Kehamilan

Disebut-sebut Bisa Menyebabkan Keguguran, Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

October 9, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pernahkah Moms mendengar seseorang bertanya, bolehkah ibu hamil makan nangka? Ya, pertanyaan itu seringkali ditanyakan karena buah nangka disebut-sebut dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Apakah benar?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk, simak penjelasan berikut ini. Dimulai dari mengenal buah nangka, dari kandungan gizi hingga manfaatnya untuk kesehatan dan untuk ibu hamil.

Mengenal buah nangka

Nangka adalah salah satu buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Rasa buah yang manis membuatnya banyak digemari.

Selain dimakan dalam kondisi matang dan sudah manis, buah nangka yang masih muda juga seringkali dijadikan campuran beberapa macam masakan Indonesia.

Kandungan gizi buah nangka

Nangka kaya akan karbohidrat, juga mengandung protein dan lemak. Selain itu, nangka juga mengandung nutrisi seperti serat, vitamin A dan C, magnesium, kalium, tembaga dan mangan.

Buah yang memiliki daging berwarna kuning ini juga kaya akan antioksidan, yang membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat buah nangka

Beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan antara lain:

  • Bermanfaat mengontrol gula darah. Nangka memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu kestabilan gula darah.
  • Menangkal radikal bebas. Seperti yang sudah disebutkan, jika buah nangka kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas.
  • Melindungi tubuh dari penyakit kronis. Nangka mengandung karotenoid yang terbukti membantu mengatasi peradangan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
  • Menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium pada nangka berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung pada orang yang mengonsumsinya.

Bolehkah ibu hamil makan nangka?

Dari penjelasan di atas, buah nangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, bolehkah ibu hamil makan nangka? Jawabannya, tentu saja diperbolehkan.

Dilansir dari parenting.firstcry.com, nangka termasuk buah yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah ini memberikan sejumlah manfaat selama masa kehamilan. Tapi tentu saja jumlahnya tidak boleh berlebihan ya.

Mengenal manfaat nangka untuk ibu hamil

Selain manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, nangka ternyata juga memiliki manfaat yang spesifik untuk ibu hamil, antara lain:

  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ini karena kandungan vitamin A dan C, folat, zat besi dan nutrisi lainnya yang dapat membantu pembentukan organ bayi.
  • Menstabilkan tekanan darah. Meningkatnya tekanan darah seringkali terjadi pada ibu hamil. Buah nangka dengan kandungan kaliumnya dapat menjaga kestabilan tekanan darah ibu hamil.
  • Melancarkan pencernaan. Ibu hamil seringkali mengalami sembelit. Kandungan serat dalam nangka dapat membantu ibu hamil lebih lancar dalam urusan pencernaan dan terhindar dari sembelit.
  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh. Baik bagi ibu hamil jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Buah nangka dengan kandungan vitamin C dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.
  • Memperbaiki mood. Perubahan hormon saat hamil seringkali memengaruhi mood dan mengonsumsi nangka dianggap dapat mengatasi perubahan mood tersebut.

Bagaimana dengan risiko mengonsumsi buah nangka?

Pernah mendengar jika buah nangka dapat menyebabkan keguguran? Mungkin itu adalah salah satu alasan Moms bertanya-tanya bolehkah ibu hamil makan nangka.

Ternyata, hingga kini belum ada bukti ilmiah mengenai efek tersebut. Tidak ada bukti yang mengungkapkan buah nangka menyebabkan keguguran. Dengan kata lain, jika dimakan secukupnya, tidak berlebihan maka nangka adalah buah yang aman untuk ibu hamil.

Bolehkah ibu hamil makan buah nangka jika memiliki kondisi tertentu?

Secara umum nangka adalah buah yang aman dimakan saat hamil, jika ibu hamil tidak memiliki kondisi tertentu. Namun, Moms perlu memerhatikan kondisi berikut ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan:

  • Jika memiliki kelainan darah sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter sebelum mengonsumsi nangka. Karena nangka adalah buah yang dapat meningkatkan pembekuan atau penggumpalan darah. Ini akan berpengaruh pada kondisi kelainan darah tertentu.
  • Tidak dianjurkan jika ibu hamil memiliki kondisi diabetes gestasional karena nangka bisa menyebbakan gula darah naik turun. Bertanyalah kepada dokter mengenai makanan yang dianjurkan jika memang memiliki kondisi diabetes gestasional.
  • Hindari jika dalam kondisi diare. Nangka dapat membantu mengatasi sembelit, sementara jika dalam kondisi diare, nangka dapat memperparah kondisi tersebut. Sebaiknya tidak mengonsumsi nangka saat sedang diare.
  • Terakhir, hal yang perlu diperhatikan adalah reaksi alergi. Jika Moms alergi dengan nangka, sudah pasti harus menghindari buah ini. Bukan hanya saat hamil, dalam kondisi tidak hamil pun harus dihindari agar tidak menimbulkan reaksi alergi pada tubuh.

Itu tadi sejumlah penjelasan yang dapat menjawab pertanyaan bolehkah ibu hamil makan nangka. Kini Moms bisa kembali menikmati manisnya buah nangka tanpa rasa khawatir.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 7 Oktober 2020
Why Is Jackfruit Good for You?
Webmd, diakses 7 Oktober 2020
Jackfruit
Parenting.firstcry.com, diakses 7 Oktober 2020
Eating Jackfruit During Pregnancy – Is it Safe?
Pregnancyfoodchecker, diakses 7 Oktober 2020
Can Pregnant Women Eat Jackfruit? Is It Safe?

    register-docotr