ibu Hamil yang Perlu Dikonsumsi

May 9, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Ingin konsultasi dengan dokter tentang kehamilan? Silakan chat langsung dengan dokter kami di fitur Kesehatan di aplikasi Grab. Atau langsung klik di sini untuk chat dengan dokter.

Saat mengandung, calon ibu pastinya akan memberikan yang terbaik untuk calon bayi di dalam kandungan. Salah satunya berusaha untuk memberikan nutrisi yang tepat dan vitamin untuk ibu hamil.

Namun, sebelum membeli atau menyiapkan kebutuhan vitamin untuk ibu hamil, kamu perlu mengetahui informasi mengenai nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Berikut penjelasannya!

Apa itu vitamin prenatal atau vitamin untuk ibu hamil?

Vitamin prenatal adalah vitamin yang dikonsumsi selama masa kehamilan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil. Nutrisi yang baik selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu serta pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Semua jenis nutrisi tetap penting, tapi nutrisi yang berperan penting untuk ibu hamil antara lain:

  • Asam folat
  • Zat besi
  • Yodium
  • Kalsium
  • DHA

Selain itu Vitamin D, Vitamin C dan Vitamin B12 juga masuk dalam daftar vitamin untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi.

Apa manfaat dari vitamin untuk ibu hamil?

Setiap vitamin yang sudah disebutkan memiliki fungsinya masing-masing. Namun, garis besarnya, semua yang sudah disebutkan memiliki peran inti dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi selama kehamilan.

Berikut penjelasan lebih lengkap dari vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.

Asam folat

Asam folat adalah jenis vitamin B yang dibutuhkan setiap sel di dalam tubuh untuk pertumbuhan yang sehat.

Mengonsumsi asam folat sebelum masa kehamilan dan di awal kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat dapat membantu mencegah cacat jantung dan cacat lahir pada bagian mulut bayi, bisa berupa bibir sumbing atau kelainan pada langit-langit mulut bayi.

Sebaiknya mulailah untuk mengonsumsi 400mcg asam folat setiap hari setidaknya satu bulan sebelum kehamilan hingga 12 minggu pertama kehamilan.

Selanjutnya selama kehamilan, mengonsumsi 600mcg asam folat setiap hari akan membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Dalam kondisi tertentu, ibu hamil bisa membutuhkan dosis yang berbeda. Konsultasikan kembali mengenai jumlah asam folat yang dibutuhkan dengan dokter kandungan Anda.

Seorang ibu hamil mungkin saja membutuhkan dosis asam folat yang berbeda, jika pernah mengalami kehamilan dengan kondisi bayi cacat lahir pada otak dan tulang belakang.

Zat besi

Zat besi adalah mineral yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin, yang membantu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan zat besi dua kali lipat lebih banyak. Karena tubuh membutuhkan lebih banyak darah sehingga dapat membawa oksigen untuk calon bayi.

Ibu hamil membutuhkan 27mg zat besi setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, selain dari suplemen juga bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti:

  • Daging tanpa lemak
  • Makanan laut
  • Sereal
  • Roti
  • Pasta
  • Sayuran hijau
  • Kacang-kacangan
  • Kismis

Jika seorang ibu hamil kekurangan zat besi, kemungkinan akan mengalami:

  • Infeksi
  • Anemia
  • Lemas
  • Bayi lahir prematur
  • Bayi lahir dengan berat badan yang kurang

Kalsium

Pentingnya mengonsumsi kalsium selama kehamilan yaitu dapat membantu perkembangan jantung, gigi, otot dan juga saraf bayi.

Selama kehamilan dibutuhkan 1000mg kalsium setiap harinya. Jumlah tersebut dapat terpenuhi dengan mengonsumsi suplemen khusus atau dari makanan seperti:

  • Susu
  • Keju
  • Yogurt
  • Brokoli
  • Kale
  • Jus jeruk

Jika jumlah tersebut tidak terpenuhi, memungkinkan tubuh mengambilnya dari tulang ibu dan diberikan kepada bayi. Kondisi ini bisa berakibat pada osteoporosis yang akan dialami oleh sang ibu di kemudian hari.

DHA

DHA atau Docosahexaenoic Acid yang merupakan sejenis lemak yang disebut lemak omega-3. Dalam masa kehamilan DHA membantu perkembangan janin.

Ibu hamil membutuhkan 200mg DHA setiap harinya untuk perkembangan bayi terutama pada otak dan mata.

Vitamin D, vitamin C dan vitamin B12

Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Juga dibutuhkan untuk membantu menjaga sistim kekebalan tubuh dan juga menjaga sistem saraf dan otot.

Selain itu, bayi dalam kandungan membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Sementara vitamin C juga dibutuhkan untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Sedangkan vitamin B12 dibutuhkan untuk membantu pembentukan sistem saraf pada bayi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com diakses 6 Mei 2020 Pregnancy and Prenatal Vitamins
  2. Marchofdimes.org diakses 6 Mei 2020 Vitamins And Other Nutrients During Pregnancy
  3. Healthline.com diakses 4 Juni 2020 Suplements During Pregnancy: What’s Safe and What’s Not.
    register-docotr