Kehamilan

Banyak yang Belum Tahu, Begini Cara Gunakan Test Pack yang Benar

April 28, 2020 | Zai Alam | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk melakukan cek kehamilan. Salah satunya dengan menggunakan test pack atau alat cek kehamilan. Nah, jika kamu ingin menggunakan test pack, sebaiknya ketahui dulu cara menggunakan test pack yang benar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Keputihan yang Tidak Normal dengan Tepat

Apa itu test pack?

cara menggunakan test pack
Cek kehamilan dengan test pack. Foto: https://www.firstresponse.com

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang cara menggunakan test pack yang benar, kamu perlu mengetahui apa itu test pack berikut jenis-jenisnya.

Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mendeteksi kandungan hormon HCG di dalam urine yang dijadikan sampel.

Hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotropin adalah jenis hormon yang akan diproduksi oleh tubuh ketika hamil, khususnya setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding Rahim.    

Saat hamil, produksi hormon HCG dalam tubuh biasanya akan meningkat dua kali lipat setiap dua atau tiga hari pada minggu pertama kehamilan. Oleh karenanya, kamu pun disarankan menggunakan test pack ketika sudah mengalami terlambat datang bulan.

Namun, jangan juga dilakukan terlalu dini, mengingat jumlah hormon HCG yang masih sedikit dapat memberikan kamu hasil tes kehamilan yang kurang akurat. 

Jenis-jenis test pack

Umumnya, ada tiga jenis test pack yang sering digunakan wanita untuk mengecek kehamilan. Ketiga jenis test pack ini tersedia secara bebas di apotik maupun supermarket, sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Berikut penjelasan ketiga jenis test pack tersebut dan cara menggunakannya. 

  • Test Pack Strip atau Dipstick

Test pack strip adalah jenis test pack yang paling sederhana dan umum digunakan karena hanya terdiri dari stik plastik sederhana. Cara kerja test pack ini pun sangat mudah, yakni kamu cukup mencelupkannya ke dalam wadah yang berisi urine.

Setelah itu, tunggu selama 5 – 10 detik, sampai muncul indikator berupa garis strip. Apabila jumlah garisnya ada dua, berarti kamu positif hamil. Sedangkan jika garisnya hanya satu, berarti belum hamil.

Adapun jika hasil test pack yang diperoleh kosong (tidak menunjukkan apa-apa), maka itu adalah pertanda bahwa kamu keliru dalam menggunakan test pack.  Oleh karenanya, gunakanlah test pack sesuai dengan petunjuk yang tertera.  

  • Test Pack Digital

Alat test pack digital umumnya memiliki harga yang lebih mahal daripada jenis test pack lainnya. Namun, dengan sejumlah kelebihan tertentu, seperti bisa digunakan kapan saja, desain yang lebih modern (tidak lagi menggunakan indikator garis), serta bisa memberikan hasil yang lebih cepat dan akurat (1 – 3 menit setelah tes). 

Baca Juga: Cepat Dimasak, Ini 5 Pilihan Menu Sahur Praktis Anak Kost

Cara menggunakan test pack yang benar

cara menggunakan test pack
Untuk hasil yang akurat, perhatikan cara menggunakan test pack yang benar. Foto: https://www.shutterstock.com

Di bawah ini dijelaskan beberapa tips dan cara menggunakan test pack yang benar untuk memperoleh hasil yang lebih akurat. 

  • Pilihlah jenis test pack dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Hal ini bisa dilihat dari berapa jumlah hormon HCG yang dapat dideteksi oleh alat test pack tersebut. Semakin dia bisa mendeteksi jumlah hormon HCG paling rendah, maka semakin tinggi pula tingkat akurasinya.
  • Cek tanggal kadaluarsa test pack sebelum membelinya. Test pack yang sudah kadaluarsa umumnya akan memberikan hasil yang kurang akurat lantaran kinerja bahan kimianya yang mungkin sudah tidak optimal.
  • Baca aturan pakai. Sebab tidak semua test pack memiliki petunjuk dan aturan pakai yang sama. Jadi, bacalah baik-baik petunjuk dan aturan pakai test pack yang tertera di kemasannya sebelum kamu menggunakannya.
  • Lakukan tes di pagi hari. Yaitu di saat kamu mengeluarkan urin pertama kali setelah bangun tidur. Pasalnya, urin pertama di pagi hari memiliki kandungan konsentrasi hormon HCG yang lebih tinggi, sehingga memperbesar kemungkinan kehamilan kamu dapat dideteksi oleh test pack.
  • Lakukan uji test pack berulang kali. Khususnya jika kamu masih ragu-ragu dengan hasil yang diperoleh pada uji test pack sebelumnya. 
register-docotr