Kehamilan

Moms agar Nutrisi Calon Bayi Terpenuhi, Yuk Konsumsi Buah Ini!

May 24, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Bagi para calon ibu, memenuhi asupan nutrisi untuk calon buah hati merupakan hal yang penting dan selalu harus diperhatikan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Lalu, apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil?

Manfaat mengonsumsi buah selama masa kehamilan

Saat sedang hamil, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Selama kehamilan, kesehatan calon bayi sangat bergantung pada ibu untuk memberikan nutrisi yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu sangat penting untuk konsumsi makanan beragam dan bergizi seimbang serta mengandung banyak buah dan sayur.

Selain mendukung kesehatan bayi, peningkatan asupan vitamin dan mineral juga dapat membantu ibu hamil untuk menjaga tubuhnya sendiri agar tetap sehat.

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang dapat kamu pilih selama masa kehamilan. Mengonsumsi banyak buah dapat membantu memastikan bahwa ibu dan calon bayi tetap sehat.

Buah segar mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting dan juga merupakan sumber serat yang baik.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi buah juga dapat membantu mencegah sembelit yang merupakan gejala umum selama kehamilan.

Baca juga: Ini Daftar Makanan Sehat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil?

Buah memang memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tak semua buah aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ada beberapa buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan ada pula yang harus dihindari.

Buah yang bagus untuk ibu hamil sendiri merupakan buah yang bisa memberikan manfaat untuk ibu dan calon buah hati.

Berikut adalah buah yang bagus untuk ibu hamil seperti yang dilansir dari Medical News Today.

1. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Tak hanya itu saja, buah ini juga mengandung kalsium, zat besi, kalium, beta karoten, fosfor, dan silikon.

Seluruh nutrisi ini dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Zat besi dapat mencegah anemia, sedangkan kalsium dapat membantu tulang dan gigi menjadi lebih kuat.

2. Jeruk

Jeruk merupakan sumber nutrisi yang baik dari folat, vitamin C, dan air.

Jeruk sangat baik untuk menjaga seseorang terhidrasi dengan baik serta menjaga agar tetap sehat. Vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Folat sendiri bermanfaat untuk mencegah terjadinya kelainan anatomi dan saraf, yang dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

3. Mangga

Mangga kaya akan kandungan vitamin A dan C. Satu cangkir mangga yang dicincang menyediakan 100 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) vitamin C dan lebih dari sepertiga kebutuhan konsumsi vitamin A pada tubuh.

Bayi yang lahir dengan kekurangan vitamin A memungkinkan untuk memiliki kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi postnatal yang lebih tinggi, seperti infeksi pernapasan.

4. Alpukat

Alpukat merupakan sumber nutrisi yang paling baik dari vitamin B, C, E, dan K. Buah berwarna hijau ini juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, serat, kalium, dan tembaga.

Alpukat mengandung lemak sehat yang menyediakan energi dan membantu mencegah neural tube defect.

Alpukat juga dapat meningkatkan sel-sel yang bertanggung jawab untuk membangun kulit serta jaringan otak bayi yang sedang berkembang.

5. Pisang adalah buah yang bagus untuk ibu hamil

Pisang kaya akan kandungan vitamin C, kalium, vitamin B-6, dan serat. Kandungan serat yang tinggi dari pisang dapat membantu mengatasi sembelit yang berhubungan dengan kehamilan.

Vitamin B-6 yang terkandung dalam buah ini dapat membantu meringankan mual dan muntah pada awal kehamilan.

6. Anggur

Mengonsumsi buah anggur dapat meningkatkan asupan vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik dan pektin. Nutrisi dalam anggur dapat membantu perubahan biologis yang terjadi selama kehamilan.

7. Berry

Berry. Sumber foto: https://greenblender.com/

Berry mengandung vitamin C, karbohidrat sehat, antioksidan, serta serat. Berry juga mengandung banyak air, oleh karenanya, buah ini sangat baik untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh.

Vitamin C yang terkandung dapat membantu penyerapan zat besi serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Apel memiliki beragam manfaat bagi ibu hamil

Apel dikemas dengan nutrisi untuk membantu pertumbuhan janin, termasuk vitamin A dan C, serat, serta kalsium.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi apel saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi terserang asma dan alergi yang dapat terjadi seiring waktu.

Buah-buahan tersebut aman dikonsumsi serta dapat memberikan nutrisi yang baik selama kehamilan.

Konsultasikan juga lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui informasi lebih tentang pola makan seperti apa yang sesuai dengan kondisi kamu.

Oleh karena itu, yuk jangan malas mengonsumsi buah selama kehamilan, agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2016). Diakses pada 19 Mei 2020. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy 

Medical News Today (2020). Diakses pada 19 Mei 2020. Which Fruits Should You Eat During Pregnancy? 

S M, Willers, G Devereux, L A C Craig (2006). Maternal Food Consumption During Pregnancy and Asthma, Respiratory, and Atopic Symptoms in 5 Year Old Children. NCBI (diakses pada 19 Mei 2020)

    register-docotr