Kehamilan

Persalinan Makin Dekat? Kenali 6 Cara Pemicu Kontraksi Secara Alami

July 23, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Salah satu langkah persiapan menjelang persalinan yang perlu dipelajari adalah bagaimana cara memicu kontraksi secara alami.

Ini penting agar proses kelahiran sang buah hati bisa berlangsung dengan aman dan selamat. Nah, berikut adalah enam cara agar Moms mendapatkan kontraksi secara alami.

Olahraga sebagai cara memicu kontraksi secara alami

Dilansir dari whattoexpect.com, rutin berjalan kaki selama masa kehamilan dapat membantu bayi memosisikan dirinya ke jalan lahir.

Ini disebabkan daya gravitasi dan ayunan pinggul selama Moms berjalan akan mendorong kepala bayi semakin mengarah ke bagian panggul.

Ketika bayi sudah menempati posisi ini, setiap tekanan yang terjadi padanya secara tidak langsung akan membuat kontraksi semakin kuat dan serviks siap dipakai untuk melahirkan.

Moms tak perlu khawatir jika trik yang satu ini tidak memberikan efek kontraksi yang diinginkan. Bagaimanapun cara ini akan tetap bermanfaat untuk menyiapkan fisik Moms menjelang proses melahirkan.

Berhubungan intim juga bisa menjadi cara memicu kontraksi secara alami

Apakah Moms tahu, kalau sperma mengandung hormon prostaglandin yang bisa membuat serviks menipis dan melebar?

Ya, kehadiran hormon ini akan memudahkan serviks terbuka dan robek, saat harus menjadi jalan lahir sang buah hati.

Tak heran jika para ahli menyarankan pasangan suami istri untuk rutin berhubungan badan di usia kandungan trimester akhir. Tujuannya adalah agar proses melahirkan semakin mudah.

Tapi ingat ya Moms, jangan lakukan hubungan intim jika air ketuban telah pecah karena akan sangat berbahaya baik bagi diri Moms maupun si kecil.

Cara memicu kontraksi secara alami, menstimulasi puting payudara

Memegang, memutar, dan memijat puting payudara ibu hamil juga akan memicu proses melahirkan dengan lebih cepat secara alami.

Dilansir dari healthline.com, hal ini disebabkan pada saat puting dipijat, tubuh akan menghasilkan hormon oxytocin yang mampu membuat rahim mengalami kontraksi.

Tak hanya itu, hormon tersebut juga sangat berperan dalam menghasilkan Air Susu Ibu (ASI) dan mengembalikan ukuran rahim setelah proses persalinan.

Minyak kastor

cara memicu kongtraksi secara alami
Minyak dalam botol untuk diminum. Sumber foto: Pexels.com

Apa hubungan minyak yang berasal dari tumbuhan ini dengan proses kontraksi secara alami?

Jawabannya ada pada saat diminum, minyak ini dapat membuat usus mengalami kejang. Alhasil rahim akan ikut teriritasi dan mulai berkontraksi.

Caranya Moms hanya perlu meminum sekitar 30 sampai 50 ml minyak kastor, dan tubuh akan menghasilkan hormon prostaglandin yang mampu mendorong terjadinya kontraksi.

Perlu diingat jika minyak ini tidak boleh dikonsumsi jika Moms belum memasuki trimester akhir dan menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan. Hal ini bertujuan agar Moms terhindar dari risiko terserang diare dan efek samping yang membahayakan kesehatan.

Akupresur

Teknik pengobatan yang mirip dengan akupuntur ini telah lama dipercaya bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah membantu calon ibu mengalami kontraksi secara alami.

Umumnya cara ini dilakukan dengan menekan beberapa titik tertentu pada tubuh yang dipercaya berkaitan langsung dengan proses persalinan. Misalnya antara ibu jari dan telunjuk, atau sedikit di atas tulang pergelangan kaki bagian dalam.

Jika Moms mau mencoba cara memicu kontraksi secara alami yang satu ini, pastikan untuk memakai jasa tenaga profesional yang sudah berlisensi secara resmi, ya.

Pijat badan

Ada kalanya proses kontraksi tidak berjalan seperti yang diharapkan karena Moms terlalu stres menghadapi persalinan itu sendiri. Jika ini yang terjadi, sebaiknya Moms bersantai sejenak dengan melakukan pijat seluruh badan.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa teknik memijat yang dilakukan secara benar dapat membuat tubuh memproduksi hormon oxytocin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hormon ini sangat berperan dalam membuat rahim mengalami kontraksi.

Selain itu, memijat tubuh juga bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang. Hal ini sangat penting agar proses persalinan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
register-docotr